13 Prospek Kerja Administrasi Bisnis dan Gajinya, Sangat Menjanjikan!

13 Prospek Kerja Administrasi Bisnis dan Gajinya, Menjanjikan!

Karir administrasi bisnis menjadi salah satu yang menjanjikan di kancah global. Pekerjanya secara umum bertanggung jawab untuk membantu perusahaan mencapai target keuangan bisnis. Mereka berperan penting dalam pengelolaan aset, perencanaan keuangan, dan pengambilan keputusan strategis yang berpengaruh terhadap kesehatan keuangan perusahaan. Hal tersebut menjadi alasan mengapa karier dalam administrasi bisnis sering kali dianggap sebagai bidang yang menjanjikan dengan peluang pertumbuhan yang baik.

Pernyataan diatas semakin diperkuat dengan adanya survei dari The U.S. Bureau of Labor Statistics (Biro Statistik Tenaga Kerja/BLS) yang berpusat di Amerika Serikat bahwa lapangan pekerjaan untuk lulusan administrasi bisnis dengan minimum gelar sarjana diprediksi akan mengalami pertumbuhan sebesar 7% antara tahun 2018 sampai 2028. Disinyalir pekerjaan ini memiliki angka pertumbuhan terpesat dari keseluruhan pekerjaan rata-rata di Amerika Serikat.

Salah satu contoh pekerjaan yang dapat didaftarkan oleh lulusan bergelar Bachelor of Business Administration (B.B.A) sebagai Loan Officer setidaknya berkesempatan berpenghasilan mulai dari $41.020 di pasar bisnis Amerika Serikat. Belum termasuk jabatan lainnya yang juga berprospek cemerlang.

Setelah sebelumnya membahas seluk beluk jurusan administrasi bisnis, penting untuk kamu ketahui pula prospek kerja administrasi bisnis sebagai bahan pertimbanganmu berkarir. Tanpa berlama-lama lagi, mari kita bahas bersama 13 potensi lapangan kerja untuk lulusan administrasi bisnis di bawah ini.

1. Manajer Pemasaran

Prospek kerja administrasi bisnis salah satunya menjadi seorang manajer pemasaran. Seorang manajer pemasaran memiliki tanggung jawab terhadap tim beserta departemennya di perusahaan. Menurut BLS, posisi tersebut menjadi salah satu yang mengalami pertumbuhan signifikan sekitar 7% daripada pekerjaan lainnya dengan proyeksi pembukaan 27.900 lapangan kerja baru dalam dekade mendatang. Rata-rata gaji tahunannya sekitar $132.290. 

2. Spesialis Sumber Daya Manusia

Prospek kerja lulusan administrasi bisnis selanjutnya adalah sebagai spesialis sumber daya manusia atau SDM. Posisi spesialis SDM bertanggung jawab untuk mengelola dan menjaga kualitas tenaga kerja perusahaan. Bagian ini juga memiliki jobdesk mencari, menyaring, mewawancarai, dan merekrut karyawan. Mereka terlatih dalam berbagai aspek manajemen SDM. Sebagai tugas tambahan, spesialis SDM juga menangani manajemen karyawan, penggajian, tunjangan, dan program pelatihan.

Dengan tingkat pertumbuhan sebesar 9%, posisi ini juga mengalami pertumbuhan lebih cepat dari rata-rata. Setidaknya terdapat 14.800 pekerja baru dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. Rata-rata gaji tahunan untuk posisi ini adalah $121.220.

3. Analis Riset Pasar

Peluang karir jurusan administrasi bisnis yang ketiga adalah sebagai analis riset pasar. Tanggung jawab seorang analis riset pasar yakni melakukan riset tentang beragam kondisi pasar untuk mengevaluasi performa produk atau layanan tertentu. Tugas utamanya berupa menganalisa pasar yang mencakup perancangan survei dan mengawasi jalannya survei. Setelahnya, data survei yang diperoleh akan dianalisa dan diolah sehingga menghasilkan sebuah temuan untuk dipaparkan kepada manajemen. 

Hebatnya lagi, pertumbuhan prospek karier ini mencapai angka 22% yang jauh di atas rata-rata. Selama 10 tahun ke depan, diperkirakan akan tersedia lebih dari 163.000 lapangan pekerjaan baru dengan rata-rata gaji saat ini sekitar $65.810.

