Jurusan Kuliah Untuk Anak IPA yang banyak Peluang Kerja

12 Jurusan Kuliah Untuk Anak IPA yang banyak Peluang Kerja

Memiliki karir cemerlang setelah lulus kuliah, pastinya menjadi impian bagi semua orang. Namun, hal ini menjadi salah satu problem tersendiri bagi anak IPA karena sulit bagi mereka untuk mencari jurusan kuliah yang cocok dan memiliki banyak peluang kerja. Apakah Anda salah satu yang mengalaminya?

Namun jangan salah, ternyata terdapat sederet jurusan kuliah untuk anak IPA yang terkenal akan memberikan banyak peluang kerja saat lulus nanti. Bagi anak IPA yang baru lulus SMA dan sedang bingung mencari jurusan kuliah yang tepat. Berikut rekomendasi jurusan yang bisa dipilih!

1. Jurusan Teknik Dirgantara

Salah satu jurusan kuliah untuk anak IPA yang dapat Anda pertimbangkan adalah teknik dirgantara. Sesuai dengan namanya, jika Anda memilih jurusan ini, maka materi perkuliahan yang didapat adalah seputar perancangan, pembuatan, dan pengoperasian kendaraan dirgantara.

Karena produk yang dibuat adalah kendaraan dirgantara yang umumnya juga digunakan sebagai transportasi, maka aspek perhitungan akan sangat ditekankan. Maka dari itu, jangan heran kalau nantinya pada awal-awal perkuliahan Anda akan diajarkan tentang teknik-teknik dasar dalam bidang fisika, kimia, dan matematika.

Dikutip dari detik.com, berdasarkan hasil analisis yang dikeluarkan oleh perusahaan jasa keuangan dan konsumen, Bankrate, menyebutkan bahwa lulusan teknik dirgantara merupakan salah satu jurusan yang sangat berpeluang untuk mendapatkan gaji tinggi.

Bahkan, menurut hasil analisis dari perusahaan tersebut, lulusan teknik dirgantara ini bisa mendapatkan gaji tahunan sebesar 1,4 miliar rupiah. Disebutkan juga bahwa tingkat penganggurannya hanya berkisar sampai 1,9%. Sementara itu, berikut ini adalah peluang kerja yang bisa dilamar oleh lulusan teknik dirgantara.

  • Industri yang terkait dengan komponen kedirgantaraan seperti hidrolika dan avionika seperti PT INTI dan LEN.
  • Industri manufaktur seperti PT Yamaha Indonesia.
  • Industri jasa terkait seperti Telkom, Satelindo, GMF Aero Asia, INDO PELITA, ACS, dll.

2. Jurusan Teknik Kimia

Selanjutnya ada jurusan teknik kimia. Bisa dikatakan bahwa jurusan ini merupakan salah satu multidisiplin yang menggabungkan beberapa bidang keilmuan seperti biokimia, biologi, kimia, dan fisika.

Secara umum, pada jurusan ini Anda akan belajar bagaimana cara memproduksi dan mengoperasikan berbagai macam perangkat untuk mengembangkan suatu zat baru dari berbagai produk biologi dan kimia.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, karena jurusan ini menggabungkan berbagai macam disiplin ilmu, maka pilihan karirnya pun nantinya akan beragam juga. Dikutip dari laman campus.quipper.com, lulusan teknik kimia ini banyak dibutuhkan oleh berbagai industri seperti industri obat, kimia, energi terbarukan, pengolahan limbah, minyak dan gas, serta instansi pemerintahan.

3. Jurusan Ilmu Kriminal dan Forensik

Jurusan kuliah untuk anak IPA yang satu ini merupakan gabungan antara ilmu kriminal (pidana) dan forensik. Secara umum, Anda akan diajari mengenai bagaimana sih cara pengumpulan dan analisis barang bukti yang tertinggal di TKP. Dalam hal ini, Anda akan belajar bagaimana cara analisis darah, sidik jari, dan DNA. Selain itu, Anda juga akan diajari bagaimana teknik rekonstruksi suatu kejahatan.

