cara memilih jurusan kuliah

10 Cara Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat dan Cocok Agar Tidak Menyesal

Cara memilih jurusan kuliah harus diperhatikan dengan seksama. Apalagi jika sudah memiliki gambaran kedepannya untuk melanjutkan kuliah di kampus impian. Sebagai seorang calon mahasiswa, ada beberapa persiapan yang bisa dilakukan mulai dari mempersiapkan diri untuk belajar agar masuk melalui berbagai pilihan seleksi masuk perguruan tinggi, memilih jurusan dan kampus yang tepat, hingga mempersiapkan diri ketika pilihan tersebut diterima atau tidak diterima.

Semua itu bisa Anda persiapkan jauh-jauh hari agar terencana dengan matang dan tidak menyesal di kemudian hari. Diperlukan pertimbangan yang cukup matang agar berkuliah di jurusan yang sesuai dengan hati dan passion agar tidak menyesal di kemudian hari. Berikut adalah 10 cara memilih kuliah yang tepat dan cocok agar tidak menyesal!

Cara Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat, Sesuai Potensi & Menjanjikan

Adapun beberapa cara memilih jurusan kuliah yang tepat sesuai potensi dan bakat kamu, antara lain :

1. Sesuaikan dengan Minat dan Bakat

Jika Anda masih belum memiliki gambaran terkait perkuliahan, Anda bisa memulai dengan mencari serta menyesuaikan dengan minat dan bakat. Bagaimana cara menyesuaikan diri dengan minat dan bakat?

Dengan mengikuti tes minat dan bakat baik dari internet maupun dari lembaga psikolog ahli yang menyediakan tes minat dan bakat ini. Hal ini dapat dilakukan untuk mengidentifikasi berbagai bidang yang dikuasai sejak awal. 

2. Melakukan Riset Tentang Jurusan dan Universitas

Setelah mengikuti tes untuk menyesuaikan minat dan bakat, langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah melakukan riset tentang jurusan dari bidang yang direkomendasikan. Setelah menemukan jurusan yang sudah sesuai dengan minat dan bakat, pastikan untuk mencari tau tentang universitas mulai dari akreditasi, fasilitas, biaya perkuliahan hingga prospek kerja di masa depan

Riset tentang jurusan dan universitas ini penting sebagai gambaran kualitas yang dimiliki jurusan dan universitas yang akan dituju untuk mencari ilmu kelak.

3. Berdiskusi dengan Orang-Orang yang Sudah Berpengalaman

Berdiskusi dengan orang yang sudah berpengalaman sebelum memilih jurusan kuliah yang tepat bisa Anda lakukan agar tidak menyesal di kemudian hari. Diskusi ini bisa dilakukan dengan guru, orang tua, kakak kelas atau orang yang memang sudah memiliki pengalaman serta memiliki kapasitas dalam memberikan masukan dan pendapat terkait jurusan serta universitas yang berkualitas.

Berdiskusi menjadi jembatan untuk Anda yang masih kebingungan dalam menentukan jurusan dan universitas berkualitas untuk melanjutkan pendidikan di jenjang berikutnya.

4. Menentukan Ingin Jadi Apa di Masa Depan?

Tanyakan pada diri Anda sendiri “Aku mau jadi apa ya di masa depan nanti?”. Pertanyaan tersebut jadi salah satu cara sebelum memilih jurusan kuliah yang tepat dan cocok agar tidak menyesal di kemudian hari. 

Pertanyaan ini akan membawa Anda untuk menentukan langkah selanjutnya seperti melanjutkan kuliah magister, membuka usaha sendiri, atau mencari pekerjaan sesuai dengan ijazah dan kemampuan yang dimiliki.

5. Jangan Hanya Terpaku pada Satu Jurusan Saja

Menjadi seseorang yang ambis itu sah-sah saja. Hanya, ada beberapa keadaan yang membuat kita harus memiliki opsi lainnya di dalam hidup. Termasuk dalam memilih jurusan kuliah dan universitasnya. Tidak hanya terpaku pada satu jurusan saja bukan berarti memiliki banyak opsi ya!

Tetapi mengerucutkan pilihan dengan beberapa opsi terbaik yang bisa dipilih setelah mempertimbangkan banyak hal. Jangan lupakan plan b ya!

