Jurusan Teknologi Informasi dan Komunikasi Info Perkuliahan & Prospek Kerja

Jurusan Teknologi Informasi dan Komunikasi : Info Perkuliahan & Prospek Kerja

Teknologi informasi dan komunikasi adalah sebutan untuk ilmu yang mempelajari sistem jaringan komputer dan memanfaatkannya sebagai alat komunikasi. Umumnya, materi pembahasan meliputi pengenalan perangkat keras seperti komputer, perangkat lunak atau software, sistem komunikasi, platform online, hingga bisnis.  

Menariknya, industri ini memiliki peluang karir cemerlang baik dalam maupun luar negeri. Hasil survei yang diperoleh dari data Indonesia memaparkan bahwa sampai dengan tahun 2022 peminat program studi ini berhasil meluluskan sekitar 1.2 juta lulusan se-Indonesia. Angka ini bertambah drastis dari tahun 2020 yang hanya mampu mencetak sekitar 400 ribu lulusan. Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) terus berharap lulusan TIK dapat bertambah setiap tahunnya. Pasalnya, kemajuan digital turut mendorong kebutuhan tenaga kerja di sektor ini.

Apakah kamu mencari peluang karir cemerlang di sektor teknologi informasi dan komunikasi yang akan terus berinovasi? Atau kamu merupakan individu yang tertarik mengulik seputar pemrograman, jaringan komputer, sistem informasi, bahkan digital marketing? Yuk, berkenalan dengan jurusan teknologi informasi dan komunikasi di Asia e University Indonesia!

Apa itu Jurusan Teknologi Informasi dan Komunikasi? Ini Pengertiannya!

Jurusan teknologi informasi dan komunikasi adalah jurusan yang menekankan pemahaman, keterampilan, hingga kemampuan pemanfaatan ilmu teknologi untuk mengolah informasi dan mengkomunikasikannya ke publik. 

Jika kamu perhatikan, TIK terbentuk dari tiga unsur: teknologi, informasi, dan komunikasi. Ternyata ketiga unsur tersebut memiliki pengertian masing-masing. Simak penjelasannya berikut ini:

  • Unsur pertama, teknologi: mencakup seluruh media yang mampu merekam dan mendata informasi yang dalam hal ini media tersebut ialah komputer.
  • Unsur kedua, informasi: segala bentuk informasi atau data yang dapat disimpan atau disebarkan seperti suara, teks, dan video.
  • Unsur ketiga, komunikasi: mengacu pada pertukaran informasi, data, atau pesan antar individu ataupun dengan komputer.

Secara sederhana, teknologi berperan sebagai media atau rumah dari informasi yang diolah untuk disebarluaskan atau dikomunikasikan. 

Dalam praktiknya, jurusan teknologi informasi dan komunikasi tidak hanya dapat berkutat pada bidang TI saja, melainkan juga dapat dikembangkan pada sektor bisnis. Salah satu contoh penggunaan TIK dalam bisnis yaitu digital marketing. Pasti kamu sudah tidak asing dengan kegiatan digital marketing kan?

Bagaimana? Sudah mulai tertarik kah kamu dengan jurusan yang punya jenjang karir luas ini? Agar semakin yakin dengan pilihanmu, yuk cari tahu info lengkap kegiatan seru apa yang bakal kamu pelajari sebagai mahasiswa TIK pada pembahasan selanjutnya!

Apa Saja yang Dipelajari pada Jurusan Teknologi Informasi dan Komunikasi? 

Terdapat beberapa mata kuliah yang akan kamu jumpai pada jurusan teknologi informasi dan komunikasi, di antaranya kamu akan belajar seputar:

  • Ilmu dasar komputer: paham ilmu ini akan membahas mengenai dasar algoritma komputer, bahasa pemrograman, rekayasa perangkat lunak, dan lain sebagainya.
  • Manajemen proyek TI: mata kuliah yang mengajarkan bagaimana mengelola kegiatan proyek berbasis teknologi informasi. Pembelajaran dalam mata kuliah tersebut lalu dapat kamu praktikkan dalam mata kuliah e-commerce. 
  • Konsep basis data: berfokus pada penerapan cara mengamankan informasi dalam teknologi.
  • Jaringan komputer: mempelajari komputer modern beserta protokolnya.
  • Rekayasa perangkat lunak: bertujuan untuk memperkenalkan jenis-jenis perangkat lunak, memahami siklus hidup perangkat lunak, dan menerapkannya dalam konteks tertentu.

Prospek Kerja Jurusan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Sangat Menjanjikan!

Berikut adalah daftar pekerjaan lulusan TIK yang berpeluang besar bergaji tinggi versi portal lowongan kerja internasional, Indeed. 

1. Teknisi Servis Komputer

Teknisi komputer bertanggung jawab untuk melakukan pemeliharaan dan perbaikan software serta hardware seperti pembersihan virus, mengganti bagian perangkat yang rusak, dan masalah jaringan internet perusahaan maupun klien. Posisi ini menawarkan rata-rata gaji 3.5-4.5 juta.