Dikutip dari laman gramedia.com, di Indonesia sendiri saat ini hanya ada 180 dokter spesialis forensik. Maka dari itu, peluang kerja bagi jurusan ini sangat terbuka lebar. Selain sebagai dokter spesialis forensik, lulusan jurusan ini juga dapat bekerja sebagai teknisi ilmu forensik, dokter forensik patologi, dokter  dan forensik klinik.

4. Jurusan Ilmu Komputer

Secara umum, jurusan ini berfokus untuk mempelajari bagaimana cara menggunakan perangkat keras serta berbagai operasi seperti pengumpulan data, otomatisasi proses, dan membuka situs web.

Dikutip dari campus.quipper.com, mengingat saat ini dunia terus berkembang dan bahkan telah memasuki tahap revolusi industri 4.0, lulusan ilmu komputer adalah satu yang paling banyak dicari semua bidang industri dan berbagai instansi pemerintahan. Sementara itu, beberapa posisi karir yang bisa dijalani oleh lulusan ini yaitu konsultan IT, web designer, game developer, data scientist, dosen, insinyur aplikasi, dan berbagai profesi lainnya.

5. Jurusan Teknik Geologi

Teknik geologi juga menjadi jurusan untuk anak IPA yang tepat untuk dipilih. Jurusan ini berfokus pada penelitian tentang bumi mulai dari sejarah, struktur, komposisi, sifat-sifat fisik, dan proses pembentukannya. Pada perkembangan yang terbaru, jurusan ini mulai merambah ke topik lain seperti bencana hingga konstruksi bangunan.

Bisa dikatakan, peluang karir untuk jurusan ini cukup beragam. Namun, biasanya lulusannya banyak yang bekerja di perusahaan minyak dan gas. Tentu saja, alasan gaji menjadi pertimbangannya. Namun, selain bekerja di sektor tersebut, lulusan teknik geologi juga dapat meniti karir sebagai teknisi PNS, dosen, surveyor tanah, kontraktor, Bartender, dan R&D.

6. Jurusan Fisika

Jurusan berikutnya yaitu fisika. Bagi sebagian orang, mendengar kata fisika mungkin sudah terbayang bagaimana rumitnya perhitungan suatu rumus. Jurusan ini memang berfokus mempelajari materi dalam lingkup ruang dan waktu. Dalam perkembangan saat ini, telah ditambahkan beberapa topik terkini seperti termodinamika, gaya elektromagnetik, dan mekanika kuantum.

Dengan berbekal pada pemahaman teori fisika yang telah diajarkan selama perkuliahan, lulusan jurusan ini berkesempatan untuk meniti karir di berbagai bidang. Salah satu sektor yang sering diincar yaitu pertambangan minyak dan material. Selain itu, dikutip dari laman campus.quipper.com, lulusan fisika dapat bekerja sebagai pegawai bank, PNS, System Analyst, R&D, dosen, dan lain sebagainya.

7. Jurusan Matematika

Selanjutnya, jurusan yang bisa dipilih oleh lulusan IPA adalah matematika. Pada program studi ini, mahasiswa akan belajar secara lebih dalam mengenai konsep geometri, aljabar, dan analisis matematika. Selain semua materi itu, mahasiswa juga berpeluang untuk belajar tentang riset operasi, komputasi, aktuaria, dan statistika.

Peluang kerjanya juga tidak kalah menggiurkan dibanding jurusan IPA yang lainnya. Dikutip dari rencanamu.id, lulusan jurusan matematika dapat bekerja sebagai aktuaris, spesialis matematika, ahli statistik, teller, analis anggaran, dan penerbit asuransi.

8. Jurusan Statistika

Bisa dikatakan bahwa jurusan statistika ini merupakan kelanjutan atau pendalaman dari ilmu matematika. Hanya saja, statistika lebih fokus kepada pengolahan data. Dalam bahasa yang lebih sederhana, jika Anda akan belajar bagaimana cara melakukan pengumpulan, analisis, dan penyajian data ke dalam bahasa bisa dipahami banyak orang.

Tidak diragukan lagi, lulusan statistika ini banyak dibutuhkan oleh setiap perusahaan maupun instansi pemerintahan. Lulusan ilmu statistika dapat bekerja sebagai PNS, pegawai bank, ahli statistika, aktuaris, dosen, data scientist, dan market researcher.

