jurusan yang sedikit peminat tapi peluang kerja besar

7 Jurusan Kuliah yang Sedikit Peminat Tapi Peluang Kerja Besar

Apakah kamu pernah merasa bingung memilih jurusan kuliah yang sedikit peminat tapi peluang kerja besar? Atau mungkin kamu sudah merencanakan karir untuk masa depan, tetapi ragu apakah pilihan jurusan tersebut akan memberikan peluang kerja yang cukup besar?

Jika kamu mengalami perasaan bingung dan khawatir seperti ini, kamu tidak sendirian. Banyak calon mahasiswa saat ini berada dalam dilema serupa. Mereka ingin mengikuti minat mereka, tetapi juga ingin memastikan bahwa setelah lulus, mereka memiliki peluang kerja yang baik.

Namun, kalian tidak perlu khawatir lagi. Ada beberapa jurusan kuliah yang saat ini memiliki sedikit peminat, tetapi menawarkan peluang kerja yang besar dan stabil di masa depan. Seperti data dari platform job portal Zippia dan Indeed menunjukkan bahwa jurusan-jurusan seperti Teknik Geologi, Pertanian, Perikanan, Kehutanan, Astronomi, Ilmu Filsafat, dan Ilmu Perpustakaan memiliki prospek karir yang menjanjikan. Bahkan pada jurusan tersebut mengalami pertumbuhan peluang kerja yang bagus sebesar 5-9% di 5-10 tahun mendatang. Jurusan tersebut mungkin belum banyak dikenal oleh banyak orang, tetapi memiliki potensi untuk memberikan Anda peluang karir yang cerah.

Dalam artikel ini, kami akan menjabarkan ke-tujuh jurusan ini lebih dalam, memberikan wawasan tentang apa yang akan kamu pelajari dalam setiap jurusan dan mengapa peluang kerja di bidang ini sangat menarik. Jadi, jika kamu adalah seorang calon mahasiswa yang ingin mencari jurusan kuliah dengan sedikit peminat namun tetap memiliki peluang kerja yang besar, Yuk simak artikel ini hingga selesai, ya!7 jurusan kuliah yang sepi peminat tapi peluang kerja besar

Berikut ini adalah daftar jurusan kuliah yang sedikit peminat tapi peluang kerjanya besar, antara lain :

1. Teknik Geologi

Jurusan Teknik Geologi adalah sebuah disiplin ilmu yang mempelajari tentang bumi, termasuk proses pembentukan dan evolusi geologis, serta penerapan pengetahuan tersebut dalam kegiatan eksplorasi dan pengelolaan sumber daya alam. Jurusan ini akan mempelajari ilmu-ilmu tentang bumi dengan berbagai aspek seperti ilmu bebatuan, bentuk atau struktur, hubungan antar batuan hingga proses terjadinya serta mempelajari semua yang berhubungan dengan bumi secara luas.

Hingga saat ini Jurusan Teknik Geologi masih sedikit peminatnya tapi punya peluang kerja yang besar adalah Teknik Geologi. Jurusan ini memang tidak ada di semua universitas di Indonesia, tetapi jurusan ini memiliki prospek kerja yang cukup besar.

Nantinya, lulusan dari jurusan Teknik Geologi akan menerapkan ilmunya di bidang pencarian sumberdaya energi dan sumberdaya mineral, konsultan yang menyediakan jasa terkait, bahkan dibutuhkan di sektor pemerintahan dalam mengembangkan dan mengelola potensi sumberdaya alamnya maupun sebagai akademisi yang mengajar di universitas.

Berdasarkan pemindaian data yang dilakukan oleh salah satu Job Portal yang populer yaitu Zippia, mereka berhasil memindai 743 resume jurusan Teknik Geologi untuk mengidentifikasi pekerjaan yang paling prospek di jurusan tersebut, terdapat 10 pekerjaan terbaik untuk jurusan Teknik Geologi menurut situs Zippia.com, antara lain :

  • Geotechnical Engineer

  • Ahli Geologi

  • Ahli Geofisika

  • Geological Engineer

  • Project Engineer

  • Data Analyst 

  • Office Engineer

  • Mine Engineer

  • Design Engineer 

  • Sales Engineer

Berikut ini adalah career map yang dibuat oleh Zippia untuk membantu lulusan baru menemukan jalur kariernya. Hal ini berdasarkan pada resume nyata dari pencari kerja dengan gelar sarjana Teknik Geologi. Career Map tersebut menunjukkan pekerjaan paling umum yang diambil oleh jurusan Teknik Geologi, antara lain :peluang kerja teknik geologi

Sumber : https://www.zippia.com/ 

  2. Pertanian

Jurusan Pertanian merupakan bidang studi yang berfokus pada ilmu dan teknologi yang terkait dengan produksi tanaman, ternak, dan pengelolaan sumber daya alam dalam konteks pertanian. Jurusan pertanian menjadi salah satu jurusan yang sepi peminat tetapi memiliki prospek cukup besar dan bagus di masa depan. Dengan berkembangnya teknologi, pertanian mengalami perkembangan yang cukup pesat. Nantinya, seorang yang berkuliah di jurusan Pertanian akan mempelajari sistem pertanian dari hulu sampai hilir, teknologi pertanian, pengelolaan pertanian agar produksi pangan tetap terjaga.

