Program Double Degree di Luar Negeri dalam Lingkup PTN

Kenal dengan Welin Kusuma? Saya pikir sebagian besar pembaca banyak yang belum mengenal beliau. Baik, kalau Ir. Welin Kusuma, S.T., S.E., S.Sos., S.H., S.Kom., S.S., S.A.P., S.Stat., S.Akt., S.I. Kom., S.I.P., M.T., M.S.M., M.Kn. Bagaimana? Ya, beliau merupakan salah satu manusia dengan gelar akademik terbanyak di Indonesia. Sebanyak 32 gelar[1] telah ia raih dan akan terus bertambah hingga artikel ini ditulis. Dari banyaknya gelar yang didapatkan, ada beberapa gelar yang diambil secara bersamaan. Penulis ambil contoh, pada saat Welin Kusuma sedang menjalani kuliah Teknik Industri di Universitas Surabaya (Ubaya) tahun 1999. Di pertengahan kuliahnya, ia mulai menyadari potensi belajar yang luas dari bidang yang sedang diambil. Berangkat dari pemikiran tersebut, Welin memutuskan untuk mengeksplor lebih banyak bidang studi dan memulai program kuliah tambahan di kampus lain sejak tahun 2001[2]. Saat ia masih berkuliah di Ubaya. Salah satu perjalanan hidup Welin ini oleh akademisi disebut juga sebagai Double Degree.

Program Double Degree merupakan program pendidikan yang memungkinkan mahasiswa untuk mendapatkan dua gelar akademik dari dua institusi pendidikan atau lebih, dalam waktu yang relatif singkat. Pada dasarnya, program ini sangat menarik karena menawarkan model pembelajaran yang istimewa. Mulai dari kombinasi dua program studi yang berbeda atau sama (linear) hingga ke jaringan profesional skala internasional.

Seperti program Double Degree yang diinisiasi oleh Universitas Brawijaya dan Asia e University Indonesia baru-baru ini. Program yang menargetkan 1785 mahasiswa di awal pembukaannya memiliki tujuan ingin memberikan kesempatan secara luas bagi putra-putri terbaik bangsa untuk berkuliah di luar negeri. Eits, tidak hanya kuliah saja, mahasiswa juga mendapatkan kesempatan magang di luar negeri dengan perusahaan-perusahaan berskala multinasional. Dari program ini, Universitas Brawijaya dan Asia e University Indonesia juga berharap bahwa tidak hanya meningkatkan kualitas pendidikan, tetapi juga membuka peluang karier yang lebih luas.

Selain itu, kelas double degree Universitas Brawijaya dan Asia e University Indonesia  juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan memperluas peluang di masa depan bagi setiap mahasiswa. Nah, sekarang penulis akan jabarkan menjadi beberapa poin keuntungan yang bisa dinikmati untuk calon mahasiswa jika mengambil Program Double Degree:

1. Pendidikan dengan Kualitas mumpuni

Perguruan tinggi negeri di Indonesia terkenal dengan kualitas pendidikannya yang tinggi, seperti Universitas Brawijaya. UB (sapaan akrab Universitas Brawijaya) memiliki peringkat 780 di dunia dan peringkat empat nasional[1]. Sekarang bayangkan UB bekerja sama dengan universitas luar negeri, seperti Asia e University, maka diharapkan mahasiswa mendapatkan pendidikan terbaik dari dua negara. Mereka dapat memanfaatkan keunggulan akademik dari kedua institusi (UB dan AeU), baik dalam metode pengajaran, fasilitas penelitian dan pendidikan, maupun jaringan akademik. 

