kuliah online dengan memanfaatkan teknologi

Memanfaatkan Teknologi dalam Belajar Online

Belajar online menjadi akrab dalam pelaksanaan pendidikan di Indonesia selama 3 tahun terakhir ini. Kala itu, tahun 2020 Indonesia diserang pandemi COVID-19. Protokol Kesehatan saat pandemic membatasi interaksi tatap muka secara langsung, termasuk dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, pilihannya adalah menggunakan belajar online. Belajar online  memungkinkan kegiatan pembelajaran tetap berlangsung tanpa khawatir tertular virus COVID-19.

Belajar online  pada dasarnya adalah proses pembelajaran di mana mahasiswa dan dosen tidak ada dalam satu ruang kelas yang sama. Meskipun keduanya tidak bisa bertatap muka secara langsung, keduanya tetap bisa saling terhubung.

Belajar online ini mengintegrasikan teknologi dan media dalam proses pelaksanaannya. Melalui teknologi, khususnya teknologi informasi dan komunikasi serta media pembelajaran digital,  proses belajar mengajar bisa dilaksanakan. 

Belajar online dianggap sebagai pola pembelajaran yang sangat cocok untuk pendidikan saat ini. Di mana, saat ini adalah era industri 4.0, sehingga pendidikan akan lebih efisien jika dilakukan dengan bantuan teknologi informasi dan komunikasi, seperti pada saat belajar online ini. 

Peminat belajar online ini juga banyak. Menurut data, ada 6 juta pelajar saat ini mengikuti kursus online sebagai bagian dari program pendidikan tinggi mereka. Sudah banyak kampus yang menawarkan program belajar online, beberapa bahkan merupakan kampus di luar negeri dengan standar internasional. 

Salah satunya adalah, Asia e University Indonesia. Asia e University Indonesia merupakan universitas di Malaysia yang berdiri sejak April 2007. Universitas ini menyediakan program akademik berstandar internasional berlisensi Open Distance Learning. Asia e University Indonesia memiliki akreditasi Malaysian Qualifications Agency (MQA) dan Kementerian Pendidikan Tinggi Malaysia dengan nilai Very Good (4-star) University.

Asia e University Indonesia memiliki akreditasi Malaysian Qualifications Agency (MQA) dan Kementerian Pendidikan Tinggi Malaysia dengan nilai Very Good (4-star) University. Dosen-dosennya berkaliber internasional. Asia e University Indonesia ini memiliki program magang di Malaysia. Ini membuat lulusannya memiliki prospek bear untuk bisa bekerja di perusahaan internasional. 

Berikut adalah beberapa teknologi yang bisa dimanfaatkan dalam belajar online yang efektif, yuk simak!

Menggunakan Aplikasi Video Conferencing

Menggunakan aplikasi video conferencing bisa mengatasi hambatan belajar online dalam berinteraksi. Aplikasi video conferencing ini bisa membuat belajar online menjadi lebih interaktif. Melalui aplikasi video conferencing ini, mahasiswa bisa terhubung langsung dengan dosen maupun teman sekelas secara online.

Ada banyak aplikasi video conferencing yang bisa dimanfaatkan dalam belajar online. Zoom, Google Meet, serta Microsoft Teams

Pemanfaatan Media Sosial

Media sosial juga bisa dimanfaatkan dalam belajar online. Beberapa media sosial seperti Facebook, Instagram, TikTok hingga WhatsApp bisa dimanfaatkan untuk belajar online. 

 Facebook, grup WhatsApp untuk berbagi sumber belajar dan bertanya kepada dosen maupun teman sekelas. Bisa juga memanfaatkan fitur live video di Instagram dan TikTok untuk tutorial belajar materi kuliah. 

Platform E-Learning dan Aplikasi Belajar

Belajar online jug memanfaatkan platform e-learning dan aplikasi belajar dalam proses pembelajaran. Beberapa platform e-learning dan aplikasi belajar yang sering dimanfaatkan untuk belajar online antara lain,  Google Classroom, Quipper School, Kahoot!, Edmodo.