Menurut Indeed, Ilmuwan pertanian meneliti metode baru untuk meningkatkan kesehatan hewan atau tanah, sehingga meningkatkan kualitas pangan. Mereka bekerja di laboratorium untuk perusahaan produksi makanan dan juga di peternakan. Peluang kerja untuk jurusan Ilmu pertanian dan pangan kemungkinan akan tumbuh sebesar  8%  antara tahun 2021 dan 2031 karena meningkatnya kebutuhan produksi pertanian dan penelitian pertanian.

Jurusan ini menjanjikan di masa depan, namun masih jarang peminat karena dianggap kalah keren jika dibandingkan dengan jurusan lainnya dan dianggap hanya akan berada di lahan pertanian saja. Padahal, sebagai negara agraris, peluang kerja lulusan pertanian di Indonesia masih dibutuhkan. 

Ada banyak kesempatan di bidang pekerjaan seperti menjadi seorang Quality Control (QC), Konsultan Pertanian, Agricultural Engineering, Jurnalis di sektor pertanian, hingga menjadi seorang pebisnis di bidang pertanian.

3. Perikanan

Jurusan Perikanan adalah program studi yang berkaitan dengan ilmu dan teknologi yang terkait dengan pengelolaan sumber daya perairan, budidaya ikan, serta pengolahan dan manajemen bisnis untuk memasarkan produk perikanan.

Jurusan Perikanan ini masih sepi peminat namun memiliki prospek pekerjaan yang cukup besar. Mungkin kebanyakan orang mengira bahwa Jurusan Perikanan hanya mempelajari soal kolam dan hasil panen ikan saja. Padahal nantinya, kamu akan belajar tentang penerapan teknologi modern dalam perikanan, teknik pengelolaan perikanan, pengolahan produk perikanan, bahkan hingga manajemen bisnis perikanan.

Tak hanya itu, peluang kerjanya sebagai negara maritim seperti Indonesia ini membuat peluang kerjanya juga beragam mulai dari menjadi pegawai pemerintahan, peneliti perikanan, perusahaan swasta yang memiliki fokus di perikanan, menjadi bagian dari BUMN, hingga menjadi seorang wirausahawan di bidang perikanan.

Inilah ringkasan pertumbuhan pekerjaan pada jurusan Perikanan, setelah melakukan penelitian, wawancara, dan analisis ekstensif, tim ilmu data Zippia menemukan bahwa:

  • Tingkat pertumbuhan pekerjaan pada jurusan Perikanan diproyeksikan sebesar 9% dari 2018-2028.

  • Diperkirakan akan ada sekitar 7.700 pekerjaan baru bagi jurusan perikanan dalam dekade mendatang.

  • Gaji untuk lulusan Perikanan meningkat 9% untuk teknisi perikanan dalam 5 tahun terakhir.

Selain itu, Zippia menempatkan Alaska, Maine, Oregon, dan Massachusetts sebagai negara bagian terbaik bagi Ahli Perikanan untuk bekerja dan tinggal pada tahun 2023.

4. Kehutanan

Jurusan Kehutanan merupakan jurusan yang berfokus pada ilmu dan teknologi yang terkait dengan pengelolaan dan konservasi sumber daya hutan. Jurusan ini juga melibatkan pemahaman tentang pengolahan dan pemanfaatan hasil hutan. Para mahasiswa akan mempelajari tentang teknologi pengolahan kayu, pengawetan kayu, serta penggunaan kayu dalam industri konstruksi dan manufaktur. Mereka juga akan belajar tentang pemanfaatan non-kayu dari hutan, seperti produk hasil hutan non-kayu, bioenergi, dan ekowisata hutan. 

Selain itu, Jurusan Kehutanan juga memperhatikan aspek pengelolaan lahan dan kebakaran hutan. Mahasiswa akan mempelajari tentang rehabilitasi lahan terdegradasi, pengendalian erosi, dan pengelolaan lahan kritis. Mereka juga akan belajar tentang pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan, serta manajemen risiko bencana alam yang terkait dengan kebakaran hutan.

