perlengkapan kuliah online

Daftar Perlengkapan Kuliah Online Untuk Mahasiswa Baru, Wajib Punya!

Dunia pendidikan membuat cara baru saat pandemi lalu melanda. Berkat teknologi, kini era pembelajaran daring dan perkuliahan kuliah full online menjadi trend yang sampai saat ini dipertahankan bahkan dikembangkan.

Baik secara daring maupun luring, sebagai mahasiswa baru (maba) wajar rasanya bila kebingungan alat dan bahan apa yang perlu dipersiapkan untuk kelas perdana. Mungkin timbul pertanyaan, apakah penting mempersiapkan perlengkapan kuliah online? Jawabannya tentu saja penting!

Bangku kuliah jauh lebih kompleks dan mengedepankan kemandirian dalam pembelajaran. Artinya setiap mahasiswa disarankan untuk mempersiapkan segala hal mulai dari gadget, alat tulis, sampai kesiapan diri pun secara mandiri. Tenang, untukmu yang akan memulai babak baru sebagai maba online, berikut ini bocoran daftar sejumlah perlengkapan kuliah online yang wajib kamu persiapkan walau belajar di rumah saja, simak dan jangan lupa checklist ya! 

1. Laptop atau Komputer

Laptop atau Personal Computer (PC) adalah komputer pribadi yang digunakan untuk memproses data dan menghasilkan informasi sesuai dengan instruksi penggunanya. Fungsinya antara lain sebagai alat komunikasi antar mahasiswa ataupun dengan lecture, begitu pula penugasan yang diberikan jauh lebih efisien bila dikerjakan dengan perangkat ini. Adanya laptop juga memperingan beban ruang smartphonemu. Tak jarang, aplikasi edukasi memakan cukup banyak ruang apabila diunduh pada handphone. Walaupun dari segi ukuran, handphone jauh lebih praktis dan ringan.

Performa laptop atau komputer tentu jauh lebih unggul dari smartphone. Ada kalanya kamu menjumpai mata kuliah yang membutuhkan banyak kapasitas penyimpanan sehingga salah satu perangkat yang dapat diandalkan adalah laptop atau PC. 

Sebagai contoh, jurusan teknologi informasi dan komunikasi yang kesehariannya berurusan dengan bahasa pemrograman tentu memerlukan laptop atau PC anti lelet dengan kapasitas besar. Lalu, kualitas laptop atau PC seperti apa yang support kegiatan perkuliahan?

Nah, utamanya kamu harus tahu dulu nih tujuan jangka panjang laptopmu untuk apa. Jika tujuannya untuk mendukung pembelajaran, penugasan, atau kerja, direkomendasikan: 

  • Laptop berukuran 14 inci-16 inci.
  • Perhatikan pula pemilihan layar (layar sentuh atau tanpa layar sentuh).
  • Unit Pemrosesan Sentral (CPU) yang memadai.
  • Kapasitas penyimpanan dan daya tahan baterai.

Agar semakin nyaman saat menggunakan laptop atau PC, kamu juga bisa menggunakan aksesoris tambahan seperti tetikus atau mouse yang mempercepat pemindahan kursor dan headset atau headphone untuk meminimalisir gangguan suara dari luar.

2. Koneksi Internet yang Stabil

Keberlangsungan kuliah daring amat bergantung pada koneksi internet stabil agar tidak mengganggu penyampaian materi ajar. Tak hanya itu, internet juga memudahkan setiap mahasiswa berkomunikasi untuk diskusi serta mencari referensi penugasan.

Agar kelas onlinemu aman dan terkendali, simak tips dan trik memilih penyedia layanan internet berikut ini:

  • Cari tahu jangkauan jaringan: kamu bisa mengunjungi situs web penyedia layanan internet dan mencari tahu apakah daerahmu mampu dijangkau layanan tersebut.
  • Cek kualitas kecepatan internet: pastikan kecepatan browsing, unduh, dan unggah dapat memenuhi kebutuhan dan kenyamanan pembelajaran.
  • Periksa apakah penyedia layanan memiliki penawaran modem Wi-Fi: tips ini opsional, tetapi akan sangat menguntungkan apabila penyedia layanan juga menyediakan modem Wi-Fi yang ringkas bisa dibawa kemana saja. Perangkat ini memudahkanmu saat berpergian dan membutuhkan sinyal internet.
  • Pahami syarat dan ketentuan dari paket internet yang kamu pilih: setiap paket yang ditawarkan memiliki batas limit masing-masing dengan ragam harga. Pastikan layanan yang ditawarkan setara dengan harga dan yang jelas mampu mendukung kegiatan kelas onlinemu.

