30+ Istilah dalam Perkuliahan, Mahasiswa Baru Wajib tahu

30+ Istilah dalam Perkuliahan, Mahasiswa Baru Wajib tahu

Pada awal tahun ajaran baru, para mahasiswa baru akan memasuki dunia perkuliahan yang tentunya berbeda dengan jenjang pendidikan sebelumnya. Bukan hanya bertemu dengan teman-teman baru, para maba akan menemui berbagai istilah dalam perkuliahan yang cukup asing di telinga.

Mengetahui berbagai istilah di dunia kampus ini tentu sangat penting agar Anda terhindar dari kekeliruan dan dapat memahami proses perkuliahan. Untuk itu, pada artikel ini akan dibahas secara lengkap ragam istilah dalam perkuliahan yang pastinya akan membantu Anda dalam menapaki hari baru di kampus. Apa saja? Mari kita tengok!

1. SKS (Satuan Kredit Semester)

SKS merupakan akronim dari Satuan Kredit Semester yang merupakan beban studi per mata kuliah. Sederhananya SKS menggambarkan durasi belajar. Contohnya, mata kuliah dengan 2 SKS artinya Anda akan mempelajari mata kuliah tersebut 2 jam dalam seminggu.

2. Mata Kuliah

Mata kuliah merupakan satuan pelajaran untuk Anda para mahasiswa di universitas atau perguruan tinggi. Pada dasarnya mata kuliah ini hampir sama dengan mata pelajaran tetapi ini diperuntukan bagi mahasiswa.

3. IPK (Indeks Prestasi Kumulatif)

Indeks Prestasi Kumulatif atau IPK merupakan hasil penggabungan dari keseluruhan nilai sejak semester awal hingga semester akhir. Bisa dikatakan ini merupakan rata-rata nilai Anda selama kuliah.

4. Cumlaude

Cumlaude merupakan suatu gelar kehormatan yang diberikan pada mahasiswa yang berhasil lulus dengan IPK 3,50-4,00. Cumlaude terdiri dari 3 jenis yakni 3,50-3,70 disebut Cumlaude, 3,80-3,90 disebut Magna Cumlaude, dan 3,90-4,00 Summa Cumlaude.

5. Dekan

Di perguruan tinggi Anda akan menemui dosen dengan tugas khusus yakni mengajar dan juga mengepalai fakultas. Nah, dosen inilah yang disebut sebagai dekan.

6. Rektor

Rektor merupakan seorang pemimpin tertinggi di sebuah universitas atau institut yang memiliki masa jabatan selama 4 tahun. Tugas rektor adalah mengatur berbagai kegiatan di perguruan tinggi seperti penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran.

7. Maba

Maba adalah singkatan dari mahasiswa baru, yakni para mahasiswa yang baru saja memasuki dunia perkuliahan. Gelar ini biasanya disandang oleh para mahasiswa di tahun pertama kuliah.

8. Dosen Pembimbing Akademik

Dosen Pembimbing Akademik atau sering disebut PA merupakan dosen yang tugasnya mendampingi dan memberikan konsultasi akademis pada mahasiswa. PA akan membantu Anda dalam menyusun rencana studi, memilih mata kuliah, dan banyak lagi.

9. Fakultas

Fakultas merupakan unsur pelaksana akademik di bidang pendidikan, penelitian, serta pengabdian masyarakat dalam satu cabang ilmu pengetahuan. Dekan adalah seseorang yang bertugas memimpin fakultas.

10. Program Studi

Program studi merupakan istilah untuk kesatuan rencana belajar yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pendidikan akademik. Kegiatan pendidikan akademik ini nantinya dilaksanakan sesuai kurikulum.

Baca Juga : 10 Jurusan Kuliah yang Paling Menjanjikan di Masa Depan

11. KRS (Kartu Rencana Studi)

Kartu Rencana Studi atau KRS merupakan kartu yang berisi SKS yang sudah diprogram oleh mahasiswa untuk perkuliahan semester mendatang. KRS biasanya diisi oleh mahasiswa dengan bimbingan PA.