Sangat disayangkan, Jurusan Kehutanan ini masih sepi peminat meskipun peluang kerjanya cukup besar. Peluang karir pada Jurusan Kehutanan ini biasanya di sektor kehutanan dan lingkungan. Para lulusan dengan Jurusan Kehutanan dapat bekerja sebagai ahli kehutanan, manajer hutan, peneliti hutan, konsultan lingkungan, atau pegawai di lembaga pemerintah yang terkait dengan pengelolaan sumber daya hutan. Mereka juga dapat terlibat dalam penelitian dan pengembangan teknologi kehutanan, konservasi alam, atau kegiatan edukasi dan advokasi lingkungan.

Berdasarkan data dari Indeed, jurusan kehutanan memiliki peluang kerja yang beragam untuk dipilih. Berikut beberapa pekerjaan yang dapat dipertimbangkan oleh Jurusan Kehutanan, menurut Indeed:

  • Ahli Hortikultura
  • Penjaga Hutan
  • Pemadam Kebakaran Hutan
  • Ahli Kehutanan
  • Profesor Ilmu Konservasi
  • Ilmuwan Lingkungan
  • Konsultan Kehutanan
  • Ahli Biologi Satwa Liar
  • Silvikulturis
  • Naturalis
  • Arboris
  • Dinas Taman Nasional, Dinas Kehutanan, dan Biro Pengelolaan Lahan
  • Badan kehutanan dan pertamanan negara
  • Perusahaan kehutanan swasta
  • Perusahaan konsultan lingkungan

Bureau of Labor Statistics juga melaporkan bahwa lapangan kerja bagi pekerja di bidang kehutanan dan konservasi diperkirakan akan menurun sebesar 9% dari tahun 2022 hingga 2032. Namun jangan khawatir, para ahli kehutanan ada di setiap sektor pekerjaan, dan terdapat kebutuhan besar bagi mereka yang memiliki pengetahuan dan keterampilan luas yang diperoleh selama melakukan pekerjaan tersebut.

5. Jurusan Astronomi

Jurusan Astronomi adalah program studi yang mempelajari tentang ilmu pengetahuan dan penelitian mengenai benda-benda langit, termasuk bintang, planet, galaksi, serta fenomena alam semesta lainnya. Mahasiswa yang memilih jurusan ini akan mempelajari berbagai aspek astronomi, mulai dari fisika dasar, kosmologi, astrofisika, hingga pengamatan dan analisis data astronomi.

Jurusan kuliah dengan program studi Astronomi masih sepi peminat namun gaji yang didapat besar. Saat ini Jurusan Astronomi memang sangat jarang kita temukan di berbagai Perguruan Tinggi Indonesia.

Dari prospek karir, seorang lulusan Astronomi memiliki peluang yang besar untuk berkarir di pemerintahan, lembaga penelitian, BMKG maupun observatorium. Bahkan di lembaga internasional seperti NASA.

Menurut  Bureau of Labor Statistics, lapangan kerja fisikawan dan astronom secara keseluruhan diproyeksikan akan tumbuh 5% dari tahun 2022 hingga 2032, lebih cepat dari rata-rata semua pekerjaan. Diperkirakan terdapat sekitar 1.500 peluang bagi fisikawan dan astronom setiap tahunnya selama satu dekade. Banyak dari lowongan pekerjaan tersebut diperkirakan disebabkan oleh kebutuhan untuk mengganti pekerja yang berpindah ke pekerjaan lain atau keluar dari angkatan kerja, seperti pensiun.

Indeed mencantumkan 10 pekerjaan astronomi populer dengan gaji yang tinggi, yaitu : 

  • Penulis Teknis Senior

  • Profesor Perguruan Tinggi

  • Ilmuwan Peneliti

  • Direktur Planetarium

  • Meteorolog

  • Klimatolog

  • Insinyur Aeronautika

  • Astronom

  • Astrofisikawan

  • Fisikawan

6. Ilmu Filsafat

Jurusan kuliah yang sedikit peminat tapi peluang kerja besar selanjutnya adalah Ilmu Filsafat. Jurusan Ilmu Filsafat adalah bidang studi yang berfokus pada pemahaman mendalam tentang pertanyaan-pertanyaan mendasar tentang kehidupan, pengetahuan, realitas, nilai, etika, dan pemikiran manusia. Mahasiswa yang memilih jurusan ini akan mempelajari sejarah, teori, dan metodologi filsafat untuk mengembangkan pemahaman kritis dan analitis terhadap isu-isu filosofis.

