Jalan Menuju Perguruan Tinggi Negeri!

Berkuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) merupakan impian banyak siswa dan masih menjadi pilihan utama bagi siswa-siswi di Indonesia. Berdasarkan data Tim SNPMB (Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru), pada Februari 2024 sudah ada 3.485.589 [1] siswa yang telah memiliki akun untuk mengikuti berbagai jalur penerimaan masuk Perguruan Tinggi Negeri tingkat nasional. Selain mengejar pendidikan tinggi yang berkualitas pada perguruan tinggi terkait, masuk PTN juga merupakan sebuah prestise yang bisa ’mendongkrak’ status sosial di masyarakat Indonesia hingga di mata para perusahaan.

Lalu, ditengah himpitan persaingan yang ketat. Gimana sih, kiat-kiat siswa agar lolos masuk PTN lewat berbagai jalur yang dibuka oleh pemerintah? Simak yuk, cara-caranya!

1. Mencari Informasi Perguruan Tinggi Negeri dan Program Studi (Jurusan)

Terdapat dua tipe siswa yaitu, Siswa yang mementingkan perguruan tinggi negeri (yang penting PTN coi!) dan siswa yang mementingkan jurusan atau program studi (pokoknya kedokteran, titik). Riset PTN dan program studi sangat penting dilakukan untuk disesuaikan dengan minat, kebutuhan dan pembiayaan nantinya.

Selain itu, siswa juga perlu riset mengenai minat siswa di tahun ajaran sebelumnya hingga riset mengenai kuota penerimaan pada setiap PTN untuk program studi yang dituju. Hal tersebut penting karena ada beberapa program studi di beberapa PTN yang memiliki persaingan ketat, sedangkan di PTN lainnya tidak. Misalnya, pada SNBP 2024, Ilmu Komunikasi UNJ memiliki tingkat persaingan mencapai 1.17% (1.713 siswa pendaftar, namun hanya 20 siswa yang diterima)[2], maka disarankan siswa mencari PTN lain yang se-jurusan dengan tingkat persaingan yang tidak terlalu tinggi seperti pada kasus Ilmu Komunikasi UNJ tersebut di atas. Oleh karena itu, betapa pentingnya riset sebelum mengambil keputusan yang penting.

Konsultasikan dengan guru bimbingan konseling, program studi apa dan PTN mana yang ingin kamu tuju. Karena guru BK paling mengerti atas permasalahan seperti ini. Jangan lupa, konsultasi dan komunikasikan juga dengan orang tua, jangan sampai kedua orang tua justru tidak mengerti apa yang sebenarnya kita inginkan sehingga tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

2. Mempersiapkan Diri Dalam Lingkup Akademis

Jika kamu masih di kelas X, Selamat! Waktu kamu masih banyak untuk mempersiapkan dengan matang nilai-nilai akademik mu. Belajar lebih giat lagi untuk mendapat nilai tinggi dan terus tingkatkan nilai di setiap semesternya. Aktif dalam ekstrakulikuler dan menangkan berbagai kejuaran, supaya bisa kamu jadikan bekal untuk lolos jalur prestasi (SNBP).

Dan, bagi Kamu yang sudah di kelas XII, tak perlu khawatir. Kamu masih bisa lolos lewat jalur test (SNBT & Mandiri). Dengan banyak berlatih mengerjakan contoh-contoh soal dan mempelajari karakteristik setiap soal. Namun, jika kamu merasa sulit belajar mandiri untuk mempelajari soal-soal latihan, kamu juga bisa berdiskusi dengan teman sejawat, guru maupun orang tua atau mengikuti bimbingan belajar. Kemudian, hal yang tidak kalah penting ialah memastikan jadwal test (SNBT & Mandiri) sudah benar dan sesuai, jangan sampai kesalahan minor seperti salah jadwal atau salah tempat membuat kamu gugur dan tak bisa meraih perguruan tinggi negeri yang kamu impi-impikan.

3. Persiapkan Diri, Percaya Diri dan Terus Berdoa

Persiapan diri tidak hanya berfokus kepada akademik, namun terdapat cakupan yang jauh lebih penting dari pada mengutamakan akademik, yaitu menjaga kesehatan baik secara fisik maupun mental. Penulis tidak bisa membayangkan betapa kecewanya jika sudah mempersiapkan diri dengan sangat baik untuk akademis namun lalai terhadap kesehatan. Maka dari itu, istirahatlah yang cukup, makan makanan sehat, bergizi seimbang, hindari merokok dan minuman beralkohol, serta hindari stres dan overthinking berlebihan supaya kamu mudah fokus saat belajar dan lancar saat melakukan ujian nanti.