12. KHS (Kartu Hasil Studi)

Kartu Hasil Studi atau KHS merupakan kartu yang berisi hasil belajar mahasiswa setiap semester. Di sini Anda bisa melihat hasil belajar Anda secara menyeluruh dalam 1 semester.

13. KTM (Kartu Tanda Mahasiswa)

Kartu Tanda Mahasiswa atau KTM merupakan kartu identitas yang berguna untuk menunjukkan bahwa Anda merupakan mahasiswa suatu perguruan tinggi. 

14. KKN (Kuliah Kerja Nyata)

Kuliah Kerja Nyata atau KKN merupakan kegiatan kurikuler yang dilaksanakan oleh mahasiswa di luar kampus atau lingkungan masyarakat.

15. Semester Pendek

Semester pendek atau semester antara merupakan program semester yang dilaksanakan sekali dalam setahun. Semester terjadi pada masa pergantian semester genap ke semester ganjil.

16. Cuti Semester

Cuti semester atau cuti akademik merupakan izin yang diberikan kepada mahasiswa untuk tidak mengikuti perkuliahan karena alasan tertentu. Selama masa studi, mahasiswa boleh mengambil cuti semester 2 kali.

17. Mata Kuliah Pilihan

Mata kuliah pilihan berasal dari kelompok Mata Kuliah Keahlian atau MKK. Tujuan diadakannya mata kuliah pilihan adalah untuk melengkapi keahlian program studi mahasiswa.

18. Mata Kuliah Umum

Mata kuliah umum atau MKU merupakan istilah dalam perkuliahan untuk sekelompok bahan kajian dan pelajaran dalam suatu kurikulum program sarjana. 

19. Mata Kuliah Wajib

Mata kuliah wajib merupakan mata kuliah yang wajib diikuti oleh setiap mahasiswa perguruan tinggi. MKU diharapkan bisa membentuk kepribadian dan sikap mahasiswa supaya siap memasuki kehidupan bermasyarakat.

20. UKT (Uang Kuliah Tahunan)

Uang Kuliah Tahunan atau UKT merupakan besaran biaya yang harus Anda bayarkan di perguruan tinggi setiap semester.

21. Skripsi

Skripsi merupakan sebuah penelitian yang dibuat oleh mahasiswa sebagai syarat kelulusan program S1. Skripsi biasanya berisi uraian fenomena yang berkaitan dengan teori yang dipelajari mahasiswa selama kuliah.

22. Ujian Pendadaran

Ujian pendadaran adalah ujian paripurna yang wajib diikuti mahasiswa setelah melakukan penelitian dan pencarian literatur ilmiah.

23. Sempro (Seminar Proposal)

Seminar proposal atau sempro merupakan kegiatan presentasi yang dilakukan mahasiswa sebelum lanjut mengerjakan skripsi. Sempro umumnya berisi bab 1, 2, dan 3 dari penelitian mahasiswa.

24. PDDIKTI

Istilah dalam perkuliahan ini mungkin akan sering Anda dengar, PDDIKTI yakni kumpulan data pendidikan tinggi di seluruh indonesia. Kumpulan data ini dikelola oleh Dirjen Dikti, di dalamnya terdapat profil perguruan tinggi secara lengkap. Anda dapat mengaksesnya melalui laman resminya di https://pddikti.ristekdikti.go.id. 

25. Hima (Himpunan Mahasiswa)

Himpunan Mahasiswa merupakan suatu organisasi kemahasiswaan yang berada di tingkat jurusan suatu perguruan tinggi.

26. BEM

Badan Eksekutif Mahasiswa atau BEM merupakan organisasi internal kampus yang menjadi lembaga eksekutif di perguruan tinggi. BEM sendiri dibedakan menjadi 2 yakni BEM Fakultas dan BEM Universitas.

