Hak dan Kewajiban Mahasiswa Menurut UU Dikti, Yuk Pahami!

Hak dan Kewajiban Mahasiswa Menurut UU Dikti, Yuk Pahami!

Sebagaimana yang diatur dalam peraturan perundang-undangan, mahasiswa merupakan peserta didik yang terdaftar dan belajar di perguruan tinggi tertentu mempunyai hak dan kewajiban. Mahasiswa dipersiapkan sedemikian rupa untuk menjadi salah satu ujung tombak dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Untuk dapat menjalankan peran penting tersebut, setiap individu harus memahami esensi hak dan kewajiban mahasiswa itu sendiri. Pemahaman mengenai hak dan kewajiban ini akan menjadi modal berharga bagi mahasiswa dalam mengarungi proses belajar di perguruan tinggi.

Oleh sebab itulah, artikel ini akan membahas secara detail mengenai hak dan kewajiban mahasiswa mulai dari definisi, jenis-jenisnya berdasarkan undang-undang, contoh pelaksanaannya, dan larangan serta sanksi yang menjadi konsekuensinya. Bagi Anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, wajib menyimak ulasan berikut hingga selesai!

Definisi Hak dan Kewajiban Mahasiswa

Sebelum membahas lebih jauh mengenai apa saja hak dan kewajiban mahasiswa, Anda perlu terlebih dahulu mengetahui pengertian atau definisi dari hak dan kewajiban itu sendiri. Hal ini penting mengingat keduanya memiliki konsekuensi masing-masing.

Definisi hak mahasiswa adalah seperangkat hak-hak yang diberikan kepada individu yang terdaftar sebagai mahasiswa di lembaga pendidikan tertentu, seperti universitas atau perguruan tinggi. Hak-hak ini dirancang untuk melindungi kebebasan, kesejahteraan, dan kepentingan mahasiswa dalam konteks pendidikan dan lingkungan kampus.

Sedangkan kewajiban mahasiswa adalah serangkaian tanggung jawab dan tugas yang harus dilakukan oleh individu yang terdaftar sebagai mahasiswa di lembaga pendidikan. Kewajiban-kewajiban ini bertujuan untuk memastikan bahwa mahasiswa memenuhi standar akademik, berperilaku etis, serta berkontribusi secara positif dalam lingkungan pendidikan.

Pembahasan mengenai hak dan kewajiban sendiri sebenarnya telah diatur secara tegas di dalam Pasal 27 dan Pasal 34 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945. Hak dan kewajiban tersebut berlaku dan dimiliki oleh tiap tiap warga negara.

Kemudian, sebagaimana dikutip oleh cnnindonesia.com dari website resmi Mahkamah Konstitusi, Prof. Dr. Notonagoro menyatakan bahwa yang dimaksud dengan hak adalah kuasa menerima ataupun melakukan suatu hal yang memang semestinya diterima atau dilakukan.

Sementara itu, sebagaimana dikutip dari laman kompas.com, yang dimaksud dengan kewajiban adalah suatu beban untuk memberikan suatu hal yang semestinya memang harus diberikan kepada pihak tertentu. Pengertian ini pun juga disampaikan oleh Prof. Dr. Notonagoro.

Hak Mahasiswa Menurut UU

Perlu diketahui bersama, berdasarkan ketentuan pasal 109 Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi, mahasiswa Indonesia memiliki beberapa hak sebagai berikut.

  • Bebas memanfaatkan fasilitas perguruan tinggi demi menunjang kelancaran proses menuntut ilmu
  • Berhak mendapatkan pelayanan kesejahteraan berdasarkan ketentuan peraturan yang berlaku
  • Mendapatkan pelayanan khusus apabila mengalami kondisi kecacatan
  • Mengikuti aktivitas organisasi kemahasiswaan
  • Pindah atau beralih ke perguruan tinggi lain bilamana semua persyaratan penerimaan mahasiswa baru bisa dipenuhi dan daya tampung masih tersedia
  • Dalam menyelesaikan tugas akhirnya/skripsi, mahasiswa berhak mendapat bimbingan dari dosen
  • Mendapatkan pengajaran yang berkualitas dan layanan akademik sesuai dengan kegemaran, minat, bakat, dan kemampuan
  • Melalui organisasi kemahasiswaan, mahasiswa berhak memanfaatkan sumberdaya perguruan tinggi
  • Dapat menyelesaikan proses belajar lebih awal apabila memenuhi persyaratan yang ditetapkan
  • Mendapatkan kebebasan akademik untuk mempelajari dan mengkaji bidang ilmu dengan tetap mengacu kepada norma yang berlaku di lingkungan akademik.

