10 Tips Belajar Online yang Efektif bagi Mahasiswa

Belajar online adalah sistem pembelajaran yang dilakukan secara daring (dalam jaringan). Pembelajaran dilakukan dengan bantuan teknologi, khususnya teknologi informasi dan komunikasi. Gawai dan jaringan internet menjadi prasyarat utama untuk bisa belajar online.

Belajar online menjadi pilihan saat terjadinya pandemi COVID-19, tiga tahun yang lalu. Kala itu, belajar online dianggap menjadi pilihan terbaik. Dengan belajar online, pembelajaran bisa tetap berlangsung tanpa harus khawatir tertular virus COVID-19. 

Bagaimana dengan saat ini? Nyatanya, meski tak berada dalam situasi pandemi, belajar online tetap banyak diminati. Berdasarkan penelitian dari Pusat Statistik Pendidikan Nasional, lebih dari 6 juta mahasiswa saat ini mengikuti belajar online sebagai bagian dari program pendidikan tinggi mereka. Sudah banyak  kampus luar negeri yang menawarkan program belajar online. 

Salah satunya adalah Asia e University Indonesia. Asia e University Indonesia adalah universitas dari Malaysia yang sudah berdiri sejak tahun 2007. Asia e University Indonesia ini menawarkan program belajar learning yang bisa diakses oleh mahasiswa di seluruh dunia. Asia e University Indonesia memiliki akreditasi Malaysian Qualifications Agency (MQA) dan Kementerian Pendidikan Tinggi Malaysia dengan nilai Very Good (4-star) University.

Asia e University Indonesia bisa menjadi pilihan untuk bisa berkuliah di kampus internasional dari dalam rumah. Belajar online di Asia e University Indonesia bisa menjadi pilihan terbaik. 

Kemajuan teknologi membuat belajar online menjadi lebih mudah diakses. Namun, belajar online ternyata memiliki tantangan tersendiri. Bagaimana cara menghadapi tantangan tersebut? Bagaimana agar bisa belajar online secara efektif?

Berikut adalah sepuluh tips belajar online yang efektif bagi mahasiswa

1. Menentukan jadwal belajar online yang teratur dan konsisten.

Belajar online memiliki kelebihan dalam fleksibilitas waktu. Namun, akan lebih mudah jika menentukan jadwal belajar online yang teratur dan konsisten. 

Mengapa? Agar kita bisa siap dalam belajar. Jadwal belajar tidak akan terganggu dengan aktivitas lainnya. 

2. Menciptakan lingkungan belajar online yang nyaman dan bebas gangguan.

Ciptakan lingkungan belajar online yang nyaman dan bebas gangguan. Misalnya, di dalam kamar. Atau bisa juga belajar di perpustakaan kota maupun co working space. 

Lingkungan belajar online yang nyaman dan bebas gangguan, akan membuat kita lebih konsentrasi dalam belajar. Belajar online jadi efektif. 

3. Memanfaatkan sumber daya online seperti video tutorial, forum diskusi, dan e-book.

Sama dengan belajar pada umumnya, belajar online juga membutuhkan sumber daya. Manfaatkan teknologi untuk belajar online seperti video tutorial, forum diskusi, maupun e-book untuk mendukung belajar online-mu. 

Di Asia e University Indonesia tersedia fasilitas Knowledge Centre yang membantu mahasiswa mendapatkan sumber daya online untuk mendukung aktivitas belajarnya.

4. Membuat catatan selama proses belajar online untuk membantu memahami materi.

Jangan lupa untuk membuat catatan selama belajar online. Hal ini akan membantu untuk lebih memahami materi. Juga sebagai referensi saat menghadapi ujian nantinya. 

5. Berpartisipasi aktif dalam diskusi online dengan teman sekelas dan dosen.

Meski belajar online, bukan berarti tidak bersosialisasi dengan teman sekelas ataupun dosen.  Berpartisipasi aktif lah selama proses pembelajaran. Manfaatkan forum diskusi online dengan teman sekelas dan dosen. 

6. Mengatur waktu istirahat dan tidur yang cukup untuk menjaga kesehatan fisik dan mental.

Belajar online harus dilakukan secara serius, tetapi jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan. Atur waktu istirahat dan tidur dengan baik, agar kesehatan selalu terjaga. Jika fisik dan mental kita sehat, tentu bisa belajar dengan baik. 

7. Membuat target belajar yang spesifik dan terukur untuk memotivasi diri sendiri.

Agar tahu sejauh mana efektivitas belajar online yang sedang dilakukan, jangan lupa untuk membuat target belajar yang spesifik dan terukur. Target belajar seperti ini akan membantu kita untuk lebih fokus belajar, sekaligus sumber motivasi internal. 

8. Menghindari multitasking saat belajar online untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi.

Jika tiba jadwal belajar online, tinggalkan aktivitas lainnya. Jangan melakukan aktivitas lain saat jadwal belajar online. Hindari multitasking sat belajar online untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi. 

9. Mencari bantuan dari dosen atau teman belajar sekelas jika mengalami kesulitan dalam memahami materi.

Bila memang ada kesulitan untuk belajar online secara mandiri, jangan ragu untuk mencari bantuan. Cobalah untuk berdiskusi dengan teman maupun dosen tentang materi yang belum dipahami. 

10. Menjaga motivasi dengan memperhatikan tujuan jangka panjang dari proses belajar.

Motivasi menjadi salah satu tantangan terberat dalam belajar online. Jaga motivasi belajar online dengan mengingat kembali tujuan yang ingin dicapai. Saat motivasi menurun, ingatlah tujuan jangka panjang dari proses belajar. 

Bagaimana cara memotivasi diri sendiri saat belajar online? 

Tentunya dengan mengingat kembali apa sih tujuan yang sudah dibuat. Apa yang ingin diraih dari proses belajar online ini. Tujuan yang sudah dibuat bisa menjadi sumber motivasi internal yang kuat. 

Apa tips untuk memotivasi diri sendiri dalam belajar online? 

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk memotivasi diri sendiri dalam belajar online. Pertama, buat tujuan belajar. Tujuan belajar ini akan membantu kita untuk tetap on track saat belajar online. Kedua, bergabunglah dengan komunitas belajar online. Komunitas ini bisa menjadi penyemangat bila motivasi sedang turun. Ketiga, jangan lupa me time. Jadikan akhir pekan untuk menikmati waktu sendiri. Me time bisa membuat kita recharge energi. Agar kita bisa kembali semangat belajar online. 

Manfaatkan dengan baik  kesempatan belajar online di kampus standar internasional seperti Asia e University Indonesia ini. Lakukan belajar online yang efektif untuk meraih cita-citamu. 

Demikian artikel tentang 10 tips belajar online yang efektif bagi mahasiswa. Semoga artikel ini membantu untuk bisa belajar online yang efektif.

Alamat

1. Felfest UI,  Daksa Room, Jl. Prof. Dr. Miriam Budiardjo, Kampus UI, Srengseng Sawah, Jakarta Selatan, Indonesia

2.  Gedung INBIS, Jalan Veteran No.16
Universitas Brawijaya, Kota Malang, Jawa Timur, Indonesia

Jam KErja

Senin- Jumat ( 08.00-17.00 WIB )

KOntak

Phone: +62 811-1632-299
Email: cbn.idn@aeu.edu.my

Yayasan CITRA BUNGA NUSANTARA