27. DPM/BPM/MPM/DEMA

DPM adalah Dewan Perwakilan Mahasiswa, BPM merupakan Badan Perwakilan Mahasiswa, dan MPM yakni Majelis Permusyawaratan Mahasiswa. Sedangkan yang terakhir DEMA merupakan Dewan Mahasiswa. 

Setiap perguruan tinggi memiliki nama yang berbeda tetapi tugasnya tetap sama, yakni mengevaluasi, dan menyesuaikan peraturan-peraturan kemahasiswaan. Peraturan inilah yang nantinya menjadi landasan BEM dan organisasi lain untuk melaksanakan kegiatan.

28. OSPEK

OSPEK atau saat ini dikenal sebagai PKKMB merupakan proses pengenalan kehidupan dan lingkungan kampus bagi mahasiswa baru. Kegiatan ini biasanya berlangsung selama 2-5 hari.

29. GAP Year

GAP Year artinya mengambil jeda untuk beristirahat sebelum memulai kuliah. Misalnya setelah lulus SMA Anda memutuskan untuk jeda satu tahun dan tidak langsung melanjutkan kuliah.

30. NIM

Nomor Induk Mahasiswa atau NIM merupakan nomor yang digunakan untuk keperluan login sistem akademik kampus. 

31. Wisuda

Wisuda merupakan kegiatan berupa upacara pelantikan bagi para mahasiswa untuk menjadi Ahli Madya, Sarjana, Master, maupun Profesor.

32. E-Learning

Selama masa kuliah online tentu Anda tidak asing dengan istilah yang satu ini. E-Learning merupakan media elektronik yang digunakan dalam kegiatan akademik.

33. Kating

Istilah selanjutnya yang pasti juga sering dijumpai di perkuliahan adalah kating atau kakak tingkat. Kating sendiri merupakan sebutan bagi senior yang ada di perguruan tinggi.

34. Academic Facilitator

Academic Facilitator adalah sebutan untuk dosen di Asia e University Indonesia , yang mengacu pada peran yang mereka jalankan dalam mendukung proses pembelajaran mahasiswa di lingkungan pembelajaran online, offline, maupun campuran. Sebagai fasilitator akademik, dosen bertanggung jawab untuk memfasilitasi interaksi dan pengajaran secara online maupun offline, serta memberikan bimbingan akademik kepada mahasiswa.

Tak dapat dipungkiri, terdapat banyak sekali istilah dalam perkuliahan yang akan ditemui oleh mahasiswa baru. Pastikan untuk memahaminya agar Anda tidak dilanda kebingungan saat memasuki perkuliahan di perguruan tinggi, karena ragam istilah di atas secara umum digunakan di semua perguruan tinggi termasuk Asia e University Indonesia.

Asia e University Indonesia sendiri merupakan perguruan tinggi yang perkuliahannya dilaksanakan secara online. Sehingga Anda bisa mengikuti perkuliahan dengan lebih fleksibel. Di sini Anda bisa mendapatkan gelar internasional dan memiliki peluang karir yang cemerlang untuk bekerja di berbagai perusahaan multinasional. 

Jadi, setelah mengetahui berbagai istilah dalam perkuliahan di atas, apakah Anda telah menentukan perguruan tinggi mana yang akan Anda pilih untuk melanjutkan pendidikan? Jika belum Asia e University Indonesia bisa menjadi pilihan terbaik!

 

Alamat

1. Felfest UI,  Daksa Room, Jl. Prof. Dr. Miriam Budiardjo, Kampus UI, Srengseng Sawah, Jakarta Selatan, Indonesia

2.  Gedung INBIS, Jalan Veteran No.16
Universitas Brawijaya, Kota Malang, Jawa Timur, Indonesia

Jam KErja

Senin- Jumat ( 08.00-17.00 WIB )

KOntak

Phone: +62 811-1632-299
Email: cbn.idn@aeu.edu.my

Yayasan CITRA BUNGA NUSANTARA