Top 10 Job Portal di Malaysia Untuk Foreigner, Yuk Cobain!

Top 10 Job Portal di Malaysia Untuk Foreigner, Yuk Cobain!

Malaysia adalah salah satu negara di Asia Tenggara yang menjadi pilihan bagi para pencari kerja yang ingin membuka jalan karirnya untuk bekerja di luar negeri. Terutama untuk mereka yang tinggal di negara serumpun seperti Indonesia, Thailand, dan negara-negara Asia lainnya. 

Dalam mencari peluang pekerjaan di Malaysia, job portal menjadi salah satu sumber informasi yang bisa dimanfaatkan oleh para pencari kerja. Sebagai negara dengan pendapatan ekonomi yang cukup baik di Asia, negara ini memiliki beberapa sektor industri yang cukup berkembang. Perusahaan-perusahaan internasional juga memilih Malaysia untuk membuka pasar internasionalnya dengan membuka beberapa lowongan pekerjaan untuk para orang asing melalui job-job portal. Dengan job portal, anda dapat mencari puluhan hingga ratusan lowongan pekerjaan loh!

Apa itu Job Portal?

Job portal merupakan sebuah istilah yang cukup populer digunakan untuk merujuk kumpulan-kumpulan lowongan pekerjaan yang tersedia melalui sebuah website atau platform. Job portal dapat diakses oleh siapa pun dalam mengakses lowongan pekerjaan secara online dengan syarat terhubung dengan koneksi internet. 

Dengan adanya job portal ini, para pencari pekerjaan akan terhubung dengan perusahaan-perusahaan yang sedang membuka kesempatan terbaru oleh para perekrut. Biasanya, para jobseeker harus sudah terdaftar dan memiliki akun untuk membuat profil yang sesuai dengan pengalaman serta mencari pekerjaan yang sedang membuka kesempatan.

Fitur-fitur yang biasa ada di job portal dan dapat membantu para jobseeker, yaitu:

  1. Pencarian Pekerjaan
  2. Lowongan Pekerjaan Terpersonalisasi
  3. Fitur Pembuat CV atau Resume
  4. Filter Pekerjaan, Lokasi Perusahaan, hingga Jenis Pekerjaan

10 Daftar Job Portal Terbaik di Malaysia yang Terpercaya, Wajib Coba!

Yuk simak daftar job portal terbaik di Malaysia yang terpercaya dan mudah digunakan, simak hingga tuntas dibawah ini ya : 

1. Linkedin

Linkedin adalah salah satu job portal dengan jaringan professional online terbesar di seluruh dunia. Linkedin biasanya digunakan oleh para pencari kerja, perekrut, mahasiswa maupun para profesional untuk menemukan lowongan-lowongan magang, lowongan pekerjaan, terhubung dengan jaringan dan memperkuat hubungan secara profesional.

Ada beberapa fitur yang bisa dimanfaatkan dan digunakan seperti membuat profil secara profesional dan unik mulai dari pendidikan, keahlian, dan pengalaman bekerja. 

Sebagai job portal terbaik yang ada, Anda dapat membuka kesempatan untuk mencari pekerjaan dan menjadi foreigner di Malaysia untuk pengalaman baru.

2. GrabJobs

Grab Jobs adalah salah satu situs pencari pekerjaan yang cukup populer di beberapa negara seperti Indonesia dan Malaysia yang sudah bekerjasama dengan ribuan perusahaan. Di GrabJobs, Anda tidak memerlukan CV untuk melamar pekerjaan dan bisa hanya memerlukan waktu kurang dari satu menit untuk melamar suatu pekerjaan.

Tidak hanya sebagai situs pencari pekerjaan, GrabJobs juga memiliki keunggulan tentang tips-tips mencari pekerjaan, pengembangan karir di berbagai industri, dan kelas kursus yang bisa diakses secara gratis.

Baca Juga : Biaya Hidup Mahasiswa di Malaysia yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Kuliah

3. Maukerja

MauKerja menjadi salah satu situs baru untuk mencari lowongan pekerjaan yang cukup update di Malaysia yang bisa diakses dari smartphone. Di MauKerja, Anda bisa mencari berbagai lowongan pekerjaan mulai dari lowongan di pemerintahan hingga lowongan pekerjaan di sektor privat. 

Di situs maukerja.my, Anda bisa melihat lowongan pekerjaan, profil perusahaan hingga gaji pasaran dari lowongan pekerjaan tersebut. Anda hanya cukup mendaftar dan memulai cv untuk mencari pekerjaan yang sesuai.

4. Hiredly

Job portal selanjutnya yang cukup populer di Malaysia adalah Hiredly. Dengan hybrid recruitment, Hiredly menjadi salah satu cara untuk mencari kesempatan baru di Malaysia dengan informasi lowongan pekerjaan dari level junior ke mid-management talent. 

Hiredly memiliki beberapa keunggulan seperti filter pekerjaan, lokasi, gaji pekerjaan, tingkat pengalaman, dan tipe pekerjaan yang lengkap mulai dari job description hingga pekerjaan sejenis yang ada di Malaysia dengan versi website maupun versi mobile-nya.