Namun, perlu diketahui bersama bahwa pelaksanaan semua hak mahasiswa tersebut harus diatur oleh pimpinan perguruan tinggi masing-masing. Hal ini juga diatur dalam pasal 109 Peraturan Pemerintah Nomor 60 tahun 1999.

Kewajiban Mahasiswa Menurut Undang-Undang

Selain memiliki hak, mahasiswa juga mengemban sejumlah kewajiban yang harus dilaksanakan. Sebagaimana yang diatur dalam Pasal 110 ayat 1, berikut ini ada beberapa kewajiban yang melekat pada diri seorang mahasiswa.

  • Menjunjung tinggi terhadap kebudayaan nasional
  • Memiliki sikap penghargaan terhadap kesenian, ilmu pengetahuan, dan atau teknologi
  • Mematuhi peraturan yang dibuat dan berlaku di perguruan tinggi
  • Menjaga nama baik dan kewibawaan perguruan tinggi
  • Ikut serta dalam menanggung biaya pendidikan, kecuali bagi mahasiswa yang dibebaskan dari kewajiban tersebut
  • Ikut serta memelihara kebersihan, sarana prasarana, ketertiban, dan keamanan

Sebagaimana pelaksanaan ketentuan pasal sebelumnya, dalam ayat 2 pun dijelaskan bahwa implementasi dari kewajiban tersebut di atas didasarkan pada peraturan yang dibuat oleh perguruan tinggi masing-masing.

Apa Saja Contoh Hak dan Kewajiban Mahasiswa?

Dalam hal pelaksanaan hak dan kewajiban mahasiswa, tiap perguruan tinggi mungkin saja membuat peraturan yang berbeda. Namun, semua perbedaan tersebut pada dasarnya tetap berdasarkan pada ketentuan pasal 109 dan 110 Peraturan Pemerintah Nomor 60 tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi.

Berikut ini adalah beberapa contoh hak dan kewajiban mahasiswa yang berlaku di lingkungan perguruan tinggi.

  • Mendapatkan akses untuk mencari referensi di perpustakaan kampus
  • Berhak bertemu dan mendapat bimbingan dari dosen pembimbing terkait proses pengerjaan tugas akhir
  • Diberikan akses untuk mengikuti kegiatan organisasi sesuai dengan minatnya
  • Bagi mahasiswa yang mengalami kecacatan, ia berhak mendapatkan sarana dan prasarana yang sesuai dengan kondisinya
  • Tidak dipersulit ketika ingin pindah ke perguruan tinggi yang lain
  • Membuang sampah pada tempat sampah yang telah disediakan oleh pihak kampus
  • Membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) sesuai dengan besaran dan jadwal yang telah ditentukan
  • Tidak menjelek-jelekkan nama perguruan tinggi tanpa alasan dan bukti yang kuat
  • Mendengarkan dengan seksama dan tidak membuat kegaduhan saat proses belajar sedang berlangsung

Beberapa Larangan dan Sanksi untuk Mahasiswa

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, pelaksanaan lebih lanjut mengenai hak dan kewajiban mahasiswa diatur melalui peraturan masing-masing perguruan tinggi. Begitupun dengan larangan-larangan yang tidak boleh dilanggar. Dikutip dari laman bamawa.isi.ac.id, berikut ini beberapa larangan yang tidak boleh dilakukan mahasiswa.

