Jurusan Administrasi Bisnis Belajar Apa Ini Materi Kuliah yang Dipelajari!

Jurusan Administrasi Bisnis Belajar Apa? Ini Materi Kuliah yang Dipelajari!

Jurusan Administrasi Bisnis merupakan salah satu jurusan yang tidak akan sepi peminat yang berhubungan dengan bisnis. Seiring berkembangnya zaman, persaingan bisnis semakin terasa. Belum lagi dengan adanya teknologi yang melahirkan banyak jual beli via online. Hal inilah yang melatar belakangi mengapa sektor bisnis akan semakin maju dan lulusannya banyak dicari perusahaan baik di dalam maupun luar negeri. 

Bekerja di bidang administrasi bisnis menawarkan berbagai peluang kerja. Bahkan menurut Indeed, seorang yang sudah ahli dalam bidang ini dapat bekerja di beragam industri selain bisnis seperti retail, finance, sampai manufaktur. Fakta ini semakin memperkuat bahwa lulusan administrasi bisnis memiliki prospek kerja yang luas.

Artikel ini akan menjawab pertanyaan dan membahas seputar jurusan administrasi bisnis dimulai dari pentingnya mengetahui jurusan administrasi bisnis belajar apa sampai dengan prospek kerja lapangannya. Mari kita ulik bersama!

Pengertian Jurusan Administrasi Bisnis

Jurusan administrasi bisnis adalah program studi inklusif yang memadukan beberapa ilmu yakni manajemen, marketing, ekonomi, akuntansi, hingga sumber daya manusia. Bila ditelaah lebih lanjut, maka jurusan ini berakar dari ilmu matematika, hukum bisnis, finance, dan filsafat etika.

Jurusan ini akan banyak membahas tentang cara mengembangkan bisnis, bagaimana bisnis dapat berjalan, sembari menanamkan nilai kepemimpinan kepada setiap mahasiswanya.

Administrasi Bisnis Belajar Apa? Ketahui Mata Kuliahnya!

Umumnya, kurikulum administrasi bisnis disusun untuk memberikan pembelajaran mendetail mengenai nilai-nilai bisnis dan keterampilan manajerial dalam dunia industri. Yuk ketahui jurusan administrasi belajar apa sih? Ini mata kuliah di jurusan administrasi bisnis, antara lain : 

1. Pengantar Ilmu Administrasi Bisnis

Sebagaimana pengantar, matkul ini berisi perkenalan dari ilmu administrasi bisnis seperti konsep dasar dari administrasi, bisnis, keputusan bisnis, lingkungan bisnis, organisasi bisnis, dan operasi bisnis.

2. Pengantar Ilmu Ekonomi

Pengantar ilmu ekonomi mengusung materi dasar-dasar sistem perekonomian di Indonesia, lingkungan ekonomi dan bisnis, dan lain sebagainya.

3. Konsep Dasar Bisnis

Pembahasan dalam mata kuliah yang muncul di awal tahun perkuliahan ini berupa pengertian tujuan suatu bisnis, konsep dasar berbisnis meliputi pemahaman istilah profit, sistem ekonomi, pasar dan persaingan, etika bisnis, dan tanggung jawab sosial.

4. Konsep Dasar Pengambilan Keputusan Untuk Bisnis

Dalam konteks bisnis, pengambilan keputusan memiliki metodenya sendiri. Matkul ini mengajarkan konsep berpikir sistematis untuk menganalisis masalah sampai pada perencanaan solusi. Pembelajaran akan diakhiri dengan teknik pengambilan keputusan yang menyinggung sedikit perihal etika berkomunikasi.  

5. Pemasaran

Setelah berkenalan dengan ilmu-ilmu pengantar di jurusan administrasi bisnis, secara lebih dalam kamu akan diajak membahas perencanaan, penganalisaan, beserta cara mengendalikan kegiatan pemasaran dalam suatu perusahaan.

6. Hukum Bisnis

Mata kuliah hukum bisnis meliputi pembelajaran dasar pengertian hukum, perikatan dan perjanjian, bentuk-bentuk badan usaha, asuransi, surat-menyurat, penanaman modal dalam dan luar negeri, dan lain sebagainya berlandaskan nafas hukum.

7. Perencanaan dan Pengembangan Bisnis

Matkul perencanaan dan pengembangan bisnis membahas konsep rencana bisnis yang dimulai dari pembuatan tahapan penyusunan bisnis sampai dengan analisis dampak resiko bisnis. Matkul ini merupakan fondasi dari kemampuan membuat business plan.

