Mengapa Kuliah di Malaysia Menjadi Pilihan Menarik Bagi Mahasiswa

Malaysia menjadi salah satu destinasi pelajar Indonesia untuk melanjutkan kuliah. Berdasarkan data UNESCO, Malaysia menempati urutan kedua dengan 9.902 pelajar Indonesia yang berkuliah di negara tersebut pada 2020.

Pemilihan Malaysia menjadi salah satu destinasi favorit pelajar Indonesia untuk melanjutkan kuliah tidak lain adalah karena sistem pendidikan tinggi di negeri Jiran tersebut. 

Di Malaysia, pendidikan tinggi dikontrol oleh Menteri Pendidikan Malaysia. Malaysia memiliki banyak institusi baik negeri maupun swasta, dimana semuanya diberikan subsidi 60% dari pemerintah. Ada beberapa jenis institusi pendidikan tinggi di Malaysia. Pertama, College. Di Malaysia, Collage menjadi tempat persiapan mahasiswa untuk mengikuti perkuliahan di universitas. 

Kedua, University College, yang merupakan institusi pendidikan independen yang berhak memberikan gelar sarjana meskipun tidak berstatus universitas. Ketiga, university. University atau universitas di Malaysia ada yang negeri dan swasta. Universitas di Malaysia menawarkan program sarjana dan pascasarjana. Bahkan, di Malaysia juga terdapat beberapa cabang kampus luar negeri, seperti dari Inggris, Irlandia, dan Australia yang menawarkan program gelar dan transfer nilai kredit. 

Iklim akademis di Malaysia mirip dengan Inggris, menjunjung tinggi kemandirian mahasiswa dalam belajar. Namun, tetap dalam koridor kebudayaan Asia, tak melupakan etika, tata krama, dan menghormati senior. 

Kuliah di Malaysia memiliki suasana multikultural. Akan bisa saling berinteraksi dengan mahasiswa maupun dosen dari berbagai bangsa. 

Pengalaman Malaysia dalam pendidikan tinggi sudah teruji selama 30 tahun terakhir. Bahkan, ada lima universitas di Malaysia yang masuk dalam daftar 200 teratas QS World University of 2020. 

Selain dari sistem pendidikan tinggi Malaysia, ada banyak faktor mengapa pelajar Indonesia kuliah di Malaysia. Berikut adalah beberapa faktor yang menjadi pertimbangan pelajar Indonesia memilih kuliah di Malaysia. 

1. Prestige dan Kredibilitas Universitas

Faktor pertimbangan pertama mengapa pelajar Indonesia melanjutkan kuliah di Malaysia adalah karena prestige dan kredibilitas universitas yang ada di Malaysia. Ada banyak universitas ternama internasional di Malaysia. Mayoritas bahkan mendapatkan akreditasi yang baik. Pembuktian bahwa universitas tersebut sangat berkualitas. 

Salah satu universitas bergengsi di Malaysia yang menjadi pilihan para pelajar Indonesia adalah Asia e University Indonesia. Asia e University Indonesia merupakan universitas di Malaysia yang berdiri sejak April 2007. Universitas ini menyediakan program akademik berstandar internasional berlisensi Open Distance Learning. Asia e University Indonesia memiliki akreditasi Malaysian Qualifications Agency (MQA) dan Kementerian Pendidikan Tinggi Malaysia dengan nilai Very Good (4-star) University. Asia e University Indonesia memiliki akreditasi Malaysian Qualifications Agency (MQA) dan Kementerian Pendidikan Tinggi Malaysia dengan nilai Very Good (4-star) University.

2. Biaya yang Terjangkau

Biaya kuliah di Malaysia cukup terjangkau, bila dibandingkan kuliah di negara-negara tetangga lainnya, seperti Singapura maupun Australia. Meskipun biaya kuliahnya terjangkau, kualitas pendidikan di Malaysia tidak diragukan lagi, ya. 

Rata-rata biaya kuliah di Malaysia untuk program sarjana sekitar RM 40.000 hingga RM 50.000. Bahkan, ada beberapa universitas di Malaysia yang menawarkan gelar sarjana internasional dengan biaya yang cukup terjangkau pula. 