Platform e-learning dan aplikasi belajar tersebut bisa memudahkan dosen mengelola pelajaran secara online. Mahasiswa juga bisa belajar dengan mudah jika menggunakan platform e-learning dan aplikasi belajar tersebut. 

Aplikasi Pencatat dan Pengorganisasian Tugas

Agar belajar onlinemu tidak berantakan, pastikan melakukan pencatatan dan pengorganisasi tugas dengan baik. Ada beberapa aplikasi pencatat dan pengorganisasian tugas yang bisa dimanfaatkan, seperti Notion, Evernote dan Todoist.

Aplikasi tersebut akan membantu tugas-tugasmu selesai dengan baik dan teratur. Dosen juga bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk mengatur dan memonitoring jadwal belajar mahasiswanya.

Menggunakan Pustaka Digital

Belajar online akan lebih efektif dan optimal jika menggunakan pustaka digital. Pustaka digital memberikan kesempatan mendownload buku referensi digital. Bisa juga menggunakan sumber belajar daring seperti TedEd, Khan Academy, Coursera, Udemy, dan lain-lain. Semua referensi digital ini akan membantu belajar online menjadi lebih optimal.

Hal ini juga dilakukan oleh Asia e University Indonesia. Asia e University Indonesia memberikan fasilitas Knowledge Centre yang membantu mahasiswa mendapatkan sumber daya online untuk mendukung aktivitas belajarnya.`

Meski banyak menjadi pilihan saat ini, belajar online juga memiliki tantangan tersendiri. Ada beberapa tantangan yang harus dihadapi saat belajar online. 

Berikut beberapa tantangan yang dihadapi saat belajar online. 

1. Lingkungan belajar yang kurang kondusif

Belajar online berbeda dengan belajar di kelas. Keuntungan belajar online adalah bisa dilakukan dimana saja. Namun, ini juga membuat lingkungan belajar kurang kondusif. Terlalu bising misalnya. Atau banyaknya gangguan. 

2. Kesulitan untuk belajar secara interaktif

Meski bisa interaksi secara online, kadangkala sulit untuk belajar secara interaktif. Tentu interaksi belajar online tidak secepat dengan interaksi langsung di kelas.

3. Kurang fokus belajar

Saat belajar online terkadang membuat mahasiswa kurang fokus belajar. Mungkin karena lingkungan belajar yang kurang kondusif. Atau juga karena kemandirian dalam belajar. 

4. Jaringan internet

Belajar online membutuhkan jaringan internet. Bila jaringan internet mengalami gangguan, maka proses belajar online juga akan terganggu. 

5. Akses gawai yang terbatas

Penggunaan gawai seperti smartphone maupun komputer menjadi perangkat wajib dalam belajar online. Jika akses gawai terbatas, maka belajar daring juga akan terhambat. 

Beberapa tantangan dalam belajar online di atas sebenarnya bisa diatasi dengan bantuan teknologi. Ada beberapa teknologi yang bisa dimanfaatkan untuk mendukung proses belajar online. 

Kesimpulan

Belajar online membuka pilihan belajar di luar negeri semakin luas.Belajar online bisa menjadi pilihan bagi mahasiswa yang menginginkan fleksibilitas dalam belajar. 

Hadapi tantangan dalam belajar online dengan memanfaatkan teknologi yang ada.

Demikian artikel tentang bagaimana memanfaatkan teknologi dalam belajar online. Semoga artikel ini bisa membantu dalam memanfaatkan teknologi dalam belajar online. Teknologi bisa membantu mengatasi tantangan dalam belajar online. Sehingga, belajar online menjadi lebih efektif dan optimal.

Alamat

1. Felfest UI,  Daksa Room, Jl. Prof. Dr. Miriam Budiardjo, Kampus UI, Srengseng Sawah, Jakarta Selatan, Indonesia

2.  Gedung INBIS, Jalan Veteran No.16
Universitas Brawijaya, Kota Malang, Jawa Timur, Indonesia

Jam KErja

Senin- Jumat ( 08.00-17.00 WIB )

KOntak

Phone: +62 811-1632-299
Email: cbn.idn@aeu.edu.my

Yayasan CITRA BUNGA NUSANTARA