10 Kegiatan Liburan Semester Kuliah, yang Produktif & Bermanfaat

10 Kegiatan Liburan Semester Kuliah, yang Produktif & Bermanfaat

Liburan semester kuliah merupakan salah satu momen yang begitu dinanti-nanti oleh para mahasiswa. Saat ini, apa rencana Anda untuk mengisi waktu liburan? Sebenarnya, liburan kuliah dapat menjadi momen yang tepat untuk mengembangkan bakat, hobi, hingga menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Bila Anda bingung untuk mengisi waktu liburan kuliah, berikut sejumlah rekomendasi aktivitas bermanfaat yang dapat dilakukan saat liburan semester agar Anda tetap produktif.

1. Isi Kegiatan Magang Saat Libur Semester

Salah satu pilihan yang dapat Anda lakukan untuk mengisi waktu liburan kuliah adalah magang. Internship atau magang dapat menjadi pilihan kegiatan saat liburan. Tidak sedikit perusahaan yang menyediakan pekerjaan magang saat liburan semester. 

Anda dapat memilih, mana perusahaan yang cocok atau sesuai dengan jurusan kuliah Anda agar dapat lebih mudah beradaptasi.

Ada berbagai manfaat magang yang harus Anda ketahui mulai dari memperoleh pengalaman pekerjaan, mendapatkan uang saku tambahan, dapat mengembangkan keterampilan, menambah pengalaman kerja di CV hingga menambah relasi di lingkungan profesional. 

Dengan sejumlah manfaat tersebut, tentu Anda akan dapat memaksimalkan moment liburan semester untuk menambah pengalaman, ilmu, sekaligus dapat menghasilkan uang sehingga waktu liburan tak terbuang percuma.

2. Mengikuti Kursus Bahasa Inggris

Pilihan kegiatan liburan semester kuliah yang lainnya adalah mengikuti kursus bahasa Inggris. Mengikuti kursus bahasa Inggris menjadi pilihan liburan yang begitu produktif, mengingat sebagai mahasiswa, nantinya Anda pasti akan mengikuti sejumlah ujian bahasa asing mulai dari untuk melanjutkan kuliah lagi, hingga keperluan karir. 

Dengan fasih berbahasa Inggris, peluang karir yang dimiliki akan semakin meningkat, bahkan Anda berkesempatan untuk berkarier di luar negeri.

Selain itu, bila ingin lanjut kuliah di jurusan tertentu, sejumlah test seperti TOEFL dan IELTS biasanya juga diujikan. 

3. Membaca Buku

Meskipun menjadi salah satu kegiatan yang terbilang umum, nyatanya membaca buku saat liburan semester akan memberikan sejumlah manfaat seperti menambah ilmu pengetahuan, wawasan, kosakata serta menambah semangat Anda untuk belajar. 

Anda dapat membaca buku secara offline maupun online. Saat ini banyak buku yang dijual dalam bentuk softcopy sehingga, Anda akan lebih praktis saat ingin membacanya. 

4. Mengikuti Kegiatan Sosial

Bila ingin mencari pengalaman baru saat liburan semester kuliah, mengikuti kegiatan sosial dapat dijadikan sebagai pilihan. Anda dapat melihat di sekitar lingkungan tempat tinggal, apakah terdapat program sosial tertentu yang dapat diikuti. 

Umumnya, di kampus-kampus juga terdapat kegiatan bakti sosial. Kegiatan sosial bukan hanya dilakukan untuk mewujudkan rasa cinta kasih, saling peduli hingga saling tolong menolong pada masyarakat. 

Namun, kegiatan ini juga dapat mengasah skill organisasi yang Anda miliki. Oleh sebab itu, sebelum masa libur kuliah datang, tidak ada salahnya untuk mendaftar kegiatan sosial yang ada di kampus. 

5. Mengembangkan Portofolio atau Proyek Pribadi

Bila kurang tertarik dengan sejumlah kegiatan di atas, Anda juga dapat mengembangkan proyek pribadi atau menambah portofolio saat liburan semester. Mengembangkan proyek pribadi bukan hanya dapat memberi pengalaman pada mahasiswa. Tetapi, juga dapat memberi bekal saat harus masuk dalam dunia kerja. 

Portofolio yang Anda buat saat liburan semester dapat dijadikan sebagai lampiran ketika melamar pekerjaan. Oleh sebab itu, pastikan membuat portofolio semaksimal mungkin. 

6. Membuat Usaha atau Bisnis Saat Liburan Kuliah

Anda dapat membuka bisnis yang tidak memerlukan modal besar. Namun, bila ingin membuka bisnis, pastikan jika nantinya bisnis ini tidak akan mengganggu waktu Anda saat sudah aktif berkuliah lagi. 

Sesuaikan bisnis yang ingin dibangun dengan minat serta bakat Anda. Pilihan bisnis yang dapat dicoba seperti jasa les privat, bisnis ini cocok bagi Anda yang memiliki kemampuan bidang akademik yang baik. 

