kampus yang bisa kuliah sambil kerja

Ingin Kuliah Sambil Kerja? Inilah Kampus Terbaik yang Bisa kamu Pilih!

Melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi setelah lulus dari sekolah menengah atas atau kejuruan adalah cita-cita maupun harapan bagi semua orang. Akan tetapi, ada keadaan yang dirasa akan menjadi kendala untuk mereka yang harus sambil bekerja. Dengan memilih kampus yang membuka kesempatan untuk Anda yang sedang bekerja tetapi ingin melanjutkan pendidikan agar memiliki kesempatan yang lebih luas. Untuk Anda yang ingin kuliah sambil kerja, yuk cari tau kampus terbaik yang bisa kuliah sambil kerja dan tips triknya agar bisa seimbang.

Apakah Bisa Kerja Sambil Kuliah? Ini Caranya!

Orang yang mengambil kelas kuliah dan bekerja pasti memiliki alasannya masing-masing. Ada yang harus bekerja terlebih dahulu untuk menabung biaya kuliah, memenuhi kebutuhan keluarga maupun mencari pengalaman lain. 

Jika ada pertanyaan “apakah bisa kerja sambil kuliah?”, jawabannya adalah bisa. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk yang ingin kuliah sambil kerja.

1. Membuat Rencana dan Tujuan dengan Baik

Hal yang bisa dilakukan sebelum mengambil keputusan kuliah sambil bekerja adalah dengan membuat rencana dan tujuan sebaik mungkin. Dengan membuat rencana dan tujuan, Anda jadi bisa mempersiapkan segalanya dengan matang. Misalnya, kamu bisa membuat rencana seperti kuliah online sambil bekerja secara offline, atau kuliah offline dan cara pekerjaan yang bisa dikerjakan secara online.

Setelah membuat semuanya pastikan untuk tetap fokus pada apa yang telah dibuat ya!

2. Membagi Waktu dengan Baik

Cara yang bisa diterapkan selanjutnya adalah membagi waktu dengan baik antara kuliah dan bekerja. Jika Anda bekerja dengan jam kerja yang pasti, maka Anda bisa menentukan apakah akan mengikuti perkuliahan kelas malam maupun hanya ikut kelas di akhir pekan. 

3. Belajar Multitasking

Bagi sebagian orang, menjadi multitasking adalah salah satu cara yang tidak mudah. Akan tetapi, multitasking akan membantu Anda dalam memanfaatkan waktu antara kuliah dan bekerja. Dengan belajar multitasking, berarti Anda memanfaatkan waktu untuk mempelajari hal baru yang tersisa karena sudah habis untuk bekerja dan belajar secara bersamaan saat kuliah.

4. Mengorbankan Kesenangan dan Konsisten

Terkadang, pilihan untuk kuliah dan bekerja secara bersamaan adalah pilihan yang sulit. Apalagi jika Anda masih berada di rentang usia dengan jiwa muda yang menggelora. Mengorbankan kesenangan menjadi cara yang cukup ampuh jika sedang menjalani kuliah dan bekerja secara bersamaan.

Dalam beberapa tahun ke depan, tidak ada salahnya untuk memilih prioritas utama dan mengorbankan kesenangan yang dirasa tidak perlu. Tantangannya adalah bagaimana Anda bisa konsisten untuk membagi waktu antara kuliah dan bekerja serta sedikit mengorbankan kesenangan di luar waktu belajar dan bekerja.

Baca Juga : Top 10 Job Portal di Malaysia Untuk Foreigner, Yuk Cobain!

ASIA e University Indonesia, Kampus Terbaik untuk Kuliah Sambil Kerja

Jika Anda saat ini sedang bingung memilih kampus yang tepat dan bisa untuk kuliah sambil kerja, Asia e University Indonesia bisa menjadi pilihannya. Salah satu universitas di Malaysia yang sudah berdiri sejak tahun 2007 ini menyediakan program akademik berstandar internasional berlisensi Open Distance Learning. 

Dengan pembelajaran jarak jauh untuk para calon mahasiswa yang ada di Indonesia, Asia e University Indonesia menggunakan sistem pembelajaran modern yang berbasis jarak jauh atau e-learning dan sudah memiliki Akreditasi 4 Star University dengan gelar internasional yang sudah disetarakan sesuai dengan jenjangnya yaitu Bachelor untuk S1, Master untuk S2 dan Ph.D atau Doktor untuk S3.

Dengan fasilitas penunjang pembelajaran terbaik dan bertaraf internasional seperti Learning Service Centre, Knowledge Centre hingga E-library untuk seluruh mahasiswa dari Asia e University Indonesia memberikan kemudahan dalam pembelajaran. 