Karena jurusan ini dianggap sulit dan terlalu mempelajari hal-hal kecil, menjadikan Jurusan Ilmu Filsafat mempunyai peminat yang sedikit. Padahal, lulusan jurusan Ilmu Filsafat memiliki berbagai peluang karir di berbagai bidang. Mereka dapat bekerja sebagai dosen atau pengajar filsafat di perguruan tinggi atau sekolah menengah. Mereka juga dapat terlibat dalam penelitian, baik di lembaga akademik maupun lembaga penelitian pemerintah atau swasta. Selain itu, mereka dapat bekerja di bidang jurnalisme, penerbitan, konsultasi, pemikiran strategis, atau bidang-bidang lain yang membutuhkan pemahaman yang mendalam tentang pemikiran kritis dan analitis

Sedangkan menurut The Muse dan Indeed, berikut adalah beberapa jabatan dan prospek kerja yang dapat dipertimbangkan oleh jurusan Ilmu Filsafat :

  • Pengacara

  • Analis sistem

  • Pejabat Urusan Kebudayaan

  • Penulis teknis

  • Pengkritik

  • Analis Kebijakan

  • Manajer Pemasaran

  • Reporter

  • Psikolog

  • Konsultan manajemen

  • Analis Bisnis

  • Pendeta

  • Pegawai Negeri Sipil

  • Manajer Pelayanan Kesehatan

  • Petugas Sumber Daya Manusia

  • Pejabat Pemerintah Daerah

  • Jurnalis Surat Kabar

  • Petugas Kebijakan

  • Psikoterapis

  • Guru Konseling

  • Paralegal

  • Konsultan pemasaran

  • Konsultan penelitian

  • Analis data

  • Profesor

Menurut Bureau of Labor Statistics, lapangan kerja di jurusan Filsafat dan agama diproyeksikan tumbuh 5% dari tahun 2022 hingga 2032, lebih cepat dari rata-rata semua pekerjaan. Selain itu, menurut The Muse, jurusan Filsafat membawa keterampilan yang dapat ditransfer seperti kemampuan beradaptasi, inovasi, dan pemikiran kritis ke pasar kerja, yang dapat diterapkan pada berbagai karier.

7. Ilmu Perpustakaan

Jurusan Ilmu Perpustakaan adalah bidang studi yang berfokus pada pengembangan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk mengelola, menyusun, melestarikan, dan memberikan akses kepada berbagai jenis informasi yang terdapat dalam koleksi perpustakaan dan sumber daya informasi lainnya. Mahasiswa yang memilih jurusan ini akan mempelajari teori, praktik, dan perkembangan terkini dalam bidang ilmu perpustakaan dan informasi.

Salah satu fokus utama dalam jurusan Ilmu Perpustakaan adalah pemahaman tentang prinsip dan metode pengorganisasian koleksi perpustakaan. Mahasiswa akan mempelajari tentang katalogisasi, klasifikasi, indeksasi, dan metadata untuk memastikan akses yang efisien dan efektif terhadap informasi yang disimpan dalam perpustakaan. Mereka akan belajar tentang standar dan teknologi terkini dalam manajemen koleksi perpustakaan, termasuk penggunaan sistem manajemen perpustakaan (library management system) dan basis data bibliografi.

Jurusan Ilmu Perpustakaan mungkin masih asing bagi sebagian orang. Walaupun, jurusan ini jarang diminati tapi peluang kerjanya besar,lho! Lulusan jurusan Ilmu Perpustakaan memiliki berbagai peluang karir di berbagai jenis perpustakaan dan lembaga informasi. Mereka dapat bekerja sebagai pustakawan di perpustakaan umum, perpustakaan akademik, perpustakaan sekolah, perpustakaan khusus, dan lembaga-lembaga informasi lainnya. Mereka juga dapat terlibat dalam manajemen koleksi, pengembangan layanan, literasi informasi, pengembangan kebijakan informasi, atau sebagai konsultan informasi. Selain itu, mereka dapat bekerja di bidang perancangan dan pengembangan sistem informasi perpustakaan, pengembangan basis data, penelitian informasi, atau sebagai penulis dan penyunting dalam bidang informasi.