9. Jurusan Astronomi

Jurusan kuliah untuk anak IPA selanjutnya adalah ilmu astronomi. Jurusan ini pada dasarnya akan mempelajari bidang ilmu lainnya seperti biologi, fisika, kimia, dan evolusi yang ada kaitannya dengan keberadaan bintang dan benda-benda di luar angkasa. Secara lebih spesifik, Anda akan belajar mengenai penerapan ilmu fisika terhadap objek benda yang ada di langit. Selain itu, masih ada beberapa topik materi lainnya yang tidak kalah menarik.

Meskipun bidang keilmuan yang dipelajari sangatlah spesifik, namun bidang pekerjaan yang bisa diambil oleh lulusan jurusan ini juga cukup beragam. Dikutip dari laman gramedia.com, beberapa prospek pekerjaan yang bisa dijalani oleh lulusan ini yaitu astronot, astronom, peneliti di lembaga penelitian, jurnalis sains, dosen, dan analis sistem.

10. Jurusan Ilmu Lingkungan

Secara sederhana, jurusan ilmu lingkungan ini mempelajari hubungan yang terjadi antar makhluk hidup, termasuk di dalamnya adalah hubungan antara manusia dan lingkungannya. Jurusan ini akan memandu para mahasiswa untuk punya kesadaran dan sikap tanggung jawab terhadap lingkungan sekitar.

Karena luasnya bidang ilmu lingkungan ini, prospek kerja para lulusannya pun sangat beragam. Bahkan, para perusahaan biasanya akan mencari para ahli lingkungan untuk memberikan dimintai konsultasi terkait dampak tindakan perusahaan terhadap lingkungan sekitar. Lulusan jurusan ini dapat bekerja sebagai konsultan lingkungan, aktivis di lembaga NGO, PNS, dosen, dan teknisi konservasi lingkungan.

11. Jurusan Ilmu Saraf

Bisa dikatakan, ilmu saraf adalah salah satu jurusan yang punya tingkat kesulitan tersendiri. Mahasiswa yang mengambil pilihan program studi S1 ini biasanya akan melanjutkan studinya ke jenjang yang lebih tinggi untuk memperdalam keilmuannya.

Dikutip dari id.tun.com, terdapat beberapa pekerjaan yang dapat dipilih oleh lulusan jurusan ini. Beberapa pekerjaan yang dimaksud yaitu dokter, psikiater, psikolog, ahli bedah saraf, ahli patologi wicara bahasa, dan psikometri.

12. Jurusan Teknik Biomedis

Jurusan kuliah untuk anak IPA yang terakhir paa daftar ini adalah teknik biomedis. Seperti namanya, jurusan ini merupakan penggabungan antara ilmu teknik dan kedokteran. Secara konkret, jurusan ini mendorong kepada para mahasiswanya agar mampu membuat dan mengembangkan teknologi di bidang kedokteran. Beberapa teknologi seperti CT-Scan, MRI, dan mesin rontgen merupakan alat yang dikembangkan melalui jurusan ini.

Oleh karena itu, prospek kerja bagi lulusan teknik biomedis ini cukup beragam. Lulusan jurusan ini dapat bekerja sebagai tenaga rekam medis, teknisi alat kesehatan, dosen, teknisi radiologi medis, teknisi laboratorium klinis, dan PNS.

Peran Lulusan Anak IPA di Dunia Kerja

Tidak bisa dipungkiri, di luar sana terdapat berbagai macam pilihan karir menggiurkan yang selalu menanti para lulusan jurusan IPA. Bahkan, bisa dikatakan bahwa sebagian diantaranya memberikan gaji yang lebih besar dibanding dengan pilihan pekerjaan pada lulusan rumpun SOSHUM.

Namun, perlu diketahui bahwa prospek yang cerah tersebut juga sebanding dengan tuntutan pemberi kerja. Dalam hal ini, lulusan IPA yang diberi gaji tinggi tersebut adalah mereka yang memiliki keterampilan dan keahlian khusus.

