Biaya Hidup Mahasiswa di Malaysia yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Kuliah

Biaya Hidup Mahasiswa di Malaysia yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Kuliah

Malaysia merupakan negara yang masih serumpun dengan Indonesia. Tak hanya itu, negeri Jiran juga sering dijadikan pilihan dan tujuan bagi para pelajar Indonesia untuk melanjutkan kuliah di luar negeri karena memang memiliki sistem pendidikan yang cukup baik.

Bagi para pelajar Indonesia, adaptasi yang dilakukan di Malaysia tak sesulit jika ingin melanjutkan kuliah di negara-negara eropa. Hal ini dikarenakan beberapa hal seperti bahasa, budaya, bahkan makanan yang tak jauh berbeda dengan yang ada di Indonesia. 

Iklim berkuliah di Malaysia juga mirip dengan yang ada di Inggris yang menjunjung tinggi kemandirian mahasiswanya dalam belajar. 

Berapa Biaya Hidup Mahasiswa di Malaysia? Cek Info Lengkapnya Disini!

Tidak semua yang tinggal di luar negeri itu harus mengeluarkan biaya hidup yang mahal ya. Malaysia salah satu negara yang secara rata-rata memiliki biaya hidup yang sama dengan tinggal di Indonesia dan tidak semahal di Eropa ataupun Amerika tergantung dari gaya hidupnya. Yuk kita hitung rata-ratanya!

1. Biaya Makanan dan Minuman di Malaysia


Untuk Anda yang ingin melanjutkan studi di Malaysia, penting untuk berhitung terkait biaya makanan dan minuman yang ada di Malaysia. Meskipun tergolong relatif sama dengan Indonesia, membeli nasi dan lauk pauk yang standar bisa menghabiskan RM 5 - RM 10 atau sekitar Rp16.500 - Rp32.000.

Jika Anda bosan dengan makanan yang itu-itu saja, bisa menyiapkan cost sedikit lebih banyak untuk makan di area mall. Perlu menyiapkan RM 15 - RM 32 atau setara dengan Rp50.000 - Rp115.000.

Jadi, jika di total pengeluaran untuk makanan dan minuman dalam sebulan untuk tiga kali makan berkisar RM 450 - RM 700 atau sekitar Rp1.480.000 - Rp2.300.000 untuk biaya makan per hari RM 15 - RM 23.

2. Biaya Transportasi di Malaysia

Untuk bepergian di dalam kota dan menikmati suasana Malaysia, Anda bisa menggunakan transportasi umum yang murah meriah. Apalagi jika jarak tempat tinggal dan kampus cukup jauh. Di Malaysia sendiri ada dua jenis transportasi umum yang dapat digunakan yakni bis dan MRT.

Untuk perincian biaya transportasi di Malaysia yang dikutip dari berbagai sumber yaitu:

  1. Bis kota: RM 1 atau setara Rp3.200 per trip
  2. MRT, LRT, BRT, RapidKL: RM 2 atau setara RP6.500 per trip menyesuaikan jarak atau dengan ikut Unlimited Travel per bulan seharga RM 50 setara RP165.000.

3. Biaya Tempat Tinggal

Tempat tinggal menjadi satu hal yang harus diperhitungkan jika ingin melanjutkan kuliah di Malaysia. Ada banyak pilihan dan jenis tempat tinggal di sini seperti  asrama, bilik,  apartemen, kondominium, Guesthouse, dan homestay. Untuk tempat tinggal berkisar dari harga RM 50 - RM 500 atau setara Rp165.000 - Rp1.600.000.

Sama seperti di Indonesia, semakin mahal biaya sewa tempat tinggal maka akan mendapatkan fasilitas yang sesuai. Jangan lupa pertimbangkan juga kebutuhan selama kuliah dan menyesuaikan jarak antara tempat tinggal ke kampus agar tidak membengkak di biaya transportasi. 

4. Biaya Kebutuhan Lainnya

Tak hanya kebutuhan tempat tinggal, makanan dan minuman, transportasi saja. Tetapi juga ada biaya kebutuhan lain seperti biaya air, gas, listrik, pulsa dan internet, jasa laundry, hingga kebutuhan tak terduga lainnya.

Di Malaysia, penggunaan air dan gas memang sudah terperinci pembiayaannya. Misal saja untuk keperluan listrik, di Malaysia listrik dihitung per 100 kWh untuk 200 kWh pertama sebesar RM 21.80 atau setara Rp70.000, lalu akan naik menjadi RM 33.40 atau setara Rp108.000 untuk per 100 kWh berikutnya. 