Tak hanya biaya kuliah saja yang terjangkau, biaya hidup di Malaysia juga cukup terjangkau. Dalam setahun, rata-rata biaya hidup yang harus dikeluarkan adalah RM 14.400, ini semua termasuk biaya transportasi, akomodasi, hingga makan. 

Pemerintah Malaysia juga banyak memberikan program beasiswa kepada pelajar internasional. Ada dua skema pemberian beasiswa kepada pelajar internasional yang kuliah di Malaysia. Yaitu ;

Malaysia International Scholarship (MIS)

Beasiswa ini ditujukan kepada para mahasiswa internasional dengan nilai akademis dan latar belakang pendidikan yang memuaskan. Beasiswa ini bisa digunakan untuk kuliah di kampus negeri maupun swasta yang ada di Malaysia.

Commonwealth Scholarship and Fellowship Plan

Beasiswa ini ditujukan bagi pelajar internasional yang berasal dari negara-negara persemakmuran untuk melanjutkan kuliah pascasarjana di Malaysia.

3. Literasi Bahasa Inggris yang Tinggi

Bahasa Inggris menjadi bahasa pengantar saat kuliah di Malaysia. Hal ini bisa membantu meningkatkan literasi bahasa Inggris. Dengan berkuliah di Malaysia, kamu bisa memiliki literasi bahasa Inggris yang tinggi. 

4. Lingkungan Multikultural yang Kondusif

Kuliah di Malaysia akan membuatmu merasakan lingkungan multikultural yang kondusif. Tercatat, ada 170.000 pelajar internasional yang kuliah di Malaysia. Ini membuat mereka bisa saling bertukar wawasan budaya dan tradisi. 

Lingkungan multikultural yang kondusif seperti ini akan memberikan wawasan yang luas. Juga bisa memperluas networking internasional.

5. Prospek Kerja yang Baik di Malaysia dan Global

Kurikulum pendidikan tinggi di Malaysia bertaraf internasional dan disesuaikan dengan kebutuhan industri saat ini. Bahkan, banyak kampus yang menawarkan program magang di Malaysia. Hal ini bisa memudahkan lulusan mencari pekerjaan di Malaysia.

Di Asia e University Indonesia, kurikulumnya bersifat internasional, dosen-dosennya berkaliber internasional pula. Lulusannya akan memiliki peluang besar untuk bekerja di perusahaan multinasional. 

Baca Juga : 10 Jurusan Kuliah yang Paling Menjanjikan di Masa Depan

Kesimpulan

Banyak keuntungan yang bisa didapat dengan kuliah di Malaysia. Kualitas pendidikan tinggi di Malaysia memiliki akreditasi yang baik dan diakui secara internasional. Banyak pilihan jurusan yang bisa diambil saat kuliah di Malaysia. 

Biaya hidup dan biaya kuliah  di Malaysia juga sangat terjangkau. Jika ingin melanjutkan kuliah di Malaysia jangan lupa untuk menyiapkan dokumen pendukung, mulai dari paspor, visa, hingga izin tinggal. 

Jangan lupa untuk memilih universitas terbaik seperti Asia e University Indonesia sebagai destinasi kuliah pilihan. Cari informasi seputar pendidikan tinggi di Malaysia melalui website resmi pemerintahan Malaysia maupun kampus yang menjadi tujuan. 

Demikian artikel tentang mengapa kuliah di Malaysia menjadi pilihan menarik bagi mahasiswa. Semoga artikel ini bisa menjadi inspirasi untuk melanjutkan kuliah di Malaysia.

 

Alamat

1. Felfest UI,  Daksa Room, Jl. Prof. Dr. Miriam Budiardjo, Kampus UI, Srengseng Sawah, Jakarta Selatan, Indonesia

2.  Gedung INBIS, Jalan Veteran No.16
Universitas Brawijaya, Kota Malang, Jawa Timur, Indonesia

Jam KErja

Senin- Jumat ( 08.00-17.00 WIB )

KOntak

Phone: +62 811-1632-299
Email: cbn.idn@aeu.edu.my

Yayasan CITRA BUNGA NUSANTARA