Tersedianya layanan internet memang penting, tetapi kamu juga bisa menggunakan hotspot atau tethering ponsel disaat situasi genting sebagai alternatif. Tethering adalah cara memanfaatkan paketan data internet ponselmu untuk menghubungkan perangkat elektronik lainnya ke internet. 

3. Perangkat Penyimpanan dan Back Up Data

Merasa khawatir tugasmu tak tersimpan? Coba gunakan penyimpanan clouds seperti Google Drive atau Dropbox. Penyimpanan jenis ini memberikan fleksibilitas karena kamu dapat mengaksesnya kapanpun dan dimanapun. 

Bagaimana kalau suatu waktu laptop atau gadget kamu tidak bisa menyala sedangkan file penugasan tersimpan disana? Nah penting juga nih buat para maba tahu perlengkapan kuliah berupa back up data. Jika dihadapkan dalam situasi tidak mengenakan seperti di atas, pastikan kamu menyimpan file penugasan ke penyimpanan portable seperti flash disk atau hard disk.

Sebagai perbandingan, dari segi harga dan ukuran, flash disk lebih terjangkau dan ringkas dibawa kemana saja. Namun, hard disk eksternal memiliki kapasitas penyimpanan yang jauh lebih besar, sehingga memungkinkan kamu menyimpan lebih banyak data dan cocok juga untuk menyimpan file berukuran besar walaupun dari segi harga lebih merogoh kocek. Sesuaikan dengan kebutuhan dan anggaranmu, ya.

4. Gadget atau Handphone

Seperti yang sudah sempat disinggung sebelumnya, kamu bisa banget memanfaatkan teknologi ini saat belajar online seperti mengerjakan tugas dan melakukan kegiatan apapun terkait dengan perkuliahan karena smartphone jauh lebih ringkas. 

Meskipun angka distraksinya terbilang besar, akan tetapi perangkat ini lebih mengedepankan privasi. Kamu akan jauh lebih nyaman mencatat materi dan membuat agenda perkuliahan pada notes atau kalender. 

5. Alat Tulis dan Buku Catatan Digital

Meskipun online, sah-sah saja bila kamu ingin menggunakan alat tulis seperti buku catatan dan pulpen untuk menulis materi. Bahkan, hal ini dianjurkan karena dengan menulis, mahasiswa akan jauh lebih cepat memahami dan mengingat bahan ajar.

Namun, kamu juga bisa menggunakan buku catatan digital seperti OneNote. Melansir laman Microsoft, OneNote adalah buku catatan digital yang memungkinkan setiap penggunanya mengetikkan, menulis tangan, atau menyisipkan catatan. Buku catatan digital ini juga bisa dibagikan untuk berkolaborasi dengan rekan dan dapat diakses dari perangkat apa saja.

6. Software dan Aplikasi Penting

Setelah memastikan kesiapan lima hal di atas, pastikan juga perangkatmu sudah tersedia aplikasi penunjang perkuliahan online.

Aplikasi wajib yang lumrah digunakan para mahasiswa pastinya ada seperangkat software Microsoft Office. Selain itu, kamu juga disarankan memiliki Google Mail (gmail) khusus mahasiswa. Gunakanlah gmail ini untuk segala hal terkait dengan perkuliahan seperti mengirim email dengan sesama mahasiswa atau kepada dosen. Selain itu, Google juga mempunyai seperangkat aplikasi pendukung penugasan yang dinamakan Google Suite. 

Tak hanya itu, sejumlah aplikasi dibawah ini juga kerap digunakan untuk menyokong pembelajaran online:

  • Google Classroom sebagai platform pengumpulan tugas.
  • Google Suites, biasa digunakan saat penugasan kelompok.
  • Trello untuk mengkoordinasi pekerjaan dalam satu platform.
  • Zoom, Skype, Google Meet sebagai media komunikasi online berbasis video.

Itulah beberapa software dan aplikasi yang sebaiknya dipersiapkan untuk perlengkapan kuliah online. Selain memperhatikan kesiapan perangkat online, ada juga hal-hal yang tidak kalah pentingnya untuk membantumu lebih fokus belajar. Apa saja? Simak kelanjutan daftarnya, ya. 