Berikut adalah beberapa peluang kerja yang dapat dipertimbangkan oleh jurusan Ilmu Perpustakaan, menurut Indeed:

  • Pustakawan

  • Asisten Perpustakaan

  • Asisten dosen

  • Pembantu Perpustakaan

  • Petugas Perpustakaan

  • Pengindeks

  • Kurator Data

  • Pustakawan Perusahaan atau Bisnis

  • Pendidik

  • Konsultan Layanan Perpustakaan

  • Arsiparis

Selain itu, Indeed juga mencantumkan 2.566 pekerjaan Ilmu Perpustakaan yang tersedia, termasuk Pustakawan, Guru, dan Asisten Perpustakaan. Menurut Indeed, gelar Master di bidang Ilmu Perpustakaan dapat mengarah pada karir seperti Pustakawan, Pengarsip, dan Spesialis Informasi. Menurut data dari Bureau of Labor Statistics bahwa peluang kerja di bidang ini akan tumbuh sebesar 7% dalam 10 tahun ke depan, sedikit lebih cepat dari rata-rata.

Inilah Faktor dalam Memilih Jurusan Kuliah

Pemilihan Jurusan dan Universitas menjadi salah satu langkah penting untuk mereka yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya. Menurut bestcollages, salah satu faktor dalam memilih jurusan yaitu dengan mengenali minat, bakat, atau ketertarikan diri sendiri. Selain itu, ada juga faktor-faktor lain dalam memilih jurusan kuliah, antara lain :  

  1. Mempertimbangkan status akreditasi jurusan dan universitas

  2. Meminta pendapat dari orang terdekat dan mencari informasi sebanyak-banyaknya

  3. Ketersediaan dan peluang jurusan dan universitas

  4. Peluang dan prospek kerja setelah memilih jurusan tersebut

Semua faktor tersebut bisa disesuaikan dengan keadaan yang Anda punya. Jangan sampai Anda memilih jurusan hanya karena populer atau hanya karena ikut-ikutan teman sekolah saja. Ada banyak faktor yang bisa Anda pertimbangkan sebelum memilih jurusan yang akan membawa Anda melewati fase pendidikan selanjutnya. 

Jurusan Apa yang Gampang Cari Kerja?

Memilih jurusan yang tepat di perguruan tinggi sangat penting, terutama jika mempertimbangkan peluang kerja setelah lulus nanti. Banyak faktor yang mempengaruhi kesulitan dalam mendapatkan pekerjaan, salah satunya jurusan yang dipilih. Untuk itu, pilihlah jurusan yang menjanjikan untuk masa depan dan gampang saat mencari pekerjaan. Selain jurusan dengan peminat sedikit seperti yang kami sebutkan diatas, berikut ini daftar jurusan yang cukup gampang mendapatkan pekerjaan setelah lulus: 

Jurusan-jurusan yang disebutkan diatas memiliki peluang kerja yang baik serta potensi gaji yang besar di industri saat ini.

Apakah Melamar Kerja Harus Sesuai Jurusan?

Melamar pekerjaan tidak harus sesuai dengan jurusan. Menurut Europe Language Jobs, melamar pekerjaan di luar jurusannya bukanlah masalah. Meski begitu, ada alasan-alasan tertentu yang bisa diterima jika seseorang bekerja di bidang yang berbeda dengan jurusannya.

Ada beberapa alasan mengapa perusahaan menerima untuk bekerja walaupun tidak sesuai dengan jurusan yang diampunya, antara lain : 

  • Memiliki pengalaman kerja terkait meski tidak sejurusan

  • Kemampuan menguasai kompetensi yang dibutuhkan di pekerjaan tersebut

  • Ketertarikan dan motivasi kuat untuk belajar di bidang baru

  • Pelatihan atau sertifikasi terkait untuk memperkuat kualifikasi

Jadi, walaupun pekerjaan yang kamu pilih tidak sesuai jurusan, kamu perlu mempelajari detail deskripsi pekerjaan dan syarat kompetensi yang dibutuhkan agar mampu bersaing. Jika diterima di pekerjaan tersebut, kamu juga harus siap untuk terus belajar dan beradaptasi dengan cepat.

Nah itulah informasi jurusan yang sedikit peminat tapi peluang kerja besar. Untuk mengetahui tips dan trik serta artikel lainnya tentang memilih jurusan, lolos ke kampus impian hingga universitas terbaik, hingga cara berkuliah di Luar Negeri Anda bisa mencari informasinya di blog Asia e University Indonesia sekarang juga!

 

Alamat

1. Felfest UI,  Daksa Room, Jl. Prof. Dr. Miriam Budiardjo, Kampus UI, Srengseng Sawah, Jakarta Selatan, Indonesia

2.  Gedung INBIS, Jalan Veteran No.16
Universitas Brawijaya, Kota Malang, Jawa Timur, Indonesia

Jam KErja

Senin- Jumat ( 08.00-17.00 WIB )

KOntak

Phone: +62 811-1632-299
Email: cbn.idn@aeu.edu.my

Yayasan CITRA BUNGA NUSANTARA