Lalu, jangan lupakan faktor yang sering di abaikan, yaitu menjaga kepercayaan diri ketika menghadapi ujian. Jangan pernah percaya yang katanya ‘menjual kunci jawaban 100% pasti lulus SNBT atau ujian mandiri PTN’. Percaya pada kemampuan sendiri saja. Dengan begitu, usaha dan perjuangan yang kamu lakukan tidak akan sia-sia, karena banyak waktu, tenaga, pikiran, dan lainnya yang sudah kamu keluarkan. Dengan percaya pada kemampuan sendiri maka akan lebih tenang dalam mengerjakan soal di ruang ujian. Jangan lupa selalu berdoa meminta kemudahan kepada Sang Pencipta serta meminta doa restu kepada guru dan orang tua. Bagaimana pun, faktor doa ini juga bisa memengaruhi kepercayaan diri kamu saat akan menghadapi ujian yang akan datang.

4. Percaya Akan Takdir Tuhan

Alkisah ada satu video yang beredar di internet. Di video tersebut ada seorang lelaki yang kesal nan gusar karena di tempat ia berdiri, banyak semut menaiki kakinya yang membuat kakinya gatal akibat di gigit semut, dari gerak-geriknya terlihat bahwa ia sedikit kesal karena terpaksa harus pindah lokasi berdiri. Namun, tidak disangka beberapa detik kemudian tiba-tiba ada mobil datang dan menghantam tempat dimana pria tadi berdiri yang mengakibatkan mobil itu terguling.

Rekan, boleh saja kita gagal dan kecewa terhadap diri sendiri karena kita gagal dalam ujian yang akan mengantarkan kita ke PTN favorit kita, namun percayalah bahwa tuhan punya rencana yang jauh lebih baik dan lebih indah. Sebuah kalimat indah mengatakan “Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu”. Kita mengerti level keimanan kita kepada Tuhan mungkin belum bisa menyamai level para hambanya yang jauh lebih beriman daripada kita, namun yang perlu kita sadari bahwa semestinya jika doa kita tidak dikabulkan, maka seharusnya kita harus jauh lebih bersyukur karena justru Tuhan punya rencana yang jauh lebih baik dan indah daripada apa yang kita rencanakan sendiri. Mari terus berprasangka baik pada Tuhan supaya diri ini dapat ikhlas dan menerima segala ketetapannya demi menjadi manusia yang madani.

 

Nah, sampai sini bagaimana?! Pasti sudah ada rencana selanjutnya kan? Eits, tapi tunggu dulu. Masih ada satu lagi nih jalan menuju PTN yang harus kamu tahu dan tidak boleh kamu lewatkan! Tidak hanya bisa masuk Peguruan Tinggi Negeri favorit nasional yang akan kamu dapatkan. Tapi, kamu juga bisa mendapat dua gelar sekaligus dalam satu waktu (gelar dalam negeri dan gelar internasional).

Apa sih itu? Ini adalah Program Double Degree yang ada di Asia e University Indonesia yang bekerja sama dengan Fakultas Vokasi  Universitas Brawijaya. Kamu akan berkuliah selama 3 tahun di Indonesia dan 1 tahun terakhir di Malaysia dengan program magang di dalam dan luar negeri. Menarik, kan! Jalur apa sih itu? Gimana cara daftarnya?

Untuk informasi lebih lanjut kamu dapat mengunjungi website dibawah ini ya :
– vokasi.ub.ac.id
– ⁠selma.ub.ac.id
– ⁠aeucbn.id

Segera daftarkan diri Kamu dan pilih program studi yang sesuai dengan minat Kamu. Dapatkan pendidikan lebih tinggi, peluang menjadi mahasiswa Universitas Brawijaya dan terbang ke Malaysia.

Alamat

1. Felfest UI,  Daksa Room, Jl. Prof. Dr. Miriam Budiardjo, Kampus UI, Srengseng Sawah, Jakarta Selatan, Indonesia

2.  Gedung INBIS, Jalan Veteran No.16
Universitas Brawijaya, Kota Malang, Jawa Timur, Indonesia

Jam KErja

Senin- Jumat ( 08.00-17.00 WIB )

KOntak

Phone: +62 811-1632-299
Email: cbn.idn@aeu.edu.my

Yayasan CITRA BUNGA NUSANTARA