6. Mengenali Kelemahan dan Kekuatan Diri

Mengenali kelemahan dan kekuatan diri bisa dilakukan dengan melakukan evaluasi terhadap diri sendiri. Mulailah dengan membuat beberapa poin yang Anda catat di sebuah kertas yang berisi kekuatan dan kelemahan diri Anda. Poin-poin tersebut dapat membantu untuk memilih jurusan yang sesuai kemampuan.

Pilihlah jurusan yang memanfaatkan kekuatan diri sendiri serta dapat menutupi kelemahan yang dimiliki.

7. Menggunakan Konsep Ikigai

Konsep Ikigai adalah konsep mengenai tujuan hidup dari Jepang yang tak hanya memberikan kepuasan tapi juga memiliki makna. Untuk menemukan Ikigai, Anda perlu mengetahui 4 konsep penting, yaitu hal yang disukai, keahlian yang dimiliki, dunia sedang membutuhkan apa, apa hal yang membuat orang lain mau membayar atas apa yang sudah Anda lakukan tersebut.

Dengan menggunakan konsep ini, Anda dapat menemukan kebahagiaan dan kesejahteraan hidup serta mengetahui arah terbaik untuk hidup dan masa depan kelak.

8. Menyesuaikan Biaya Perkuliahan

Biaya bisa menjadi salah satu faktor yang akan menjadi pertimbangan untuk Anda yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan perkuliahan. Terutama jika memang nantinya harus merantau. Karena biaya perkuliahan tidak hanya soal biaya yang dikeluarkan untuk universitas saja, tapi memiliki komponen lainnya seperti biaya hidup di tempat baru nanti. 

Ada banyak hal yang dilakukan untuk menyesuaikan serta menekan biaya perkuliahan seperti dengan mencari beasiswa.

9. Jangan Mengikuti Teman 

Masa-masa SMA menjadi masa yang terbaik dan menyenangkan bersama teman. 3 tahun memang menjadi waktu yang tidak sebentar untuk berbagi banyak cerita yang menarik. Namun, ketika Anda ingin melanjutkan perkuliahan, pastikan untuk tidak mengikuti pilihan teman.

Pilihan jurusan dan universitas dari seorang teman biasanya sudah berdasarkan minat dan bakatnya, kemampuan nilainya, hingga kemampuan finansial yang dimilikinya. Jadi, jangan sampai memilih jurusan dan universitas hanya karena ikut-ikut teman ya.

10. Tidak Mudah Menyerah

Jika sudah menemukan minat dan bakat, mengenali kelemahan dan kelebihan diri, hingga memperhitungkan biaya yang dibutuhkan, maka langkah selanjutnya adalah melakukan persiapan yang maksimal untuk mengikuti tes seleksi masuk perguruan tinggi. 

Jika nanti hasilnya belum sesuai, maka yang harus Anda lakukan adalah dengan tidak mudah menyerah dan terus mencobanya lagi.

Inilah Daftar Jurusan Kuliah di Asia e University Indonesia, Yuk Pilih yang Sesuai!

Jika Anda masih kebingungan dalam memilih jurusan dan universitas yang tepat, yuk cari tahu daftar jurusan kuliah yang tersedia di Asia e University Indonesia untuk masa depan Anda yaitu:

Program Studi S1 (Bachelor Degree)

  • INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY

Program studi S1 Information And Communication Technology mempunyai berbagai jurusan yang sangat menjanjikan untuk masa depan, diantaranya yaitu, Software Engineering, System Information, Enterprise Networking dan Digital Marketing.

  • BUSINESS ADMINISTRATION

Program ini mempelajari praktek dan keterampilan yang terbaik untuk digunakan dalam dunia bisnis, adapun jurusan yang terdapat di program studi ini antara lain jurusan Business Administration, Marketing And E-Commerce, Accounting And Finance.

  • DIGITAL CREATIVE MEDIA

Program studi S1 Digital Creative Media mempunyai satu jurusan yang menjanjikan di masa depan yaitu Digital Creative Media.

Program Studi S2 (Master Degree) 

  • INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY

Program studi ini dirancang khusus untuk orang-orang yang berasal dari latar belakang teknis dan non-teknis untuk menjadi pemimpin perusahaan masa depan dalam industri yang didorong oleh teknologi saat ini.