7. Ruang Belajar yang Nyaman

Ternyata ruang belajar berdampak terhadap daya fokus, konsentrasi, dan produktivitas. Upayakan mencari ruangan yang tenang dan jauh dari kebisingan. Jika di rumah saja, carilah tempat yang jauh dari gangguan seperti televisi ataupun kasur.

Buatlah daftar kerja atau to do list supaya kegiatan belajarmu lebih terarah. Beri juga jeda istirahat untuk relaksasikan tubuh. 

Hal yang tak kalah penting yakni non aktifkan gadget. Terkadang notifikasi yang masuk dapat mengalihkan fokusmu. Kamu juga bisa mengaktifkan mode jangan ganggu atau hening saat sedang kuliah online.

Pemilihan meja dan kursi belajar pun penting. Pastikan meja belajarmu cukup besar untuk menaruh laptop dan segala perlengkapan kuliah. Kursi yang nyaman dan empuk juga semakin membuatmu betah belajar online.

Terakhir, jangan lupakan pencahayaan yang memadai terutama cahaya alami. Sinar matahari pagi sebagai pencahayaan alami baik untuk tubuh. Saat di malam hari, jika memungkinkan gunakanlah lampu meja sebagai penerangan tambahan.

7. Kalender

Baik kalender cetak maupun online fungsi utamanya sama yakni sebagai pengingat jadwal kegiatan. Namun, kalender online seperti milik Google memudahkanmu untuk mengatur dan melacak kegiatan dalam sehari ataupun seminggu dan seterusnya.

Kamu dapat memasukkan pengingat tugas, jadwal kuliah online via Zoom atau GMeet, mengatur deadlines penugasan, dan lain sebagainya ke dalam Google Kalender.  

Adanya fitur ini juga menurunkan kadar kecemasan berkat adanya pengaturan pengingat. Kamu tidak perlu lagi susah payah mengingat atau menuliskannya di note, cukup masukan saja ke kalender online yang otomatis mengingatkan jika terdapat acara di hari atau jam tertentu.

8. Whiteboard

Perlengkapan kuliah papan tulis putih bisa menjadi media untukmu menulis dan mengembangkan ide penugasan. Dengan ukurannya yang beragam, kamu bisa dengan bebas menuliskan ide-ide atau menulis catatan sampai pengingat tugas disini. Whiteboard juga dapat kamu gunakan sebagai latar belakang ketika ada pertemuan kelas online, sehingga memberikan kesan bersih.

Baca Juga : 10 Tips Belajar Online yang Efektif bagi Mahasiswa

Asia e University Indonesia, Kampus Kuliah Online Terbaik dan Berkualitas! 

Itulah sedikitnya 9 daftar perlengkapan kuliah online yang harus dipersiapkan. Selalu pastikan perangkat kuliahmu dalam kondisi prima, pasalnya kelangsungan kelas online amat bertumpu pada sejumlah perangkat elektronik di atas. Jika kamu ingin merasakan kuliah berstandar internasional yang membuka kelas online, Asia e University Indonesia jadi salah satu pencetusnya.

Asia e University merupakan kampus dari Malaysia yang telah terakreditasi very good (4 stars) university oleh Kementerian Pendidikan Tinggi Malaysia. Mengusung sistem open distance learning, kamu bisa mengikuti program kampus kelas full online dengan pilihan jurusan terbaik dan berkualitas. Dapatkan juga kesempatan untuk berinteraksi dengan rekan mahasiswa dari berbagai penjuru dunia didampingi dosen andal bersertifikasi internasional. 

Sudah siap mengikuti keseruan kelas online di Asia e University Indonesia? Gabung untuk rasakan pengalaman kuliah online terbaik.

 

Alamat

1. Felfest UI,  Daksa Room, Jl. Prof. Dr. Miriam Budiardjo, Kampus UI, Srengseng Sawah, Jakarta Selatan, Indonesia

2.  Gedung INBIS, Jalan Veteran No.16
Universitas Brawijaya, Kota Malang, Jawa Timur, Indonesia

Jam KErja

Senin- Jumat ( 08.00-17.00 WIB )

KOntak

Phone: +62 811-1632-299
Email: cbn.idn@aeu.edu.my

Yayasan CITRA BUNGA NUSANTARA