2. Technical Support

Fokus pekerjaan ini yaitu membantu klien menginstal, mengevaluasi, dan upgrading keseluruhan perangkat komputer. Kamu yang senang mengulik rangkaian komputer mulai dari software, hardware, sampai sistem jaringan mungkin akan tertarik dengan bidang ini. Jenjang karirnya pun boleh dibilang bagus pada sektor teknologi ditambah lagi penawaran gaji yang diberikan mencapai angka 4 juta rupiah.

3. Programmer

Tugas utama seorang programmer yakni merangkai, menguji, dan memperbarui kode digital demi kelayakan fungsi perangkat komputer. Dibutuhkan hard skill pengkodean dan soft skill pemecahan masalah yang mumpuni pada bidang ini. Namun, kamu tak perlu khawatir, jurusan teknologi informasi dan komunikasi di Asia e University Indonesia pastinya membekali skill di atas dengan baik. Gaji yang ditawarkan untuk posisi ini mulai dari 4 juta rupiah.

4. Network Administrator

Pekerjaan network administrator mencakup pengawasan sistem komputer milik perusahaan, pemecahan masalah, dan pengelolaan jaringan baik lokal maupun jangkauan yang lebih luas. Oleh karena tugasnya yang membutuhkan kemahiran, gaji yang ditawarkan cukup tinggi berkisar 5 juta rupiah.

5. Data Analyst

Peran seorang data analyst tidak lain yakni menganalisis dan memecahkan masalah dengan data informasi perusahaan. Pekerjaan ini penting karena dari hasil analisisnya dapat ditemukan insight untuk pemecahan masalah perusahaan dan hanya seorang data analyst yang mampu menginterpretasikan dan memberi rujukan terbaik kepada perusahaan. Oleh karenanya, posisi ini membutuhkan seorang yang cermat, teliti dalam menghadapi perkara, dan mampu mengambil keputusan yang benar. Pendapatan yang diperoleh di awal karir mampu mencapai nominal 5 juta rupiah. 

6. Data Scientist

Jika data analyst berperan memecahkan permasalahan perusahaan dengan data yang ada, profesi data scientist mengacu pada pekerjaan eksplorasi data untuk menelaah kemungkinan masalah yang akan dihadapi perusahaan kedepannya. Dalam pekerjaannya, seorang data scientist memanfaatkan algoritma Machine Learning untuk memprediksi dan memberi rekomendasi terkait hasil eksplorasi tersebut. Seorang yang menekuni bidang ini bisa berpendapatan hingga 10 juta rupiah.

7. System Analyst

Tugas utama system analyst adalah menganalisa, merangkai, dan menguji coba rangkaian sistem tersebut. Setidaknya mereka akan berkutat pada sistem dan penyimpanan data aplikasi serta meningkatkan kinerja sistem yang tersedia. Para fresh graduate yang mendaftar di posisi ini setidaknya diberikan penawaran mulai 4 juta rupiah.

8. Business Analyst

Business analyst adalah seorang yang mampu memahami kebutuhan bisnis, mengidentifikasi masalah, dan mengevaluasi solusi untuk tujuan bisnis. Kolaborasi sering terjadi antara system analyst, data analyst, dan bisnis analyst dalam proyek bersama untuk mengembangkan bisnis dengan media teknologi. Adapun kisaran gaji yang diberikan mulai dari 6 juta rupiah.

9. Web Developer

Jika kamu berminat atau berbakat dalam hal desain web, kamu bisa menyalurkan kreativitasmu sebagai web developer. Tak hanya pandai mendesain landing page maupun user interface, seorang pengembang web juga diharapkan mempunyai bekal SEO yang memadai. Web developer juga berkesempatan menjadi pengembang front-end, back-end, dan e-commerce. Penawaran yang diberikan untuk posisi ini mencapai 6 juta rupiah.

10. Software Developer

Profesi software developer mengutamakan skill pengembangan berbagai jenis software termasuk desktop, mobile, perangkat embedded, dan lainnya. Dalam banyak kasus, kolaborasi antara software developer dan web developer dapat memaksimalkan hasil user interface. Gaji yang diberikan untuk profesi ini mulai dari 8 juta rupiah.

Apa Gelar Sarjana Teknologi Informasi dan Komunikasi?

Sebelumnya kamu perlu tahu jurusan TIK memiliki sebutan lain yakni sistem informasi. Adapun gelar bagi lulusan ini dapat berbeda di setiap universitas. Lulusan S1 TIK mendapatkan gelar S.SI atau Sarjana Sistem Informasi. Pada jenjang yang lebih tinggi, lulusan pascasarjana untuk program S2 bergelar M.SI atau Magister Sistem Informasi. Ada pula universitas yang menyematkan gelar Sarjana Komputer alias S.Kom ataupun Sarjana Sains alias S.Si. Hal tersebut karena jurusan ini masih dalam ranah komputasi dan ilmu sains.