Asia e University Indonesia menyediakan program studi Bachelor, Master, dan Ph.D  yang memiliki prospek di masa depan seperti:

Adapun program studi yang tersedia adalah Software Engineering, System Information, Enterprise Networking, Digital Marketing.

Program ini terdiri dari jurusan Business Administration, Marketing And E-Commerce, Accounting And Finance.

Program Digital Creative Media memiliki proses pembelajaran berbasis proyek dan keseimbangan antara praktek dan teori media dan animasi.

Tak hanya untuk jenjang Bachelor atau Strata 1, Asia e University Indonesia juga membuka program untuk Master yaitu Master of Information And Communication Technology dan Master of Business Administration. Juga membuka kelas untuk S3 untuk gelar PhD.

Inilah Tips Mengatur Waktu Kuliah Sambil Kerja

Setelah mengetahui beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membagi antara kuliah dan bekerja, hingga kampus yang bisa kuliah sambi kerja, berikut adalah beberapa tips mengatur waktu kuliah sambil bekerja, yaitu:

  1. Mengatur dan memilih waktu yang tepat untuk bekerja.
  2. Mengerjakan tugas kuliah di awal waktu dan tidak menundanya.
  3. Membuat jadwal yang teratur.
  4. Mengurangi kegiatan yang membuang-buang waktu dan kurang penting.

Keuntungan Kuliah Sambil Kerja

Meskipun kuliah sambil bekerja menghabiskan banyak waktu dan tenaga, tetapi ada keuntungannya juga loh. 

  1. Memiliki kemampuan manajemen waktu.
  2. Memiliki pemahaman praktis.
  3. Sudah punya pengalaman professional.
  4. Persiapan finansial yang baik.
  5. Sedang meningkatkan kualitas diri.
  6. Kesempatan meningkatkan karier.
  7. Memiliki mental dalam memecahkan permasalahan.

Tantangan Kuliah Sambil Kerja

Kuliah sambil bekerja tidak hanya memiliki keuntungan untuk Anda yang menjalankannya. Tapi juga memiliki tantangannya jika Anda baru akan memulainya.

  1. Perlu menjaga kesehatan tubuh, karena pasti butuh tenaga dan pikiran yang ekstra.
  2. Butuh konsentrasi yang baik antara kuliah dan bekerja.
  3. Harus bisa mengatur waktu dengan baik.
  4. Mengantuk saat bekerja, lelah saat kuliah.
  5. Pola makan dan tidur yang bisa berubah.

Tips Memilih Kampus yang Tepat untuk Kuliah sambil Bekerja

Berikut adalah tips memilih kampus yang tepat jika anda ingin bekerja sambil kuliah, antara lain :

  1. Memilih kampus yang memfasilitasi kelas karyawan.
  2. Menentukan jurusan yang tepat.
  3. Mencari tempat kuliah yang memiliki jadwal fleksibel.
  4. Sesuaikan dan pilih kampus yang strategis dengan tempat bekerja tempat tinggal.
  5. Mencari tahu akreditasi jurusan dan universitas.
  6. Pertimbangkan untuk kelas blended.
  7. Mempertimbangkan perkuliahan dengan metode e-learning.
  8. Membuat perencanaan biaya yang akan dikeluarkan sesuai dengan kemampuan finansial.

Baca Juga : Biaya Hidup Mahasiswa di Malaysia yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Kuliah

Asia e University Indonesia dapat menjadi pilihan untuk Anda yang berencana melanjutkan kuliah sambil bekerja karena memiliki biaya yang terjangkau dan kesempatan untuk mendapatkan gelar internasional serta belajar dengan mahasiswa dari lebih 80 negara yang membuka kesempatan peluang untuk bekerja di luar Indonesia. Dengan biaya yang terjangkau dan memiliki belasan ribu alumni, berkuliah di Asia e University Indonesia adalah pilihannya. Yuk cari tau informasi lebih lengkap tentang Asia e University Indonesia disini dan dapatkan berbagai artikel lainnya juga untuk persiapan Anda mencari kampus dengan kualitas terbaik maupun tentang berkuliah di Malaysia secara lengkap untuk masa depan yang siap bersaing secara global!

Alamat

1. Felfest UI,  Daksa Room, Jl. Prof. Dr. Miriam Budiardjo, Kampus UI, Srengseng Sawah, Jakarta Selatan, Indonesia

2.  Gedung INBIS, Jalan Veteran No.16
Universitas Brawijaya, Kota Malang, Jawa Timur, Indonesia

Jam KErja

Senin- Jumat ( 08.00-17.00 WIB )

KOntak

Phone: +62 811-1632-299
Email: cbn.idn@aeu.edu.my

Yayasan CITRA BUNGA NUSANTARA