2. Magang di Perusahaan Multinasional hingga Internasional

Magang hanya disuruh fotocopy dan membeli makanan oleh atasan? Ga kek gitu, bro! Magang dengan perusahaan yang amanah – magang yang tugasnya diberikan sesuai dengan bidang mahasiswa magang – sangat sarat akan pengalaman dan ilmu pengetahuan. Maka dari itu, perusahaan semestinya mengerti bahwa kegiatan magang ini bukan semata-mata hanya menyelesaikan sebuah tugas. Namun, juga merupakan ladang ilmu dan wawasan tentang dunia kerja bagi mahasiswa. Sehingga Universitas Brawijaya dan Asia e University Indonesia berkomitmen dalam kegiatan magang di masing-masing jenjang bahwa akan disesuaikan dengan tugas yang dilamar dan bukan tugas yang bisa dikatakan ‘sepele’. Ditambah lagi biasanya magang di luar negeri kamu mendapat gaji, lho!

3. Peluang Kerja yang Lebih Luas

Hasil Tracer Study yang dilakukan Direktorat Pengembangan Karier dan Alumni (DPKA), alumni Universitas Brawijaya menunjukkan hasil yang positif dalam hal keterserapan pada dunia kerja. Total, ada 80,5% lulusan UB pada tahun 2022 telah bekerja dengan layak[1]. Sedangkan Asia e University Indonesia, bahwa 11,5% lulusannya bekerja pada perusahaan multinasional di Malaysia. Pembaca bisa bayangkan betapa luasnya peluang kerja yang bisa didapatkan jika pembaca memutuskan untuk mengambil Program Double Degree, UB x AeU.

4. Ganda Universitas, Ganda pula Gelarnya

Ketika pembaca memutuskan untuk mengambil Program Double Degree dimana saja, pembaca dipastikan mendapatkan dua gelar. Perbedaan yang mendasar dari Program Double Degree UB x AeU yaitu pada gelar yang didapatkan. Gelar yang akan didapatkan pembaca
adalah satu gelar akademik nasional dari
Universitas Brawijaya dan gelar akademik internasional dari Asia e University. Misalnya, pembaca memutuskan untuk mengambil Program D3 Ahli Madya Teknologi Informasi yang sudah satu paket dengan Program S1 Bachelor of Information Communication Technology, maka gelar tersebut akan disematkan di belakang nama pembaca menjadi Muhammad Hanan Iqbal, A.Md., B.ICT. Keren bukan?

Menggabungkan studi di perguruan tinggi negeri favorit dengan kuliah di luar negeri merupakan sebuah kombinasi yang bisa mendatangkan banyak keuntungan. Para mahasiswa akan mendapatkan pendidikan dengan kualitas terbaik hingga pengalaman internasional yang tak terlupakan. Bagaimana? Sudah siap menjadi mahasiswa? Yuk, ambil kesempatan ini dengan join program kelas double degree Asia e University Indonesia x Fakultas Universitas Brawijaya dan raih kesuksesan kamu di masa depan!

__________________________________________________________________________________________________________________________

[1]https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6518009/daftar-orang-dengan-gelar-terbanyak-di-indonesia-nomor-5-punya-83-gelar
[2]https://www.merdeka.com/jatim/sosok-welin-kusuma-pria-yang-dapat-rekor-muri-karena-punya-45-gelar-akademik-65984-mvk.html?screen=8
[3]https://umsu.ac.id/berita/top-100-peringkat-kampus-indonesia-versi-webometrics-2024/
[4]https://www.malangtimes.com/baca/309207/20240330/035000/80-5-persen-lulusan-ub-tahun-2022-telah-kerja-dengan-layak#:~:text=JATIMTIMES%20%2D%20Hasil%20Tracer%20Study%20yang%20dilakukan,pada%20tahun%202022%20telah%20bekerja%20dengan%20layak.
Alamat

1. Felfest UI,  Daksa Room, Jl. Prof. Dr. Miriam Budiardjo, Kampus UI, Srengseng Sawah, Jakarta Selatan, Indonesia

2.  Gedung INBIS, Jalan Veteran No.16
Universitas Brawijaya, Kota Malang, Jawa Timur, Indonesia

Jam KErja

Senin- Jumat ( 08.00-17.00 WIB )

KOntak

Phone: +62 811-1632-299
Email: cbn.idn@aeu.edu.my

Yayasan CITRA BUNGA NUSANTARA