Bagi para lulusan jurusan TIK di Asia e University Indonesia, sebagaimana kampus ini telah berstandar internasional, maka gelar yang akan disematkan adalah Bachelor of Science (B.Sc.) in Information and Communication Technology (ICT) untuk para lulusan sarjana dan Master of Science (M.Sc.) in Information and Communication Technology (ICT) bagi lulusan pascasarjana.

Apa Perbedaan Teknik Informatika dan Teknologi Informasi dan Komunikasi?

Keduanya memang memanfaatkan komputer sebagai media bahkan dalam praktiknya saling mendukung satu sama lain. Namun, melansir laman Gokampus, terdapat perbedaan di antara keduanya seperti terangkum di bawah ini.

Teknik Informatika

Teknologi Informasi dan Komunikasi 

Mempelajari dan mendalami ilmu pengoperasian sistem komputer.

Mempelajari, mendalami, dan menggunakan sistem komputer sebagai sarana komunikasi.

Dikenal juga dengan sebutan ilmu komputer atau matematika komputasi.

Dikenal juga dengan sebutan sistem informasi atau manajemen informatika.

Landasan ilmunya adalah matematika karena lebih berfokus pada teknis komputer.

Landasan ilmunya lebih luas mencakup matematika, manajemen, dan bisnis karena tidak hanya mempelajari teknis, TIK juga mempelajari pengaruh TI pada bisnis.

Lulusan jurusan teknik informatika merupakan ahli dalam bahasa pemrograman, algoritma, dan struktur data.

Lulusan jurusan teknologi informasi dan komunikasi merupakan ahli dalam penggunaan teknologi sebagai media komunikasi untuk menunjang bisnis.

Bergelar Sarjana Komputer (S.Kom.) atau Sarjana Teknik (S.T.).

Pada umumnya bergelar Sarjana Sains (S.Si.) atau Sarjana Sistem Informasi (S.SI.) tetapi gelar ini bisa berbeda di setiap universitas.

Tertarik Kuliah Jurusan Teknologi Informasi? Yuk Daftar di Asia e University Indonesia!

Jurusan teknologi informasi dan komunikasi di Asia e University Indonesia menawarkan mata kuliah menarik yakni ilmu dasar komputer, pemrograman, jaringan komputer, keamanan dan basis data, aplikasi digital, sampai e-commerce. 

Tak hanya itu, empat program studi yang diusung juga menjanjikan jenjang karir hebat. Ada program software engineering yang mengasah keterampilan pengembangan perangkat lunak. Program sistem informasi yang berfokus melatih manajemen informasi. Bagi kamu yang menyukai desain dan ingin mengetahui cara kerja administrasi jaringan komputer bisa bergabung dalam program enterprise networking. Ingin mencoba ranah bisnis? Tenang, kamu bisa bergabung program digital marketing yang mempelajari strategi pemasaran digital sampai dengan pelaksanaannya melalui media sosial. Setelah lulus S1, kamu bisa langsung melanjutkan pendidikan karena Asia e University Indonesia juga telah menghadirkan program S2 untuk jurusan teknologi informasi dan komunikasi. 

Keuntungan lain berkuliah di Asia e University Indonesia adalah sistem perkuliahan full online. Sistem ini cocok untuk kamu para pekerja ataupun mahasiswa aktif yang ingin mempelajari studi lain secara online. Kamu dapat mengakses 24/7 materi pembelajaran interaktif yang disediakan dalam berbagai model bahan ajar seperti video rekaman lecture, podcast, modul pembelajaran, dan materi PPT. Kamu juga bisa mengikuti program webinar selama masa perkuliahan. Sebagai output pembelajaran, tugas dan presentasi akan diadakan pula secara online.

Kesimpulan

Nah, itulah sekilas info mengenai kuliah di jurusan teknologi informasi dan komunikasi di Asia e University Indonesia. Dengan kurikulum berstandar internasional memberikanmu kesempatan mempelajari ilmu komputer juga menerapkannya dalam bisnis. Program studinya pun dirancang untuk mempersiapkan lulusan yang mampu bersaing di kancah internasional. Bergabunglah dengan AeU Indonesia yang siap mengantarkanmu ke gerbang masa depan yang cerah! 

Alamat

1. Felfest UI,  Daksa Room, Jl. Prof. Dr. Miriam Budiardjo, Kampus UI, Srengseng Sawah, Jakarta Selatan, Indonesia

2.  Gedung INBIS, Jalan Veteran No.16
Universitas Brawijaya, Kota Malang, Jawa Timur, Indonesia

Jam KErja

Senin- Jumat ( 08.00-17.00 WIB )

KOntak

Phone: +62 811-1632-299
Email: cbn.idn@aeu.edu.my

Yayasan CITRA BUNGA NUSANTARA