8. Akuntansi Manajemen

Akuntansi manajemen membicarakan seputar penggunaan informasi akuntansi oleh perusahaan dalam melaksanakan tugas perencanaan, pengawasan, dan pengambilan keputusan. 

9. Struktur Lingkungan Bisnis

Materi pada struktur lingkungan bisnis mengajak mahasiswa untuk mengenali, mengidentifikasi, mengamati, dan menganalisis lingkungan bisnis. 

10. Kepemimpinan Bisnis

Tidak kalah pentingnya administrasi bisnis juga mengajarkan kepemimpinan sebagaimana mahasiswanya diharapkan mampu memimpin, memberi pengarahan, serta memotivasi anggotanya. Pada matkul ini, kamu akan diajarkan cara berkomunikasi efektif, mengambil keputusan, dan mengelola konflik.

Kenapa Harus Memilih Jurusan Administrasi Bisnis? Ini Tujuannya!

Adapun beberapa alasan memilih jurusan kuliah di Administrasi Bisnis yaitu :

1. Peluang Karir yang Luas

Lulusan jurusan administrasi bisnis memiliki banyak opsi karier karena berpengetahuan dan terampil dalam mengelola operasi bisnis yang merupakan pondasi utama dalam sektor bisnis.

Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, pasar global membutuhkan banyak ahli di bidang ini. Bagi para lulusan minimal sarjana sudah mampu memasuki industri perbankan ataupun bergabung dengan korporat lainnya. Selain itu, kamu juga dapat memasuki bidang-bidang terkait manajemen umum sampai analisis manajemen atau bahkan berkiprah di sektor pemerintahan.

2. Fleksibilitas Karir

Fleksibilitas karir dalam jurusan administrasi bisnis memungkinkan setiap lulusannya merintis karir sesuai minat, tujuan, dan perkembangan pasar yang terus berubah.

Itulah mengapa jurusan ini mempelajari banyak ilmu tak hanya sebatas bisnis dan keuangan saja. Adanya mata kuliah pemasaran, finansial, sampai e-commerce sebagai salah satu bukti fleksibilitas karir yakni dengan membuka peluang mahasiswanya untuk memiliki bisnis pribadi.

3. Keterampilan Manajerial yang Fundamental

Oleh karena diajarkan kepemimpinan sampai dengan keterampilan mengambil keputusan, para lulusan administrasi bisnis terampil dalam hal perencanaan, pengorganisasian, pendelegasian, pengontrolan, evaluasi, sampai memecahkan masalah.

4. Memahami Bisnis yang Mendalam

Mahasiswa administrasi bisnis diberikan kesempatan mendalami bisnis melalui mata kuliah pilihan dalam lingkup bisnis yang diminatinya. Begitupun dengan jurusan administrasi bisnisnya Asia e University Indonesia yang menyediakan tiga mata kuliah pilihan: business administration, marketing and e-commerce, dan accounting and finance.

5. Mempunyai Wawasan dan Keterampilan dalam Kewirausahaan

Seperti yang telah disebutkan dalam poin kedua perihal fleksibilitas karir, para lulusan bidang administrasi bisnis telah dibekali materi kewirausahaan. Bahkan di banyak kampus praktek kewirausahaan menjadi salah satu matkul praktek. Maka tak heran jika para lulusan berwawasan luas serta terampil dalam berwirausaha.

6. Mempunyai Jaringan Profesional yang Luas

Salah satu manfaat berkuliah yakni menambah relasi. Mahasiswa administrasi bisnis memiliki keunggulan dalam membangun jaringan profesional. Hal tersebut karena jurusan ini tak terlepas dari komunikasi yang melibat interaksi meluas tidak hanya sesama mahasiswa, tetapi juga dengan dosen, ataupun pimpinan perusahaan dikala program magang berlangsung. 

Apakah Jurusan Administrasi Bisnis Ada Hitungan?

Tentu jurusan administrasi bisnis ada hitungannya. Administrasi bisnis tak terlepas dari mempelajari keuangan yang artinya kamu akan banyak bertemu dengan hitungan. 

Namun, apakah administrasi bisnis selalu berhubungan dengan hitungan? Kabar baiknya, jurusan ini tak melulu soal perhitungan kok. Seperti yang sudah diterangkan sebelumnya, kamu juga akan mempelajari kiat menjadi pemimpin bisnis yang baik dan bagaimana mengambil keputusan dalam berbisnis di matkul konsep dasar mengambil keputusan untuk bisnis.

Berapa SKS Jurusan Administrasi Bisnis?

