Jurusan Kuliah yang Paling Menjanjikan di Masa Depan

10 Jurusan Kuliah yang Paling Menjanjikan di Masa Depan

SMA khususnya kelas 12 SMA menjadi masa-masa yang cukup penting untuk melanjutkan langkah baru menatap masa depan. Selain akan melewati fase sekolah yang akan selesai, momen ini juga menjadi langkah dalam memilih jurusan kuliah yang bisa membawa karier kedepannya.

Ketika akan memilih jurusan, perlu persiapan matang dan strategi yang tepat sesuai dengan minat untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya. Tak hanya itu, melihat dan memetakan faktor prospek kerja kedepannya juga perlu sekali diperhatikan untuk memulai karier.

Memilih jurusan dengan peluang menjanjikan di masa depan akan membuka jalan yang luas seiring dengan perkembangan teknologi yang juga semakin pesat. Karena skill yang akan dimiliki di dunia kerja bisa dikembangkan ketika sedang berkuliah.

Inilah 10 Jurusan Kuliah yang Menjanjikan di Masa Depan

Berikut ini 10 jurusan kuliah yang menjamin masa depan, antara lain :

1. Jurusan Manajemen dan Bisnis

Rumpun soshum hingga saat ini masih menjadi salah satu rumpun yang cukup diminati. Salah satu jurusan yang diminati adalah jurusan Manajemen dan Bisnis. Di jurusan ini akan dipelajari banyak hal terkait manajemen, sumber daya manusia, strategi pemasaran, ekonomi, hingga ilmu bisnis.

Lulusan ini cukup menjanjikan karena lulusannya bisa menjadi seorang entrepreneur maupun bekerja di perusahaan-perusahaan dengan peluang yang cukup menjanjikan.

2. Jurusan Teknik Informatika

Berkembangnya teknologi dan informasi membuat jurusan Teknik Informatika menjadi salah satu jurusan yang cukup menjanjikan di masa depan. Teknologi tak akan berhenti saat ini. Ada inovasi-inovasi baru yang akan bermunculan jika memilih jurusan ini.

Apalagi jika ingin berkarir menjadi seorang engineering. Masih banyak perusahaan-perusahaan dalam dan luar negeri yang mencari seseorang dari lulusan jurusan Teknik Informatika. Jenjang karirnya pun beragam, seperti menjadi seorang programmer, UI/UX, Backend / Frontend Developer, Web Developer dan masih banyak lagi.

3. Jurusan Ilmu Komunikasi

Jurusan Ilmu Komunikasi cocok sekali untuk Anda yang senang berbicara di depan umum, punya kemampuan mengoperasikan kamera dan software editing, dan jago menulis. Banyak hal yang bisa dipelajari jika memilih jurusan yang masuk ke dalam rumpun soshum ini. 

Prospek untuk lulusan Ilmu Komunikasi di dunia pekerjaan adalah menjadi seorang kreatif, marketing, public relation, copywriter, content writer, social media specialist, jurnalis dan kesempatan kerja lainnya.

4. Jurusan Statistika

Senang dengan angka-angka? Jurusan Statistika dapat menjadi pilihan. Menurut World Economic Forum, salah satu bidang pekerjaan yang dibutuhkan di masa depan adalah Data Scientist.

Jurusan ini akan mempelajari cara mengumpulkan, mengolah, mengelola, menganalisis, hingga penyajian data-data agar bisa dibaca dan mudah dimengerti untuk perkembangan bisnis kedepannya.

5. Jurusan Sistem Informasi

Jika tertarik untuk mengikuti perkembangan dan membuat inovasi di dunia teknologi, jurusan Sistem Informasi bisa jadi pilihannya. Di jurusan ini akan mempelajari tentang ilmu komputer, manajemen dan bisnis dalam perancangan sistem sebuah perusahaan yang mengikuti kebutuhannya. 

Jurusan ini juga menjadi salah satu jurusan yang pembelajarannya mengaplikasikan ilmu IPA dan IPS secara bersamaan.

6. Jurusan Psikologi

Jurusan Psikologi masih akan menjadi jurusan yang akan menelurkan lulusan-lulusan yang dicari di berbagai perusahaan maupun menjadi seorang Psikolog untuk membantu orang lain sembuh dari permasalahan psikologisnya.

 Di Jurusan Psikologi, lulusannya akan menjadi seorang Human Resource dengan turunan bidang pekerjaan yang beragam seperti talent acquisition, konsultan rekrutmen, konselor dan lainnya.

Jurusan Psikologi juga terdapat beberapa bidang peminatan seperti Psikologi Klinis, Psikologi Pendidikan, Psikologi Sosial, Psikologi Industri dan Organisasi, dan Psikologi Perkembangan.