Bisnis lain yang dapat dijadikan sebagai pilihan seperti jasa laundry, jasa fotografi, berjualan online, bergabung dalam affiliate marketplace, jasa editing video, desain grafis dan yang lainnya. 

7. Menulis dalam Blog atau Membuat Content di Social Media

Ahli dalam menulis konten, atau ingin menuangkan kreativitas melalui konten? Jika demikian, tidak ada salahnya Anda memulai peruntungan sebagai blogger atau vlogger. Blog serta vlog memang tidak dapat memberikan uang secara instan. 

Namun, jangan salah. Bila kegiatan ini dilakukan dengan serius, nyatanya menjadi blogger dan vlogger dapat memberikan penghasilan yang menggiurkan. 

Selain itu, membuat blog serta vlog dapat dijadikan sebagai wadah untuk menuangkan ide dan pemikiran. Tidak jarang, blog dan vlog yang dibuat dapat dijadikan sebagai portofolio nantinya. 

8. Mengeksplorasi Hobi dan Minat Saat Liburan Semester

Saat ini tentu saja Anda memiliki hobi serta minat tertentu, bukan? Bila selama ini Anda terhalang waktu untuk mengembangkan hobi dan minat Anda, saat liburan semester kuliah tiba, Anda dapat mulai mengeksplorasinya. 

Hobi yang Anda miliki, bila dikembangkan, nyatanya dapat meningkatkan soft skill hingga pengetahuan. Contohnya saja bila memiliki hobi memasak, Anda dapat mengembangkannya menjadi bisnis. 

Kemudian bila memiliki hobi menulis, Anda dapat mengembangkannya untuk menulis novel atau cerpen dan menelurkan karya-karya baru. Agar tidak mudah bosan saat menjalani hobi, Anda dapat melakukannya dengan cara yang berbeda, serta membuat sejumlah variasi kegiatan. 

9. Mengikuti Workshop atau Seminar

Salah satu kegiatan menyenangkan selama liburan semester yang dapat dilakukan adalah mengikuti seminar atau workshop. Secara umum, bagi mahasiswa, mengikuti workshop dapat semakin meningkatkan kualifikasi profesional. 

Bahkan, saat mengikuti workshop, Anda dapat membangun rasa kekeluargaan dan kebersamaan. Lebih-lebih jika dalam workshop tersebut terdapat kegiatan berkelompok. Bila terkendala masalah modal, Anda dapat mengikuti seminar yang diadakan oleh pemerintah atau lembaga swasta secara gratis.

10. Mengikuti Kursus Online

Saat ini, mengikuti kursus dapat dilakukan dari mana saja. bahkan, dari kamar kost, Anda sudah dapat mengikuti kursus, caranya dengan mendaftar di kursus online. Ikuti kursus online yang sesuai dengan minat, bakat serta tujuan karier Anda di masa mendatang. 

Selain itu, pilih lembaga kursus online yang kredibel, sehingga nantinya Anda dapat menyerap ilmu yang diberikan secara maksimal. Selain itu, saat ini banyak lembaga yang sudah menyediakan layanan kursus online sehingga akan memudahkan Anda.

Kesimpulan

Ternyata ada berbagai kegiatan yang dapat kita lakukan untuk mengisi waktu liburan semester kuliah. Anda dapat memilih lebih dari satu kegiatan produktif di atas sesuai dengan preferensi pribadi Anda.

Saat ini, umumnya kampus juga memberikan fasilitas bagi mahasiswa yang ingin mengembangkan skill mereka saat liburan semester. Salah satunya adalah  Asia e University Indonesia.  Asia e University Indonesia memiliki sejumlah fasilitas menarik untuk para mahasiswanya, Anda bisa cek di website Asie e University Indonesia, ya!

Asia e University Indonesia merupakan kampus yang telah mengantongi akreditasi Malaysian Qualifications Agency atau MQA serta Kementerian Pendidikan Tinggi Malaysia. 

Dengan berkuliah di sini, Anda akan memiliki gelar internasional, dan memiliki peluang karir untuk bekerja di berbagai perusahaan multinasional. Memiliki biaya yang terjangkau,  Asia e University Indonesia juga menjadi tujuan kuliah bagi puluhan ribu mahasiswa yang berasal dari sejumlah negara. 

Oleh sebab itu,  Asia e University Indonesia dapat menjadi rujukan saat Anda ingin berkuliah di kampus yang bergengsi, unggul, dan menjadi salah satu bagian dari mahasiswa Internasional.

Alamat

1. Felfest UI,  Daksa Room, Jl. Prof. Dr. Miriam Budiardjo, Kampus UI, Srengseng Sawah, Jakarta Selatan, Indonesia

2.  Gedung INBIS, Jalan Veteran No.16
Universitas Brawijaya, Kota Malang, Jawa Timur, Indonesia

Jam KErja

Senin- Jumat ( 08.00-17.00 WIB )

KOntak

Phone: +62 811-1632-299
Email: cbn.idn@aeu.edu.my

Yayasan CITRA BUNGA NUSANTARA