Sesuai dengan Kurikulum Merdeka total keseluruhan SKS untuk jurusan administrasi bisnis yakni 144 sks. Terdapat kesempatan untuk melaksanakan proyek seperti magang, kewirausahaan, sampai student exchange. Namun, proyek ini bisa berbeda di setiap universitas.

Gelar Sarjana Administrasi Bisnis 

Lulusan strata 1 atau S1 administrasi bisnis bergelar S.A.B atau Sarjana Administrasi Bisnis. Jika melanjutkan jenjang yang lebih tinggi, para lulusan S2 akan menambahkan gelarnya menjadi M.AB atau Magister Administrasi Bisnis. Begitupun untuk program S3 akan tersematkan gelar doktor atau Dr.

Berbeda jika kamu berkuliah dengan kurikulum internasional seperti di Asia e University Indonesia, lulusan administrasi bisnis akan disematkan gelar Bachelor of Business Administration atau B.B.A di tingkat S1 dan Master of Business Administration atau MBA di tingkat S2.

Apa Perbedaan Administrasi Bisnis dan Manajemen Bisnis?

Yap, benar sekali administrasi bisnis ternyata berbeda dengan manajemen bisnis. Terdapat tiga pembeda di antara keduanya yakni dari segi ilmu yang dipelajari, cakupan kerja, dan prospek karir nya:

  • Ilmu yang dipelajari: manajemen bisnis lebih mempelajari ilmu umum dalam menjalani suatu bisnis dan cara mengorganisir pekerja di dalamnya. Oleh karena itu, manajemen mengutamakan kemampuan di bidang komunikasi dan public speaking. Sedangkan administrasi bisnis lebih kompleks dimana profesionalnya cakap tak hanya mengenai bisnis, tetapi juga ekonomi, teknologi, akuntansi, bahkan dalam mengambil keputusan.
  • Lingkup pekerjaan: manajemen bisnis mencakup pekerjaan untuk mengatur jalannya bisnis. Sehingga kemampuan kepemimpinan dan decision making merupakan skill utama. Berbeda dengan administrasi bisnis yang jangkauannya meluas untuk membantu membangun sebuah bisnis dengan skill utama seperti riset hingga perencanaan strategi bisnis.
  • Prospek kerja: administrasi bisnis lebih kepada dunia marketing seperti diantaranya akuntan, marketing specialist, dan analis bisnis. Sedangkan manajemen bisnis dapat berupa diantaranya operation manager, sales manager, analis manajemen atau bidang terkait manajerial.   

Ingin Belajar Administrasi Bisnis? Yuk Raih Kesuksesanmu Bersama Asia e University Indonesia

Asia e University Indonesia membuka peluang bagi para pelajar Indonesia untuk ikut mempelajari program administrasi bisnis. Jenjang pendidikan yang ditawarkan sudah lengkap mulai dari program S1 sampai S3 dan telah mengantongi akreditasi bintang 4 (very good) dengan kurikulum berstandar internasional.

Jurusan administrasi bisnis AeU Indonesia memberikan kesempatan mahasiswanya mendalami seluk beluk manajerial bisnis, marketing dan e-commerce, beserta akuntansi dan finance. Kampus juga memfasilitasi mahasiswa dengan kelas full online, dosen bersertifikat internasional, dan membangun relasi dari berbagai negara. 

Karena mengadopsi sistem kelas full online, memungkinkan juga untuk para pekerja bergabung dengan kelas administrasi bisnis ini.

Kesimpulan

Itulah kurang lebihnya bocoran mengenai jurusan administrasi bisnis. Kita sudah mengupas tuntas dari administrasi bisnis belajar apa, alasan mengapa jurusan ini berpeluang memiliki karir yang cemerlang, dan pertanyaan lainnya. Pastinya, jurusan ini memiliki prospek yang baik ke depannya dikarenakan banyaknya perusahaan yang membutuhkan ahli dibidang ini.

Jadilah bagian dari jurusan administrasi bisnis di Asia e University Indonesia. Pelajari selengkapnya disini.

 

Alamat

1. Felfest UI,  Daksa Room, Jl. Prof. Dr. Miriam Budiardjo, Kampus UI, Srengseng Sawah, Jakarta Selatan, Indonesia

2.  Gedung INBIS, Jalan Veteran No.16
Universitas Brawijaya, Kota Malang, Jawa Timur, Indonesia

Jam KErja

Senin- Jumat ( 08.00-17.00 WIB )

KOntak

Phone: +62 811-1632-299
Email: cbn.idn@aeu.edu.my

Yayasan CITRA BUNGA NUSANTARA