4. Aktuaris

Prospek kerja seorang lulusan administrasi bisnis selanjutnya adalah sebagai aktuaris. Aktuaris adalah profesional yang menganalisis implikasi ekonomi dari risiko dan ketidakpastian dengan memanfaatkan ilmu matematika, statistik, dan konsep teori keuangan. Berkat kemampuan pemahaman ini, mereka dapat memberikan saran kepada perusahaan asuransi tentang penentuan premi yang harus diterapkan dan konsumen mana yang sebaiknya diasuransikan. 

Lapangan pekerjaan dalam profesi ini diperkirakan akan tumbuh sebesar 23% yang artinya akan ada 6.800 pekerjaan baru tersedia dalam periode 10 tahun mendatang. Gaji rata-rata yang diterima seorang aktuaris adalah sekitar $111.030.

5. Auditor

Auditor bertugas sebagai pemeriksa catatan keuangan untuk mengidentifikasi pelanggaran peraturan dan ketidakpatuhan. Peluang karier untuk auditor dan akuntan diproyeksikan tumbuh sebesar 7% lebih cepat dari rata-rata. Perkiraan dalam dekade mendatang akan ada lebih dari 90.000 lapangan pekerjaan baru. Rata-rata gaji yang diterima auditor adalah $73.560. Umumnya, untuk menjadi seorang auditor dibutuhkan pendidikan minimal S2.

6. Konsultan Bisnis

Tugas utama konsultan bisnis adalah memberikan saran mengenai langkah-langkah strategis dalam bisnis untuk meningkatkan efisiensi dan pendapatan suatu perusahaan. Mereka berkolaborasi bersama manajer untuk menerapkan perubahan dalam struktur organisasi yang dapat mengurangi biaya, meningkatkan produktivitas, dan mendongkrak profitabilitas. Konsultan bisnis bekerja di berbagai sektor seperti perbankan, manufaktur, ritel, dan waralaba.

Pertumbuhan dalam bidang ini amat bervariasi tergantung pada beberapa faktor seperti jenis industri dan layanan yang diberikan. Gaji rata-rata per tahunnya mencapai $157.030. Namun, perlu diketahui untuk bekerja sebagai konsultan bisnis dibutuhkan pengalaman kerja dan pendidikan tamatan S2.

7. Kepala Eksekutif (CEO)

Chief Executive Officer (CEO) merupakan jabatan teratas dalam sebuah perusahaan. Mereka bekerjasama dengan dewan direksi untuk merancang target jangka panjang perusahaan. Peran utamanya yakni mengelola SDM dan kinerja perusahaan secara keseluruhan, serta pengambilan keputusan strategis. Selain itu, CEO juga melakukan rapat dengan pemegang saham dan sebagai perwakilan perusahaan dalam acara-acara penting. Gaji jabatan ini dapat berbeda di setiap perusahaan.

8. Kepala Keuangan (CFO)

Chief Financial Officer (CFO) adalah seorang eksekutif senior yang mengawasi semua aspek keuangan dalam perusahaan. Tanggung jawabnya mencakup perencanaan keuangan, evaluasi keuangan perusahaan, serta memberikan rekomendasi strategi pengurangan risiko. CFO juga bertanggung jawab atas pemantauan aliran kas bisnis, mengelola departemen keuangan dan akuntansi, serta memastikan kepatuhan terhadap standar pelaporan keuangan. Posisi CFO juga mengatur jalannya sektor perbankan, perusahaan investasi, manufaktur,dan organisasi nirlaba. Gaji seorang CFO dapat bervariasi tergantung pada ukuran perusahaan dan jenis industri.

9. Kepala Operasional (COO)

Chief Operation Officer (COO) bertanggung jawab atas pengelolaan operasional dan administratif perusahaan, menjalankan rencana jangka panjang perusahaan berdasarkan model bisnis yang ada. COO terlibat peran dalam pelaksanaan strategi yang telah ditetapkan oleh CEO dan mengkoordinasi usaha berbagai divisi untuk mencapai tujuan operasional, keuangan, dan budaya perusahaan. Posisi ini dapat menjabat berbagai sektor industri termasuk keuangan, manufaktur, layanan kesehatan, teknologi, media, dan perhotelan. Umumnya gaji yang ditawarkan di posisi ini mencapai $155.581 per tahun.