7. Jurusan Farmasi

Seseorang yang lulus dari jurusan Farmasi biasanya akan lebih banyak berada di balik layar. Dalam perkuliahannya, ada banyak hal yang akan dipelajari mulai dari mengidentifikasi, meracik, sampai menganalisis obat-obatan yang sesuai standar kelayakan kesehatan. 

Lulusan Farmasi akan dicari dan dibutuhkan dalam menyediakan obat-obatan untuk menjaga kesehatan serta membantu dokter menyembuhkan orang sakit. Bidang kerjanya pun bisa di rumah sakit, apotek, hingga balai penelitian obat-obatan.

8. Jurusan Desain

Suka dengan segala sesuatu yang membutuhkan kreativitas dalam membuat desain? Memilih jurusan Desain bisa jadi pilihan yang tepat. Tak hanya perkembangan media digital yang semakin pesat, kebutuhan terkait desain produk juga cukup tinggi. 

Jurusan ini bukan hanya memiliki kemampuan menggambar saja, tetapi juga bisa menemukan sesuatu yang unik dari suatu hal terkait kebutuhan perusahaan. Jurusan Desain sendiri terbagi atas beberapa fokus seperti Desain Komunikasi Visual, Desain Produk, Desain Grafis, Desain interior, hingga Desain Mode.

9. Jurusan Ilmu Gizi

Jurusan kuliah yang menjanjikan di masa depan berikutnya adalah jurusan Ilmu Gizi. Bahkan, tak hanya di masa depan, Ilmu Gizi juga sudah dibutuhkan pada saat ini. Perkembangan zaman yang berkembang membuat gaya hidup juga ikut berkembang. 

Sesuai dengan penamaannya, seorang lulusan Ilmu Gizi ini membantu seseorang untuk memilih dan menentukan menu diet yang tepat dan sesuai dengan kondisinya. Saat ini juga seorang lulusan Ilmu Gizi bisa bekerja di rumah sakit maupun menjadi konsultan gizi khusus dengan bayaran yang cukup tinggi.

10. Jurusan Teknik

Jurusan Teknik membuka banyak peluang menjanjikan di masa depan dengan pilihan jurusan yang beragam seperti Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Kimia, Teknik Robotika, Teknik sipil, Teknik Pangan dan masih banyak lagi. 

Jurusan yang belajar mulai dari dasar Matematika, Fisika, dan Kimia ini jadi pilihan yang pas jika Anda ingin berkecimpung di dunia teknik dengan peluang kerja yang cukup beragam juga.

Bahkan, hingga saat ini, Teknik menjadi bidang keilmuan yang masih populer karena memiliki banyak spesialisasi bidangnya. Lulusan teknik diharapkan dapat memberikan inovasi terbaru dalam membantu kehidupan manusia dengan membuat teknologi.

Demikian 10 jurusan kuliah yang paling menjanjikan di masa depan yang dihimpun dari berbagai sumber dan berdasarkan kebutuhan karir yang ada. Tak hanya mencari dan memilih jurusan yang tepat sesuai kemampuan, mencari universitas yang pas juga menjadi tantangan sendiri untuk Anda yang ingin melanjutkan ke jenjang berikutnya.

Baca Juga : Mengapa Kuliah di Malaysia Menjadi Pilihan Menarik Bagi Mahasiswa

Memilih Jurusan = Memilih Langkah Karir Berikutnya

Betul, memilih jurusan memang sedikit banyak dapat membantu Anda untuk menentukan karier berikutnya. Tak hanya karier, jika Anda ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya, jurusan yang dipilih ketika S1 juga akan menentukan jika ingin melanjutkan ke S2. Apalagi jika ingin memilih pendidikan lanjutan yang linear kedepannya.

Penting sekali untuk memadukan minat, bakat, dan prospek karir kedepannya karena akan menentukan pengembangan keahlian yang dimiliki. Dengan bekal yang dimiliki dari semasa kuliah, jika Anda ingin berkarier tidak harus dimulai dari nol lagi ketika lulus dan masuk ke dunia kerja.

Untuk Anda yang ingin tahu lebih banyak tentang perkuliahan, tips dan trik belajar online, hingga cara memilih kampus yang tepat sesuai kemampuan dan ingin melanjutkan kuliah di Malaysia bisa membaca dan mencari selengkapnya di ASIA e University Indonesia.

Alamat

1. Felfest UI,  Daksa Room, Jl. Prof. Dr. Miriam Budiardjo, Kampus UI, Srengseng Sawah, Jakarta Selatan, Indonesia

2.  Gedung INBIS, Jalan Veteran No.16
Universitas Brawijaya, Kota Malang, Jawa Timur, Indonesia

Jam KErja

Senin- Jumat ( 08.00-17.00 WIB )

KOntak

Phone: +62 811-1632-299
Email: cbn.idn@aeu.edu.my

Yayasan CITRA BUNGA NUSANTARA