  • Melakukan perbuatan curang dalam bidang akademik seperti plagiasi karya ilmiah milik orang lain
  • Mengadakan kegiatan politik praktik di lingkungan perguruan tinggi
  • Minum minuman keras dan bahkan mengedarkannya di kampus
  • Menyelenggarakan kegiatan yang dapat memecah kerukunan ras, suku, dan umat beragama
  • Mengedarkan dan mengkonsumsi obat-obatan terlarang
  • Ikut serta dalam kegiatan belajar namun tidak memenuhi syarat sebagai mahasiswa aktif
  • Berperilaku yang menyebabkan tercorengnya kewibawaan dan nama baik perguruan tinggi
  • Memakai fasilitas lembaga tanpa mengantongi izin terlebih dahulu dari petugas
  • Melakukan tindakan dengan mengatasnamakan institusi perguruan tinggi tanpa melalui mekanisme yang berlaku.

Biasanya, larangan-larangan tersebut akan disosialisasikan kepada mahasiswa pada masa orientasi pengenalan kampus. Selain larangan, mahasiswa pun akan dijelaskan mengenai sanksi apa yang akan mereka dapatkan apabila melanggar larangan tersebut.

Penerapan sanksi ini sepenuhnya menjadi kewenangan masing-masing perguruan tinggi. Umumnya, hukuman ini dapat berupa sanksi akademik maupun non akademik. Hal itu tergantung dengan jenis larangan apa yang dilanggar.

Berikut ini beberapa sanksi yang dapat diterima oleh mahasiswa apabila melanggar larangan-larangan tersebut di atas.

  • Peringatan keras secara lisan dan pengurangan nilai hasil ujian atau bahkan dinyatakan tidak lulus dari mata kuliah tertentu untuk pelanggaran akademik ringan
  • Dilarang mengikuti kegiatan belajar sementara untuk pelanggaran akademik sedang
  • Dikeluarkan atau dicabut status mahasiswanya apabila terbukti melakukan pelanggaran akademik kategori berat

Kesimpulan

Berdasarkan semua penjelasan tadi, dapat dikatakan bahwa setiap orang yang menyandang status sebagai mahasiswa aktif memiliki sejumlah hak dan kewajiban yang melekat padanya.

Terlebih lagi, hak dan kewajiban mahasiswa tersebut telah sejak lama diatur secara legal di dalam Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi. Secara khusus, hak dan kewajiban mahasiswa tersebut diatur di dalam Pasal 109 dan 110,  Bab X tentang Mahasiswa dan Alumni.

Selain memiliki hak dan kewajiban, mahasiswa juga harus sadar diri dengan berbagai larangan dan sanksi yang diterapkan oleh masing-masing perguruan tinggi. Jika terbukti melanggar berbagai larangan tersebut, akan ada sanksi yang akan dikenakan. Dalam kasus terburuk, mahasiswa dapat dikeluarkan atau drop out.

Dalam kaitannya dengan hak mahasiswa, Asia e University Indonesia telah menyediakan berbagai macam fasilitas yang dapat digunakan oleh mahasiswa untuk menunjang proses pembelajaran dan pengembangan skill yang dibutuhkan untuk memasuki dunia kerja.

Selain itu, Asia e University Indonesia merupakan kampus unggulan yang telah mengantongi akreditasi Malaysian Qualifications Agency atau MQA serta Kementerian Pendidikan Tinggi Malaysia. 

Dengan berkuliah disini, Anda akan memiliki gelar internasional, dan memiliki peluang untuk bekerja di berbagai perusahaan multinasional. Lebih dari itu,  Asia e University Indonesia bahkan sudah memiliki puluhan ribu mahasiswa yang berasal dari berbagai negara. Jadi, tunggu apalagi? Daftarkan diri Anda sekarang dan jadilah bagian dari Asia e University Indonesia!

Alamat

1. Felfest UI,  Daksa Room, Jl. Prof. Dr. Miriam Budiardjo, Kampus UI, Srengseng Sawah, Jakarta Selatan, Indonesia

2.  Gedung INBIS, Jalan Veteran No.16
Universitas Brawijaya, Kota Malang, Jawa Timur, Indonesia

Jam KErja

Senin- Jumat ( 08.00-17.00 WIB )

KOntak

Phone: +62 811-1632-299
Email: cbn.idn@aeu.edu.my

Yayasan CITRA BUNGA NUSANTARA