5. Jobstreet

Tidak hanya populer di beberapa negara, Jobstreet menjadi job portal yang juga cukup populer untuk kalangan jobseeker di Malaysia. Sebagai salah satu online employment marketplace di Asia, Jobstreet sudah digunakan oleh banyak jobseeker sejak awal kemunculannya pada tahun 1997.

Puluhan ribu lowongan pekerjaan terbaru di Malaysia bisa Anda temukan sesuai dengan pengalaman, pendidikan, dan posisi yang dibutuhkan. Kesempatan kerja yang ada di Jobstreet juga terus diupdate setiap jamnya untuk para jobseeker.

6. Recruit.net

Telah tersedia di lebih dari 35 negara, Recruit.net juga menjadi salah satu job portal di Malaysia bagi para jobseeker. Untuk para foreigner, Recruit.net bisa menjadi salah satu cara untuk memulai karier di Malaysia dan mencari lowongan pekerjaan di sana.

Dengan Recruit.net, Anda bisa mencari lowongan untuk customer service, drivers, data entry, accounting, mechanical engineering, marketing dan bidang pekerjaan lainnya.

Di Recruit.net juga Anda bisa mencari dan menemukan pekerjaan remote loh

7. Glassdoor

Anda sedang mencari pekerjaan baru di Malaysia? Coba saja untuk mendaftar Glassdoor dan bertemu dengan lebih dari puluhan ribu job vacancies di Malaysia. Anda bisa mencari lowongan pekerjaan dari beberapa perusahaan yang ternama di sana dengan menggunakan fitur filter job, job title, salary, company dan masih banyak lagi.

Anda juga bisa melihat rating dan review dari perusahaan yang sedang dicari untuk menghindari penipuan lowongan pekerjaan yang kerap ditemui. 

Salah satu fitur yang menjadi unggulan dari Glassdoor adalah fitur “Ready to Work” di Malaysia untuk menghubungkan dan membantu Anda menemukan recruiter dari perusahaan Malaysia yang sedang membutuhkan karyawan baru.

8. Mudah Jobs

Jika Anda mencari job portal yang membuka kesempatan untuk pekerjaan full time, parttime, kontrak, freelance, ataupun magang, Mudah Jobs adalah tempatnya.  Melalui situs Mudah.my para pekerja dapat mencari perusahaan yang sedang membuka kesempatan baru dan dibutuhkan segera dengan tag ‘urgent’ dan jobseeker dapat mengamankan informasi tersebut dengan segera. 

Fitur lainnya yang dimiliki job portal ini adalah filter untuk mencari pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki oleh para pencari kerja.

9. Indeed Malaysia

Indeed Malaysia adalah platform pencarian kerja yang cukup populer di kalangan perekrut Malaysia untuk mencari talenta terbaik di bidangnya sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Indeed memiliki database yang cukup luas dan jumlah pengguna aktif yang cukup besar. 

Job portal yang bisa digunakan oleh para jobseeker dan recruiter ini memiliki fitur pencarian berdasarkan kata kunci dengan pemfilteran berbasis lokasi yang memudahkan keduanya dalam mempersempit informasi yang dicari. 

10. Foundit

Foundit yang sebelumnya namanya Monster adalah platform untuk mencari kerja bagi lulusan baru maupun yang berpengalaman. 

Terdapat banyak sekali lowongan pekerjaan yang dibuka dari platform Foundit ini. Mulai dari bidang IT, Sales, Banking, Part Time hingga Full Time.  

Tips Mudah Mendapatkan Pekerjaan Melalui Job Portal

Setelah menemukan job portal yang tepat untuk berkarir di Malaysia, Anda bisa melakukannya dengan mencari tips dan bagaimana mendapatkan pekerjaan melalui Job Portal di Malaysia. Yuk simak tipsnya!

  1. Membuat CV (Curriculum Vitae) yang menarik dan ATS friendly.
  2. Menggunakan kata kunci yang tepat.
  3. Kirim lamaran sesuai bidang dan syarat.
  4. Update skill dan selalu perbarui profil.
  5. Sering mengikuti kursus gratis dan berbayar untuk menambah skill.
  6. Kirim lamaran pada jam bekerja.

Untuk menjadi Foreigner, Anda dapat mempersiapkannya dari sekarang dengan menggunakan job portal yang terpercaya dan sudah digunakan oleh banyak orang maupun perusahaan. Jika Anda sedang mencari kesempatan untuk berkuliah atau bekerja di Malaysia, Anda dapat mendaftar kuliah di Asia e University Indonesia untuk masa depan yang lebih baik.

Alamat

1. Felfest UI,  Daksa Room, Jl. Prof. Dr. Miriam Budiardjo, Kampus UI, Srengseng Sawah, Jakarta Selatan, Indonesia

2.  Gedung INBIS, Jalan Veteran No.16
Universitas Brawijaya, Kota Malang, Jawa Timur, Indonesia

Jam KErja

Senin- Jumat ( 08.00-17.00 WIB )

KOntak

Phone: +62 811-1632-299
Email: cbn.idn@aeu.edu.my

Yayasan CITRA BUNGA NUSANTARA