  • BUSINESS ADMINISTRATION

Program ini dibuat untuk memberikan para profesional dengan keterampilan yang sesuai agar dapat menghadapi persaingan yang semakin ketat di dunia bisnis global. Dalam mengikuti perkembangan ekonomi yang cepat, para mahasiswa akan diberikan serangkaian kursus yang terintegrasi yang dipandu oleh akademisi berpengalaman dan praktisi industri. Mereka akan belajar dalam lingkungan belajar yang interaktif dengan penekanan khusus pada penerapan praktis dan praktik yang terinspirasi oleh industri terkini.

Program Studi S3 (Doctorate Degree)

  • BUSINESS ADMINISTRATION

Fokus utama dari program ini adalah untuk secara intensif mempersiapkan mahasiswa dalam melanjutkan karier akademik serta melakukan penelitian ilmiah yang sangat spesifik, baik dalam teori maupun aplikasinya. Program ini akan menitikberatkan pada pengembangan teori baru dalam bidang manajemen, administrasi publik, konsultasi, ekonomi, dan beberapa bidang terkait bisnis lainnya.

  • EDUCATION

Program ini secara khusus dirancang untuk praktisi profesional di bidang pendidikan, baik dari sekolah negeri maupun swasta, lembaga masyarakat atau pemerintah, departemen pelatihan, lembaga pendidikan tinggi, dan lingkungan pendidikan lainnya. Para mahasiswa program ini memiliki aspirasi untuk menjadi peneliti dalam bidang pendidikan.

  • FINANCE

Program ini menyediakan berbagai kursus multidisiplin di bidang Keuangan, Perbankan, dan Asuransi dengan penekanan pada konteks kawasan Asia. Tujuan utama dari program ini adalah untuk mencapai keunggulan dalam penelitian dengan memanfaatkan sumber daya yang ada dan menciptakan kesempatan belajar yang seimbang.

  • HUMANITIES

Program ini menyajikan serangkaian kursus interdisipliner yang mencakup Agama, Bahasa, Sejarah & Arkeologi, serta Filsafat & Etika, dengan penekanan pada aspek utama dari tradisi-tradisi Asia.

  • INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY

Program ini secara khusus dirancang untuk mendukung mereka yang tertarik untuk melakukan penelitian di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang dipilih, dengan supervisi dari para ahli di seluruh dunia. Dibangun dengan menggunakan metode penelitian terapan dan pendekatan pembelajaran berbasis pengalaman, program ini bertujuan untuk memberikan kepada siswa kompetensi TI yang sangat tinggi dalam salah satu bidang utama dalam Teknologi Informasi dan Komunikasi.

  • SOCIAL & BEHAVIOURAL SCIENCE

Program ini telah dirancang dengan fokus khusus untuk mempersiapkan lulusan yang mampu melakukan penelitian ilmiah terapan secara mandiri di bidang spesialisasi mereka dalam ilmu sosial dan perilaku. Tujuan utamanya adalah untuk menghasilkan ahli yang mampu memfasilitasi dan berkontribusi pada kemajuan pengetahuan baru dalam disiplin mereka.

Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat Berarti Menikmati Pembelajarannya

10 tips di atas bisa Anda terapkan dan maksimalkan sesuai dengan waktu yang dipunya saat ini. Tips di atas juga mungkin saja bisa lebih dari itu. Jangan sampai waktu kuliah nanti Anda merasa tidak nyaman ketika belajar dan seperti tidak tahu akan melanjutkan ke arah yang mana di masa depan nanti.

Pentingnya memilih jurusan kuliah yang tepat dan cocok akan mempengaruhi masa studi dan melanjutkan karier ketika sudah lulus nanti. Untuk Anda yang ingin mencari tahu artikel lainnya tentang perkuliahan di Malaysia bisa membaca dan mencari selengkapnya di Asia e University Indonesia.

Alamat

1. Felfest UI,  Daksa Room, Jl. Prof. Dr. Miriam Budiardjo, Kampus UI, Srengseng Sawah, Jakarta Selatan, Indonesia

2.  Gedung INBIS, Jalan Veteran No.16
Universitas Brawijaya, Kota Malang, Jawa Timur, Indonesia

Jam KErja

Senin- Jumat ( 08.00-17.00 WIB )

KOntak

Phone: +62 811-1632-299
Email: cbn.idn@aeu.edu.my

Yayasan CITRA BUNGA NUSANTARA