Bisa dikatakan, seiring dengan kemajuan zaman dan terus berkembangnya industrialisasi di berbagai bidang, peluang bagi lulusan IPA untuk mendapatkan pekerjaan dengan gaji tinggi akan semakin besar di masa depan. Selain itu, pekerjaan di bidang IPA juga lebih memiliki ketahanan terhadap penurunan ekonomi.

Namun, walaupun jurusan ini menawarkan begitu banyak kesempatan kerja, untuk mendapatkan kesempatan tersebut diperlukan suatu spesialisasi pada bidang tertentu. Hal inilah mengapa pada fakultas yang terkait dengan IPA memiliki begitu banyak program studi dengan spesialisasi masing-masing.

Apakah Lulusan Anak IPA Bisa Lintas Jurusan?

Memilih jurusan kuliah memang susah susah gampang. Bahkan seseorang yang dulunya sudah berencana ingin mengambil studi di bidang ilmu pengetahuan alam pun bisa berubah seiring waktu karena satu dan lain hal.

Selain itu, menurut pengalaman yang terjadi di lapangan, tidak sedikit lulusan IPA yang kemudian memilih untuk mengambil jurusan kuliah di bidang SOSHUM. Fenomena seperti ini sering disebut sebagai lintas jurusan.

Maka dari itu, jika Anda masih bertanya-tanya, apakah lulusan IPA bisa lintas jurusan? Jawabannya tentu saja bisa. Namun, untuk mengambil pilihan tersebut, Anda harus memepertimbangkan beberapa hal terlebih dahulu.

Pertama, Anda harus memastikan atau mengkonfirmasinya terlebih dahulu kepada pihak universitas. Anda bisa bertanya kepada admin atau petugas penerimaan mahasiswa baru terkait rencanamu yang ingin lintas jurusan.

Kedua, setelah mendapat jawaban dari pihak kampus, Anda pun masih harus memastikan bahwa pada ujian seleksi masuk tersebut nantinya bisa menerima jurusan lulusan SMA jurusan IPA yang ingin masuk ke program studi rumpun Sosial Humaniora (Soshum).

Ketiga, setelah mengetahui informasi resmi bahwa lulusan SMA IPA bisa memilih untuk ikut seleksi masuk rumpun sosial humaniora, maka langkah selanjutnya adalah berusaha semaksimal mungkin mempelajari materi yang nantinya akan diujikan. Karena Anda berasal dari jurusan IPA, maka tidak ada pilihan lain selain mempelajari materi-materi yang mungkin selama ini belum pernah diajarkan di jenjang pendidikan sebelumnya.

Setelah menyimak pembahasan tadi, tentu Anda akan semakin percaya diri dan bersemangat untuk mengenyam pendidikan karena ternyata ada banyak jurusan kuliah untuk anak IPA dengan prospek karir yang cerah dan menjanjikan.

Nah, sebelum memutuskan untuk memilih program studi, ada baiknya Anda memperhatikan juga bagaimana kualitas dari kampus atau universitasnya. Dalam hal ini, salah satu pilihan kampus yang dapat Anda pertimbangkan yaitu Asia e University Indonesia. Sebagai informasi, universitas yang berpusat di Malaysia ini telah mengantongi akreditasi Malaysian Qualifications Agency atau MQA serta Kementerian Pendidikan Tinggi Malaysia. 

Hadir dengan biaya pendidikan yang terjangkau, Asia e University Indonesia akan membawa Anda pada pengalaman belajar berskala global dengan para mahasiswa dari berbagai negara.

Dengan demikian, selain akan memiliki gelar internasional, Anda juga akan berpeluang untuk bekerja di berbagai perusahaan multinasional. Daftarkan diri Anda sekarang juga dan jadilah bagian dari Asia e University Indonesia!

 

Alamat

1. Felfest UI,  Daksa Room, Jl. Prof. Dr. Miriam Budiardjo, Kampus UI, Srengseng Sawah, Jakarta Selatan, Indonesia

2.  Gedung INBIS, Jalan Veteran No.16
Universitas Brawijaya, Kota Malang, Jawa Timur, Indonesia

Jam KErja

Senin- Jumat ( 08.00-17.00 WIB )

KOntak

Phone: +62 811-1632-299
Email: cbn.idn@aeu.edu.my

Yayasan CITRA BUNGA NUSANTARA