10. Analis Keuangan

Analis keuangan adalah individu yang memiliki tugas utama mengumpulkan dan mengevaluasi data bisnis untuk menyusun rekomendasi. Mereka memanfaatkan model keuangan untuk melakukan perkiraan terkait performa aset investasi, seperti saham dan obligasi. Analis keuangan juga berperan menganalisa dari dua pihak yakni pihak penjual dan pembeli. Pekerjaan ini memiliki fleksibilitas untuk bekerja di berbagai sektor seperti manufaktur, reksa dana, dana pensiun, perbankan, perusahaan asuransi, perusahaan pialang, dan lain sebagainya. Rata-rata gaji posisi ini ada di angka $77.763.

11. Manajer Logistik

Seorang manajer logistik bertanggung jawab mengelola penyimpanan dan distribusi barang. Tugas mereka melibatkan koordinasi transportasi barang, pengelolaan persedian logistik, serta pengaturan aliran barang secara keseluruhan. Manajer logistik juga memiliki peran dalam mengurus material, melayani pelanggan, dan menjadwalkan tenaga kerja di gudang. Pekerjaan ini juga bertanggung jawab untuk memastikan bahwa karyawan mematuhi prosedur keselamatan dasar. Diawal tahun bergabung, rata-rata gaji prospek ini ada di $67.069.

12. Manajer Kantor

Seorang manajer kantor bertanggung jawab mengawasi jalannya administratif perusahaan. Mereka juga berperan dalam mengelola pengeluaran, merencanakan jadwal kerja, dan mengatur jadwal pertemuan. Selain itu, tugas lainnya yakni menyusun dan menjaga data perusahaan, mengelola inventaris, menyusun anggaran, merancang dan menerapkan strategi yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas di lingkungan kerja. Peran tersebut juga menjadikan manajer kantor sebagai perantara antara karyawan dengan manajerial atas. Sejauh ini, gaji rata-rata jabatan ini berada di angka $48.750 per tahunnya.

13. Manajer Proyek

Prospek kerja jurusan administrasi bisnis selanjutnya adalah sebagai manajer proyek. Manajer proyek memegang peranan pengawasan proyek mulai dari tahap konseptual hingga pelaksanaan. Mereka mengelola tim dan sumber daya untuk memastikan bahwa proyek dapat diselesaikan tepat waktu dan sesuai dengan budget yang ditentukan. Tugasnya mencakup perancangan proyek, menetapkan indikator keberhasilan, serta melakukan pemantauan dan pengawasan kualitas. 

Dalam kerjanya, manajer proyek dibersamai pemimpin tim dan manajer senior untuk mengevaluasi dan melaporkan kemajuan proyek. Tujuannya untuk memastikan bahwa proyek berjalan sesuai dengan apa yang telah ditetapkan. Posisi ini dapat bekerja di banyak sektor seperti sektor publik, swasta, dan non-pemerintah. Di Amerika, pekerjaan ini termasuk bergaji tinggi sekitar $95.063 per tahunnya.

Keterampilan yang Diperoleh Dengan Gelar Administrasi Bisnis

Lulusan administrasi bisnis belajar tentang bekal konsep dasar beserta praktik bisnis dan manajemen. Setidaknya ilmu tentang cara merencanakan, mengatur, memandu dan mendukung SDM, keuangan, dan manajerial bisnis didapatkan dibangku perkuliahan. Selain itu, terdapat beberapa keterampilan lainnya seperti yang terangkum di bawah ini:

  • Keterampilan analitis yang mencakup kemampuan mengambil keputusan dan pemecahan masalah secara efektif. 
  • Keterampilan perhitungan keuangan yang menjadi pondasi bisnis. Dalam setiap mata kuliah administrasi bisnis, perhitungan menjadi aspek yang signifikan dipelajari.
  • Keterampilan mengelola proyek merupakan bekal penting dalam jenjang karier setiap individu. Lulusan administrasi bisnis dapat mendalami keterampilan ini dengan menjalani program spesialisasi.
  • Keterampilan organisasi sebagai dasar dari kemampuan mengambil keputusan, pemecahan masalah, dan kepemimpinan.
  • Keterampilan komunikasi baik secara verbal maupun tertulis.