Tak hanya listrik, air di Malaysia juga memiliki perhitungannya sendiri. Dikutip dari berbagai sumber, minimum pembayaran air di Malaysia adalah  RM 6 atau Rp19.500 jika dihitung per kubiknya. Berikut adalah rincian untuk perhitungan air di Malaysia.

0 – 20m3 = RM 0.62 /m3 (Rp2.040)

21 – 35m3 = RM 1.15 /m3 (Rp3.700)

Over 35m3 = RM 2.20/m3 (Rp7.200)

Untuk lebih jelasnya, yuk lihat di  tabel perkiraan rincian biaya hidup di Malaysia sebagai mahasiswa ya. Tabel ini bisa disesuaikan kembali sesuai dengan kebutuhan selama kuliah di sana.

Jenis PengeluaranJumlah Pengeluaran/Bulan
Tempat TinggalRM 250 (Rp822.000)
Tagihan (listrik, air)RM 50 (Rp165.000)
TransportasiRM 50 (Rp165.000)
Pulsa, Internet (5G/30 hari)RM 30 (Rp99.000)
Makan, Minum 3x sehariRM 450 (Rp1.480.000)
Jasa laundry/ 5kgRM 13.5 (Rp45.000)
Kebutuhan Lainnya + Dana DaruratRM 303.83 (Rp1.000.000)
Total PengeluaranRM 1147.33 (Rp3.776.000)

Perhitungan biaya hidup mahasiswa di Malaysia ini dihitung berdasarkan biaya hidup minimalis yang dirata-rata dengan pengeluaran per bulan. Biaya hidup tersebut hanya sebagai gambaran dan menyesuaikan dari kemampuan biaya setiap orangnya. Bahkan, biaya tersebut bisa dipangkas dengan berhemat. 

Tips Menghemat Biaya Hidup Sebagai Mahasiswa di Malaysia

Hidup hemat sebenarnya tidak hanya berlaku di Malaysia saja. Di mana pun berada, Anda bisa melakukan tips ini untuk menghemat biaya hidup, apalagi sebagai seorang mahasiswa. Nah, berikut tips menghemat biaya hidup sebagai mahasiswa di Malaysia.

  • Membuat catatan pengeluaran dan pemasukan selama di Malaysia
  • Mulai survei tempat-tempat yang bisa kasih banyak promo dan diskon seperti tempat makan, toko buku, atau tempat liburan
  • Menyiapkan dana darurat setiap bulan 
  • Membeli barang yang dibutuhkan
  • Menggunakan transportasi umum atau berjalan kaki untuk menuju ke tempat yang dekat
  • Tidak menyepelekan uang recehan hasil dari kembalian belanja

Kesimpulan

Mempunyai mimpi kuliah di Malaysia adalah langkah yang cukup tepat jika Anda sedang mencari kampus di luar negeri yang memiliki karakter dan budaya yang sama dengan Indonesia. Perlu perencanaan yang matang mulai dari jurusan dan universitas terbaik apa yang akan dipilih, mencari tahu tentang biaya biaya masuk dan biaya hidup di Malaysia, mencari tahu cara membuat paspor kuliah Malaysia, dan semua hal yang berkaitan selama menempuh pendidikan di sana.

Semuanya harus dipersiapkan dengan matang ya!

Semoga artikel ini membantu Anda yang ingin memilih Malaysia sebagai tempat untuk mencari ilmu dan berkuliah di sana. Jangan lupa untuk memilih kampus dengan kualitas terbaik seperti ASIA e University Indonesia yang memiliki beragam pilihan jurusan untuk Anda yang ingin melanjutkan studi di Malaysia.

Alamat

1. Felfest UI,  Daksa Room, Jl. Prof. Dr. Miriam Budiardjo, Kampus UI, Srengseng Sawah, Jakarta Selatan, Indonesia

2.  Gedung INBIS, Jalan Veteran No.16
Universitas Brawijaya, Kota Malang, Jawa Timur, Indonesia

Jam KErja

Senin- Jumat ( 08.00-17.00 WIB )

KOntak

Phone: +62 811-1632-299
Email: cbn.idn@aeu.edu.my

Yayasan CITRA BUNGA NUSANTARA