Mengapa Prospek Karir Jurusan Administrasi Bisnis Menjanjikan?

Prospek karir jurusan administrasi bisnis menjanjikan karena beberapa alasan berikut:

  • Permintaan tinggi di dunia kerja: korporat membutuhkan profesional administrasi bisnis untuk menjalankan pekerjaan secara efisien. Seperti yang dijelaskan di atas, permintaan pasar terhadap pekerja administrasi bisnis mengalami peningkatan secara global.
  • Fleksibilitas karir: berbekal keterampilan dan pengetahuan yang mumpuni, lulusan administrasi bisnis dapat mendaftarkan diri di sektor manapun.
  • Gaji yang menjanjikan: peluang pertumbuhan gaji pada karier ini meningkat signifikan seiring dengan pengalaman dan prestasi kerja yang terus berkembang.
  • Peluang karir hingga ke global: sekali lagi berkat keterampilan dan pengetahuan, setiap lulusan dapat mencoba karir internasional.
  • Keterampilan yang dipelajari mendorong kesuksesan.
  • Organisasi profesional yang luas. 

Dengan demikian, prospek karir dalam administrasi bisnis menjanjikan karena gabungan pengetahuan dan keterampilan yang sangat diperlukan dalam dunia bisnis dari berbagai sektor.

Apakah Jurusan Administrasi Bisnis Banyak Peminatnya?

Berdasarkan hasil survei yang dikelola oleh College Factual, jurusan administrasi bisnis menduduki peringkat kedua peminat terbanyak. Perguruan tinggi di Amerika berhasil meluluskan setidaknya lebih dari 400 ribu mahasiswa tahun ini yang berarti naik sebesar 2.8% terhitung sejak tahun 2020.

Berapa Lama Kuliah Jurusan Administrasi Bisnis?

Biasanya memerlukan rentang waktu antara dua sampai enam tahun untuk memperoleh gelar di jurusan administrasi bisnis. Durasinya berbeda tiap tingkat akademik. Umumnya pendidikan setingkat sarjana membutuhkan empat tahun penamatan. Sedangkan pascasarjana kurang lebih dua tahun.

Memulai Karir di Administrasi Bisnis Bersama Asia e University Indonesia!

Setelah melihat prospek karir administrasi bisnis, kamu jadi ingin kuliah di jurusan ini? Percayakan karir cemerlang dalam jurusan administrasi bisnis bersama Asia e University Indonesia. Kampus yang mengusung sistem open distance learning telah terakreditasi bintang 4 oleh Kementerian Pendidikan Tinggi Malaysia. Disini kamu akan mendapatkan pengalaman kuliah full online bertaraf internasional dibersamai dosen andal bersertifikat internasional pula. Tak hanya itu, kamu juga berkesempatan berteman dengan mahasiswa lainnya dari seluruh dunia!

Program administrasi bisnis di AeU Indonesia menawarkan jenjang S1 dan S2 dengan gelar internasional. Bersama kami kamu berkesempatan untuk mempelajari segala aspek bisnis mulai dari manajemen, akuntansi dan finansial, keuangan, sampai dengan pemasaran dan e-commerce. Kurikulum yang dirancang komprehensif akan membekalimu pengetahuan dan keterampilan untuk siap bersaing secara global.

Saatnya raih cita-citamu dan dapatkan pengalaman karir cemerlang di dunia internasional bersama Asia e University Indonesia! 

Alamat

1. Felfest UI,  Daksa Room, Jl. Prof. Dr. Miriam Budiardjo, Kampus UI, Srengseng Sawah, Jakarta Selatan, Indonesia

2.  Gedung INBIS, Jalan Veteran No.16
Universitas Brawijaya, Kota Malang, Jawa Timur, Indonesia

Jam KErja

Senin- Jumat ( 08.00-17.00 WIB )

KOntak

Phone: +62 811-1632-299
Email: cbn.idn@aeu.edu.my

Yayasan CITRA BUNGA NUSANTARA